Apakah mulut Anda berair ketika Anda melihat resep makanan Italia dengan gambar? Anda tidak sendiri! Salah satu masakan paling terkenal di dunia memiliki tempat khusus di hati semua pelancong dan penduduk lokal di seluruh dunia. Tidak mengherankan bahwa restoran-restoran Italia bermunculan di mana-mana, bahkan di kota-kota kecil yang mungkin belum pernah Anda dengar! Jika Anda berada di Italia, ada hidangan yang harus Anda coba karena mereka tidak akan pernah merasakan hal yang sama di tempat lain.

10 Makanan Italia yang paling terkenal di dunia.

Berikut ini adalah 10 Makanan Italia yang paling terkenal di dunia yang harus Anda coba saat mengunjungi salah satu negara paling indah di Eropa.

1. Bottarga

Digambarkan sebagai “Sisilia Kaviar”, bottarga dibuat oleh Italia selatan pada bulan Agustus dan September dengan mengambil telur dari belanak abu-abu dan mengasinkan dan menyimpannya , dan kemudian membiarkannya mengering selama 6 bulan. Apa yang dibuat adalah sepotong  telur padat warna jeruk darah dan kuning yang, ketika diparut di atas pasta atau diiris dan dimakan,  menjadi buket bunga berasap, gurih, dan asin. Ketika datang ke resep masakan Italia, bottarga merupakan hidangan lama dan sekarang dianggap sebagai salah satu item makanan paling mewah dan dicari di Italia.

2. Fiorentina Steak

Sangat terkenal sebagai bistecca fiorentina, steak Florentine menawarkan semua rasa otentik dari hidangan Italia terbaik. Ini adalah hidangan yang dicintai di seluruh Tuscany dan wajib dicicipi jika Anda berada di bagian negara itu. Sepotong daging tebal dari pinggang sapi Chianina di Tuscany, steak dimasak dengan lezat selama sekitar 7 menit di kedua sisi sampai bagian luar masak. Namun, bagian dalamnya tetap mentah karena ketebalannya. Ingatlah untuk membagikan steak Fiorentina dengan seseorang, tidak mungkin Anda bisa menyelesaikan steak tebal yang lezat ini sendirian!

3. Ribollita

Merupakan sup hangat, yang telah menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Dengan akar dalam masakan petani di wilayah ini, sup bergizi ini tidak kental dengan daging tetapi dengan roti. Ini dianggap sebagai suguhan istimewa di musim gugur, ketika panen sayuran memberi Robillita rasa hidup dan memberinya rasa gurih yang intens meskipun tidak ada daging. Jika Anda ingin mencicipi hidangan dari budaya makanan tradisional Italia, pastikan untuk menemukan tempat di Tuscany yang menyajikan ribollita otentik.

4. Ossobuco

Ossobuco alla milanese terkenal di seluruh dunia, tetapi tulang belakangnya terasa paling menakjubkan di Italia. Daging dimasak perlahan di api rendah dalam kaldu kaldu daging, sayuran dan anggur putih sampai menjadi  lembut. Karya agung dan lezat ini adalah contoh klasik dari kejeniusan masakan Italia dan  yang harus Anda cicipi saat berada di Italia. Ossobuco biasanya dipasangkan dengan risotto atau polenta, memberi Anda makanan sehat dan sehat.

5. Lasagna

Sebuah mie pasta datar dan lebar, lasagna adalah salah satu hidangan paling populer di daftar makanan Italia dan dibuat di setiap rumah di seluruh negeri. Meskipun orang-orang di seluruh dunia mengklaim untuk membuat lasagna terbaik, tidak ada yang mengalahkan rasa otentik hidangan yang dibuat di Italia. Setelah berubah menjadi makanan sehat yang diisi dengan saus daging Ragu dari makanan orang miskin, Lasagna yang lezat dikatakan berasal dari wilayah Emilia-Romagna. Lasagna secara tradisional tidak dibuat dengan tomat – hanya saus b├ęchamel, ragu dan keju, biasanya Parmigiano Reggiano atau mozzarella atau kombinasi keduanya. Pastikan untuk mencicipi lasagna otentik ketika Anda berada di Italia dan Anda tidak akan pernah merasakan hal seperti itu di tempat lain.

6. Risotto

Jika Anda telah menonton pertunjukan memasak, Anda mungkin tahu bahwa risotto adalah hidangan terberat dalam menu makanan Italia untuk dimasak. Nasi tidak boleh terlalu lunak dan harus digigit sedikit agar dianggap sempurna. Risotto adalah, tanpa diragukan lagi, salah satu hidangan paling ikonik di negara ini. Nasi, yang paling disukai adalah varietas Carnaroli dan Arborio yang ditanam di Italia Utara, dimasak dengan kaldu dan diaduk semi-sup berbentuk beludru. Risotto yang diresapi dengan saffron alla milanese adalah salah satu yang paling terkenal. Apa pun tipe yang dapat Anda pilih, pastikan memesan semangkuk risotto untuk mencicipi satu dish dari sejarah masakan tradisional Italia.

7. Carbonara

Dengan begitu banyak jenis pasta yang dapat dipilih, mungkin agak sulit untuk mencoba dan memilih yang terbaik untuk dicicipi pada perjalanan Anda ke Italia. Tetapi jika ada satu yang tidak boleh Anda lewatkan, itu adalah carbonara. Hidangan ini dibuat dengan spageti, telur, guanciale sembuh, keju pecorino dan lada hitam. Meskipun tampak sederhana, perlu bertahun-tahun untuk menguasainya dan ketika Anda merasakan carbonara yang baik, itu akan mengubah hidup Anda. Untuk memastikan bahwa Anda merasakan carbonara yang enak di Italia, pergilah ke restoran yang secara khusus dikenal untuk menyajikan versi luar biasa dari hidangan ini.

8. Caponata Alla Siciliana

Untuk semua vegetarian di luar sana, Sisilia Caponata adalah solusi Anda untuk orang Ossobuco alla milanese. Sungguh tidak sopan menyebutnya salad terong atau terong rebus yang dimasak dengan bawang, seledri, dan tomat rebus. Hidangannya terlihat sederhana, tetapi begitu Anda mencicipinya, Anda akan mendapatkan ledakan rasa yang kompleks dengan keseimbangan sempurna dari rasa manis, asin, dan asam dari saus. Caponata alla siciliana adalah contoh sempurna tentang bagaimana masakan Italia dapat mengubah sayuran paling sederhana menjadi salah satu hidangan paling lezat yang pernah Anda cicipi.

9. Gelato

Anda melihat merek es krim menawarkan Gelato, tetapi kenyataannya, tidak ada yang mengalahkan salah satu hidangan penutup Italia paling populer yang dibuat tepat di tempat asalnya. Makanan penutup ini adalah versi yang lebih kaya dari es krim dalam hal tekstur dan kepadatan dan rasanya yang lebih intens juga. Gelato adalah pilihan tepat bagi pengamat berat karena rendah lemak. Tersedia dalam berbagai macam rasa, ini adalah salah satu hidangan penutup masakan Italia terbaik yang akan Anda cicipi dalam perjalanan kuliner Anda di Italia.

10. Panna Cotta

Seperti tiramisu dan gelato, panna cotta adalah hidangan penutup Italia. Ini sebenarnya adalah hidangan penutup yang luar biasa yang sering disebut sebagai ‘krim matang’. Ini adalah kombinasi puding gula dan krim kaya yang dicampur dengan gelatin yang dilunakkan menjadi cairan. Paling baik disajikan dengan cokelat, karamel atau berry coulis. Jika Anda berada di Italia, jangan lewatkan memberi diri Anda makanan manis dan pastikan untuk mencicipi panna cotta.

Masakan Italia luar biasa karena setiap hidangan dibuat dengan bahan-bahan terbaik, membawa semua bahan-bahan indah tersedia di negara kaya ini. Oleh karena itu, pastikan Anda mencicipi setidaknya beberapa dari hidangan lezat ini dan memulai pengalaman kuliner yang tak terlupakan pada liburan Anda berikutnya di Italia.

Demikianlah artikel mengenai Makanan Italia yang paling terkenal di dunia, semoga bisa menambah ilmu dan pengetahuan anda mengenai masakan khas Italia.