Aturan guna Dapatkan Tidur Siang Penuh Manfaat

Tidur siang ialah suatu kemewahan untuk orang dewasa. Ketika mempunyai waktu melakukannya, pasti Anda ingin dapat menikmati istirahat siang semaksimal mungkin.

Dan sekarang rupanya istirahat siang mulai dirasakan sebagai sesuatu yang penting. Beberapa kota besar di Amerika Serikat bahkan meluangkan tempat eksklusif untuk semua pegawai yang hendak beristirahat sejenak.

Asisten profesor psikologi di University of Pennsylvania, Philip Gehrman, PhD mengatakan https://www.bukumedis.com/, istirahat siang kini tidak lagi dihubungankan dengan rasa malas atau anak-anak, namun sebagai sesuatu yang cool.

Hal ini pun bukannya tanpa alasan. Tidur siang dapat mengurangi rasa lelah dan mengantuk, sehingga dapat mendongkrak performa pegawai. Memperbaiki kreativitas, produktivitas, ingatan, dan keadaan hati.

Bahkan, istirahat siang pun dikatakan dapat memperbaiki sistem imun dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun mesti dikenang juga. Tidur siang yang salah dapat mengganggu istirahat malam Anda, dan merusak segala manfaatnnya.

Jadi, supaya bisa menemukan segala keuntungan istirahat siang, berikut teknik melakukannya dengan benar.

1. Paling lama 90 menit
Jika kamu perlu untuk jadi segera segar, istirahat siang sekitar 15 hingga 30 menit saja telah cukup, Gehrman menjelaskan.

Merasa mentalmu terblokir sampai-sampai tak dapat berpikir, atur alarm-mu guna waktu istirahat siang yang lebih panjang.

“Tidur siang sekitar 90 menit dapat membantumu pulang kreatif dan terdekompresi, sebab hal ini telah menjangkau lingkaran istirahat yang penuh. Dari istirahat yang sangat ringat ke tahapan sangat dalam, dan bangun dalam situasi segar,” ujar Sara Mednick, PhD, profesor di University of California di Irvine, dan penulis kitab https://www.faunadanflora.com/ Take a Nap! Change Your Life.

Namun, hati-hati pun saat menata jam tidurmu. Terbangun di tengah-tengah siklus istirahat (ketika berada pada langkah terdalam) dapat menyebabkan inertia, rasa grogi yang sulit dihilangkan.

Untuk menghilangkan rasa kantuk sesudah bangun tidur, rencanakanlah kegiatan yang membuatmu mesti memungut keputusan (misalnya memilih pakaian) dalam masa-masa 20 menit semenjak terbangun.

Hal ini bakal memberi tubuh dan pikiranmu waktu guna bugar dan segar.

2. Lewatkan olahraga sebelum tidur
Jangan berolahraga sebelum istirahat siang. Olahraga dapat menstimulasi otak, menciptakan tidur jadi lebih sulit.

“Walaupun olahraga dapat mendongkrak energi, urusan ini tidak mencukupi keperluan otak dan tubuh guna beristirahat,” ujar Gehrman.

Lagipula, pakar kebugaran mengatakan, istirahat siang dapat memberikan tenaga tambahan untuk olahragamu.

Tapi andai kamu memang hanya dapat berolahraga sebelum waktu istirahat siang, tak butuh pusing. Pasatikan saja terdapat jeda dua jam salah satu dua kegiatan ini.

3. Konsisten

Usahakan tidak jarang kali tidur siang di jam yang sama masing-masing hari, bahkan walaupun anda hanya dapat melakukannya di akhir pekan.

“Dengan selalu mengekor jadwal, tubuh bakal belajar kapan waktunya istirahat. Jadi kamu dapat tertidur lebih cepat, dan tidak terlampau grogi ketika bangun,” papar Gehrman.

Kebanyakan orang seringkali akan merasa lelah pada pukul 2 hingga 4 siang. Namun andai tubuh menyerahkan tanda keletihan (kepala mulai terkulai, mengantuk, atau tidak dapat berhenti menguap) sebelum atau satelah jam tadi, itulah waktumu untuk istirahat siang.

Pengecualian: andai kamu tidak memiliki peluang untuk istirahat siang tiga atau empat jam sebelum istirahat malam. Tidur siang terlampau sore dapat menyabotase waktu istirahat malammu. Alternatifnya merupakan, tidurlah separuh jam lebih cepat dari biasanya.

4. Senyaman mungkin
Beberapa orang mengatakan, istirahat siang tanpa selimut atau dengan cahaya terang dapat mencegah mereka terlelap terlampau lama. Namun urusan ini bisa buat tidurmu gelisah dan tidak nyenyak, karena anda tidak merasa nyaman, Gehrman menjelaskan.

Jadi, pilihlah posisi dan situasi yang sangat nyaman, contohnya di sofa.

“Aku lebih gampang bangun andai tidur siang di sofa, sebab pikiranmu jadi dapat memisahkannya dari istirahat malam yang sesungguhnya,” ujar Mednick.

5. Jangan memaksakan diri

Faktanya, tidak seluruh orang dapat atau suka istirahat siang. Bahkan, 50 persen orang tidak mendapatkan guna apa-apa dari istirahat siang berkaitan dengan kebugaran dan produktivitas mereka. Hal ini menurut penelitian yang dilaksanakan Mednick.

Jika anda bukan seseorang yang suka istirahat siang, ini dengan kata lain kamu mempunyai ritme sirkadian monofase, alias, masa-masa tidurmu ditentukan siklus terang-gelap. Hal ini pun berarti, anda telah mempunyai istirahat yang cukup.

Berikan tubuhmu waktu sekitar sebulan mengupayakan tidur siang tiga kali dalam seminggu, sebelum menyimpulkan tidur siang bukanlah untukmu. Jika dalam jangka masa-masa ini anda masih belum dapat juga istirahat siang, atau terbangun dalam situasi lebih lelah dan kesal, usahakanlah meditasi atau “quite rest.”

Quite rest ialah ketika anda berada di lokasi yang bersinar redup, beristirahat, tanpa menemukan informasi baru apapun (jadi tidak menyimak atau menyaksikan tv atau bermain ponsel).