Ikan lele memiliki permintaan besar di pasaran. Ini salah satu ikan yang di gemari masyarakat di Indonesia. tak heran banyak yang membudidayakan ikan lele. Selain karena permintaannya tinggi, ikan lele juga termasuk ikan yang mudah di kembang biakan. Salah satunya dengan cara sistem bioflok. Apa itu sistem bioflok? Dan bagaimana Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok?

Apa Itu Sistem Bioflok?

Sistem Bioflok atau bisa juga di kenal dengan Teknologi Bioflok (BFT) adalah teknologi yang terbilang baru dan memiliki potensi besar di masa depan. Teknik ini sangat produktif untuk mengembangbiakan dan budidaya ikan lele, nila dan udang. Selain sistem ini sangat produktif, sistem bioflok juga ramah lingkungan. BFT adalah metode akuakultur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dengan sistem bioflok air kolam akan terkontrol kualitasnya. Tak hanya itu patogen-patogen jahat juga terdeteksi sehingga kita pemilik kolam bisa langsung mengambil langkah. Sistem ini juga memberikan nilai tambah pada produksi pakan ikan protein dari mikroba untuk sistem perikanan dan pertanian akustik. Bioflok adalah agregasi kelompok komunitas mikroba seperti fitoplankton, bakteri, dan bahan organik partikulat yang hidup dan mati.

Dari banyaknya jenis ikan, yang paling mendapatkan manfaatnya adalah ikan lele, nila dan udang. Dengan adanya sistem bioflok, air pada kolam akan tersaring sehingga senyawa kimia berbahaya hilang, patogen berbahaya hilang, tetapi pakan memiliki nilai protein yang tinggi. Sehingga mengurangi biaya pakan dengan meningkatkan konversi pakan. Tentunya sistem ini akan baik sekali untuk pembesaran bibit ikan lele. Selain ikan sehat hasil panen juga melimpah.

Kelebihan teknik Bioflok juga terdapat pada mekanisme sistem pada kolam air untuk menghilangkan amonia. Menggunakan pakan dengan rasio karbon terhadap nitrogen lebih besar dari 15 menghasilkan dominasi bakteri heterotrof sebagai jalur utama untuk menghilangkan senyawa nitrogen beracun melalui asimilasi ke dalam biomassa sel bakteri baru. BFT secara bersamaan menyediakan sumber berlimpah “plankton bakteri” dan sumber kaya protein dan nutrisi berkualitas baik untuk memberi makan ikan dan udang – BFT lebih seperti membunuh dua burung dengan satu batu.

Proses Biofloc Technology (BFT) untuk budidaya ikan lele untuk mempromosikan penyerapan nitrogen oleh bakteri heterotrof yang kemudian menjadi sumber makanan untuk lele, nila dan udang.