2. sat-jakarta.com – Lakukan untuk pertama kali di rumah. Batita kerap sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru. Ia pun terkadang takut ketika bertemu orang asing. Untuk itu, pertama kali anak potong rambut sebaiknya dilakukan di rumah. Kalau i “tukang cukunya” Mama atau Papa juga tidak akan membuatnya takut.

3. Pilih waktu tepat. Hindari memotong rambut saat batita mengantuk atau lapar karena akan membuatnya rewel dan menganggu kelancaran acara potong rambut.

4. Bersiasatlah. Batita awal kerap sangat sulit untuk duduk tenang dalam waktu panjang. Sementara, untuk memotong rambut membutuhkan waktu cukup lama. Jadi, paling aman pilih waktu saat si batita sedang tidur.

5. Ajukan kesepakatan yang mengiurkan. Untuk batita yang agak besar, untuk membuatnya duduk tenang, tawarkan sesuatu yang menarik perhatiannya. Contoh, kalau batita sangat suka permen, berikan lolipop untuk mengalihkan perhatiannya.

6. Ajak ia mengamati proses potong rambut. Manfaatkan sifat batita yang senang meniru. Ajaklah ia melihat proses memotong rambut Mama atau Papa. Dengan melakukan pengamatan, si batita akan tahu tahapan potong rambut dan dapat mengusir rasa takut yang muncul.

7. Lakukan secara bertahap. Misal, potong poninya dulu. Beberapa hari kemudian, ketika batita sedang asyik mewarnai, potonglah rambut bagian belakang. Dengan memotong bertahap waktu yang dibutuhkan jadi lebih pendek, namun memang harus dilakukan berulang-ulang.

8. Lakukan sambil beraktivitas. Ketika melakukan aktivitas kegemarannya, anak akan duduk tenang. Manfaatkan momen ini untuk memotong rambutnya. saat ia sibuk, Mama/Papa bisa memotong rambutnya dari belakang atau samping.

9. Ajak ke salon khusus anak. Kalau usaha potong rambut di rumah agak kacau, coba mencari tahu salon khusus anak. Umumnya salon untuk anak akan ditata semenarik mungkin dengan berbagai fasilitas yang disenangi anak-anak. Biasanya di salon aktivitas memotong rambut dapat dilakukan dengan sukses karena anak bisa duduk diam sambil bermain.

10. Lakukan sambil mandi. Saat mandi umumnya rambut si batita basah sehingga dapat memudahkan Mama ketika akan memotong rambutnya.