Armada yang digunakan dalam penyelenggaraan paket wisata ini berbeda-beda. Pada biasanya penggunaan armada wisata disesuaikan dengan jumlah peserta. Dengan menyesuikan jumlah peserta akan mengurangi jumlah anggaran yang sudah direncanakan. Hal itu lah bentuk efisiensi sebuah penyelenggaraan wisata.

Karena itu, jasa tour travel Jogja atau biro perjalanan harus tanggap dan tepat dalam penentuan jenis armada. Pemilihan armada yang pas merupakan salah satu komponen kepuasan bagi wisatawan yang telah membeli sebuah paket wisata. Sebab travel agent juga harus mempertimbangkan bagasi dan kenyamanan kursi bagi wisatawan selama menikmati perjalanan wisata tersebut. Berikut ini jenis transportasi wisata berdasarkan jumlah kursinya dan spesidfikasinya.

Mobil Avanza

Avanza merupakan mobil yang banyak dipasaran Indonesia dan juga menjadi andalan untuk wisata keluarga. Mobil avanza ini berkapasitas maksimal 6 orang tanpa bagasi. Namun ketika membawa barang banyak dan butuh bagasi, mobil avanza ini lebih nyaman dengan jumlah 4 atau 5 orang.

Mobil Innova

Innova memang terkenal dengan mobil yang nyaman, besar dan mewah dibanding dengan avanza, namun pastinya harga untuk sewa atau carter jadi lebih mahal. Tetapi dengan harga yang lebih mahal dari avanza tidak akan kecewa dengan kenyamanan dan fasilitas yang disediakan. Untuk armada innova ini berkapasitas 7 orang masih mungkin tanpa bagasi. Akan tetapi lebih nyamannya lagi di isi dengan 5 atau 6 orang saja dengan bagasi yang lumayan luas. Innova ini sangat cocok digunakan wisata family dengan beranggotakan 4 hingga 5 orang.

Elf

Armada Elf ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu Short (pendek dengan kapasitas dibawah 15 orang) dan Long (panjang dengan kapasitas maksimal 17 orang). Banyak para pengusaha travel atau biro perjalanan menggunakan armada ini. Armada Elf ini cenderung sangat terjangkau harganya sehingga menjadi solusi untuk pesertanya yang nagggung, dari pada menggunakan 2 armada avanza dalam satu trip.

Hiace

Transporatsi wisata Hiace ini salah satu armada yang tergolong baru dalam dunia transporatasi pariwisata. Hiace ini berkapasitas 14 orang termasuk driver. Kendaraan ini tentu lebih nyaman dan sedikit mahal dibanding dengan elf. Hiace ini juga sekarang menjadi favorit para pelancong wisata dibanding dengan elf short maupun elf long.