Ketika menghadiri sebuah even, apa yang diharapkan oleh para pengunjung? Tentu saja isi dari event tersebut. Sebuah event seminar misalnya, pasti semua pengunjungnya mengharapkan ilmu dari tiap pembicara profesional yang akan mengisi seminar tersebut. Dengan mengikuti sebuah event, para pengunjung setidaknya mendapatkan ilmu yang dapat mereka aplikasikan atau bahkan ditularkan kepada orang-orang sekitar mereka. Ya, ilmu tersebut adalah daya tarik utama dalam sebuah event besar.

Terkadang, ada hal lain yang dapat menjadi daya tarik utama dalam sebuah event. Hal itu bisa  berupa kejutan spesial dari event organizer, hadiah utama dari perusahaan yang membuat event, atau bahkan sebuah perlombaan yang diadakan dalam event tersebut. Satu hal lagi sebenarnya, merchandise. Ya, merchandise atau hadiah gratis dari pengusung acara sangat ditunggu-tunggu oleh para pengunjung sebuah event.

Logo atau Brand perusahaan biasanya terpasang pada merchandise yang dibagikan secara gratis dalam seminar-seminar besar. Pada dasarnya, anda sebagai pengusung acara dapat menjadikan merchandise gratis yang anda berikan kepada para pengunjung event anda sebagai salah satu bentuk souvenir promosi perusahaan anda.

Dengan demikian, semakin banyak merchandise dengan logo perusahaan anda yang anda berikan kepada pengunjung event anda, maka semakin kuat brand anda di mata masyarakat umum.

Anda pun tidak boleh asal dalam memilih merchandise sebagai oleh-oleh untuk event besar anda. Ada berbagai macam bentuk merchandise yang baik untuk media promosi namun ada juga yang tidak.

Berikut ini kami jelaskan dan berikan contoh tentang 5 Hadiah Menarik Untuk Peserta Seminar yang bisa Anda gunakan pada event seminar anda.

#. USB Charger

Ketika event sedang berlangsung, semua pengunjung event Anda pasti sibuk dengan ponsel mereka masing-masing. Beberapa dari mereka pasti ada yang sibuk “berkicau” di dunia maya, atau mungkin sedang bermain game di ponsel mereka. Hal tersebut pasti akan menghabiskan energi pada baterai ponsel mereka. Mereka pasti sibuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Maka dari itu, ketika Anda memberikan usb charger kepada para pengunjung event Anda, mereka pasti akan langsung menggunakannya. Charger yang telah Anda berikan pasti nantinya masih akan terus digunakan di kemudian hari bahkan jauh setelah event besar Anda selesai.

#. Payung

Ada ungkapan terkenal, sedia payung sebelum hujan. Meskipun cuaca dapat dengan mudah kita prediksi, namun datangnya hujan masihlah tetap muncul secara tiba-tiba. Hujan yang tiba-tiba turun kerap kali menyebabkan para pengunjung event Anda dapat menjadi kebingungan karena kondisi tersebut.

Seperti benda-benda lainnya, payung juga dapat digunakan secara terus-menerus, meskipun event Anda telah berakhir jauh-jauh hari. Terlebih lagi, orang tidak mungkin memiliki banyak payung. Oleh karena itu, payung Anda bisa jadi “langganan” untuk dipakai sehari-hari.

#. Benda-Benda Musiman

Sebagai contoh, misalnya saat ini telah memasuki musim panas. Kebetulan saja mungkin Anda juga mengadakan event di sekitar pantai wisata. Nah, Anda dapat memberikan merchandise berwujud handuk, sandal, Frisbees, atau bahkan sebuah bola voli. Pengunjung yang telah menerima benda-benda tersebut akan segera mencoba benda yang Anda berikan di pantai terdekat, dimana akan ada banyak orang yang datang di pantai tersebut.

#. Kaos / T-Shirt

Sama halnya dengan payung, tampaknya orang tidak mungkin punya banyak t-shirt yang mirip. Jika Anda memberikan merchandise berupa t-shirt dengan desain atau kata-kata yang unik, selain logo perusahaan Anda tentunya, maka kesempatan t-shirt Anda untuk selalu digunakan sehari-hari oleh pengunjung Anda akan semakin besar. Meskipun mereka pada dasarnya belum mengenal merk Anda, paling tidak mereka masih bisa melihat desain yang ada pada t-shirt yang mereka gunakan sehingga bisa mengenal merk Anda.

#. Powerbank

Souvenir powerbank ini merupakan souvenir yang cukup memikat untuk dijadikkan sebuah hadiah dalam sebuah event atau seminar. Siapa yang tidak mau benda yang satu ini? Kebutuhan akan penggunaan smartphone saat ini semakin tinggi, banyak orang yang selalu ingin menggunakan ponselnya namun terkadang terhambat oleh daya baterai dari ponsel mereka.

Powerbank juga merupakan merchandise yang bukan satu kali habis pakai. Jadi dengan powerbank juga Anda bisa membuatnya menjadi media promosi dengan menempelkan logo atau branding perusahaan Anda pada powerbank tersebut.