Pemakaian mobil secara rutin akan membuat warnanya cepat pudar jika tidak melakukan perawatan yang sesuai. Perawatan mobil sebaiknya tidak hanya bagian luar saja, tetapi bagian dalam atau interiornya juga. Perawatan harus dilakukan secara rutin termasuk dengan cara merawat jok kulit mobil.

baca juga artikel tentang cuci jok mobil Jakarta

Bersihkan jok secara rutin

Membersihkan jok mobil berbahan kulit bisa dilakukan dengan durasi yang tidak terlalu sering agar jok tidak mudah rusak. Untuk merawatnya, bisa dengan menggosokkan sampo bayi secara perlahan setiap dua atau empat hari sekali. Penggunaan sampo bayi karena kadar pH yang netral sehingga tidak berbahaya untuk jok kulit.

Parkir di Tempat Teduh

Parkir mobil di tempat yang teduh juga menjadi salah satu cara merawat jok kulit asli mobil. Jika jok kulit mobil terlalu lama terkena sinar matahari bisa menyebabkan kulit menjadi terlalu kering. Hal tersebut bisa menyebabkan jok kulit menjadi pecah-pecah dan rapuh sehingga akan rusak.

baca juga artikel tentang cuci karpet jakarta

Tidak Meletakkan Kertas di Atas Jok

Tidak jarang ada yang memberi brosur di jalan dan menaruh di atas jok kulit begitu saja. Jika brosur berada di jok kulit dan terkena sinar matahari terlalu lama maka bisa merusak jok. Tulisan atau gambar yang ada pada brosur bisa berpindah di permukaan jok kulit.

Menggunakan Lapisan Pelindung

Menggunakan lapisan pelindung dapat membantu merawat jok kulit sehingga menjadi lebih awet. Cara merawat jok kulit mobil ini akan mencegah mudahnya noda meresap pada jok kulit. Ada banyak sekali produk leather coating yang sebaiknya diaplikasikan saat masih baru.

Segera Membersihkan Noda dan Kotoran

Jika ada noda seperti tumpahan makanan dan minukan segera seka dengan kain bersih agar tidak meresap ke dalam jok kulit. Bersihkan juga debu yang menempel pada jok secara rutin dengan penyedot debu. Sebaiknya kurangi makan dan minum di dalam mobil agar tidak ada sisa menempel pada jok.

Menjaga Kebersihan Mobil

Bersihkan sampah yang ada di dalam mobil tanpa harus menunggu hingga menumpuk. Selain itu, bisa menggunakan tempat sampah khusus untuk mobil agar tidak mudah tumpah dan berceceran. Hindari meletakkan berbagai barang yang mudah meleleh pada suhu panas, seperti krayon.

Mobil akan terlihat bagus dan awet dengan perawatan luar dan dalam berupa cara merawat jok kulit mobil. Jika mobil dalam keadaan bersih dan masih terawat, kenyamanan dalam mengendarai juga akan lebih terasa.