Tren belanja online saat pandemi ini mengalami peningkatan yang cukup pesat, apalagi dengan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dikeluarkan oleh pemerintah sehingga kebanyakan orang diminta untuk dirumah saja baik bekerja maupun bersekolah.

PSBB ini juga mengakibatkan tempat-tempat keramaian seperti mall, taman bermain, bioskop mengalami penutupan dalam beberapa waktu jadi banyak orang yang mulai beralih pada sistem online termasuk berbelanja barang melalui aplikasi maupun website belanja, cara ini juga aman, cepat, praktis dan mudah.

Meningkatnya keinginan orang-orang untuk berbelanja online juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga banyak terjadi penipuan, pembobolan dan tindakan kriminal yang terjadi oleh orang yang berbelanja, yang menyediakan barang maupun dari pihak lain yang memanfaatkan momentum.

Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika berbelanja online secara aman.

  • Pilih Aplikasi yang Terpercaya

Dengan kamu mencari aplikasi yang sudah trusted kamu bisa menghindari risiko dari berbelanja melalui situs-situs yang tidak aman dan tidak dapat dipercaya. Pilihlah aplikasi yang sudah banyak di review orang, pilih juga toko yang sudah memiliki banyak review.

  • Baca Seksama Deskripsi Produk

Kamu wajib membaca deskripsi produk sebelum memutuskan untuk checkout karena dalam deskripsi produk biasanya dijelaskan mengenai kualitas, kuantitas, bahan ukuran dan spesifikasi barang yang lainnya sehingga kamu akan terhindar dari barang yang salah.

  • Jangan Memberikan Informasi Pribadi

Ketika kamu berbelanja menggunakan kartu kredit ataupun debit, pertanyaan mengenai mengingat informasi akan otomatis muncul, sebisa mungkin untuk klik opsi “tidak” agar data pribadimu tidak tersimpan dan berpotensi disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  • Asuransi Pengiriman

Sebelum berbelanja di sebuah toko perhatikan dengan detail apakah di toko tersebut memiliki kebijakan pengembalian barang atau menyediakan asuransi pada saat pengiriman barang. Karena jika nanti di perjalanan atau saat barang yang kamu pesan salah/cacat apakah toko tersebut bisa melakukan refund.

  • Waspada Permintaan OTP

Saat ini banyak penipuan yang mengatasnamakan karyawan dari situs atau aplikasi belanja online lalu meminta data rahasia seperti PIN, password dan kode OTP. Jika kamu mengalami kejadian ini tidak perlu membalasnya dan segera laporkan ke pihak penyedia belanja online.

Simak artikel terkait lainnya [6 Kebiasaan Boros Anak Muda yang Sering Tidak Disadari, Apa Kamu Salah Satunya?]