Rok atau skirt merupakan salah satu jenis pakaian yang biasa dipakai oleh kaum wanita.
Aneka jenis rok beraneka ragam model dan berdasarkan bentuk dasarnya, ada 4 jenis rok, yaitu :

  • Rok lurus (straight skirt) adalah rok yang mempunyai jahitan samping lurus yang dibentuk kedalam dengan kerutan manis, lipatan atau ploi dan kup (darts) untuk menyesuaikan ukuran pinggang.
  • Rok mengembang (flared skirt) adalah rok yang berbentuk mengembang di bagian bawah. Bisa juga ditambah dengan bagian kain yang disebut dengan pias.
  • Rok menyempit (pegged skirt) adalah rok yang di bagian pinggangnya terdapat lipatan kedalam, sehingga dibagian panggul nampak lebih besar, dan semakin kebawah bentuknya semakin menyempit.
  • Rok lingkaran (circular skirt) adalah rok yang memiliki pola berbentuk lingkaran baik setengah lingkaran maupun lingkaran full. Klik artikel kami selanjutnya konveksi kaos

Sedangkan berdasarkan ukuran panjang rok, terdapat beberapa aneka jenis rok antara lain :

Aneka Jenis Rok
Aneka Jenis Rok
  • Peplum merupakan rok yang paling pendek, ukuran panjangnya, biasanya berkisar sampai di panggul. Rok peplum dikombinasikan dengan bagian atas dengan rok yang lebih panjang.
  • Micro merupakan jenis rok yang memiliki ukuran panjang yang hanya cukup untuk menutupi pantat saja.
  • Mini merupakan jenis rok yang memiliki ukuran panjang sampai pertengahan paha.
  • Knee merupakan jenis rok yang ukuran panjangnya sampai ke lutut kaki.
  • Midi adalah sejenis rok yang panjangnya sampai pertengahan betis.
  • Maxi adalah jenis rok yang memiliki ukuran panjangnya diatas mata kaki.
  • Ankle adalah jenis rok dengan panjang sampai di titik mata kaki
  • Floor merupakan jenis rok dengan panjang sampai menyentuh ke lantai, biasanya untuk model sya’i

Berdasarkan model dan bentuk siluetnya, aneka jenis rok ini akan dijelaskan sebagai berikut :

Accordion Skirt merupakan sejenis rok dengan ploi-ploi rata, halus, lembut dan sempit. Ploi tersebut dibuat dengan cara dijahit atau disetrika dengan bahan kimia. Model ploi seperti ini banyak digunakan untuk gaun, pada abad 19. Baru pada abad 20 model ploi seperti itu mulai digunakan sebagai paduan pada rok atau blus dan sangat populer di tahun 1920 sampai 1950.

A-line Skirt yaitu sejenis rok dengan model melebar di bagian bawah seakan membentuk semacam huruf A. Nama lain dari jenis rok model ini adalah Semi flared skirt.

Ballerina Skirt merupakan sejenis rok dengan 2 layer, bagian layer terluar biasanya menggunakan kain tile yang dikerut dibagian pinggang dan dibiarkan lepas dibagian bawah sehingga nampak mengembang, layaknya rok princes di film walt disney princess. Model rok seperti ini sangat populer pada tahun 1950, dan saat ini model rok tersebut lebih dikenal dengan sebutan nama rok tutu. Berikut pembahasan tentang bordir logo bed

Ballon Skirt yaitu jenis rok yang dijahit kerut pada bagian pinggang dan dibagian bawahnya juga dijahit kerut pada lapisan dalamnya (furing), sehingga terkesan timbul menggembung pada bagian tengah rok.

Draped skirt merupakan jenis rok yang dibuat dengan teknik drapping. Dengan adanya layer di tumpuk-tumpuk yang terbuat dari selembar kain lebar dengan serat serong yang dilipat sehingga menghasilkan ploi lembut yang dibiarkan jatuh bebas menggantung.