Baju APD (Alat Pelindung Diri) merupakan salah satu perlengkapan yang harus dipakai para tenaga medis saat menangani pasien covid-19. Baju ini berfungsi untuk menahan droplet atau percikan cairan yang berasal dari pasien agar tidak mengenai tubuh tim medis. Dokter, perawat dan tenaga medis lainnya harus melindungi diri mereka karena virus ini sanfat mudah menular ke orang lain.

Virus Covid-19 menular melalui percikan cairan yang dikeluarkan oleh penderitamya. Sehingga pemakian APD merupakan salah satu cara untuk mencegah tenaga medis tertular oleh virus tersebut. Tenaga medis wajib melindungi mereka sebab mereka merupakan orang yang paling diharapkan bisa merawat pasien. Jika mereka juga terkena maka pelayanan akan terganggu dan kemungkinan pasien meninggal akan semakin besar.

Baju APD Spundbond

Atas dasar alasan tersebut maka setiap tenaga medis wajib memakai APD dan salah satunya adalah baju APD atau baju hazmat. Sempat ada berita bahwa tenaga medis harus memakai plastik sampah karena kehabisan bahu APD. Tentu hal tersebut tidak boleh terulang lagi. Baju hazmat terdapat beragam jenisnya namun yang sering digunakan oleh tenaga medis adalah baju hazmat berbahan spundbond. Bahan ini disukai karena banyak keunggulannya antara lain:

  1. Bahannya mudah dicari

APD bahan spunbond disukai karena relatif mudah mencarinya. Baju dengan bahan ini banyak diproduksi oleh konveksi baju APD dan banyak jasa jual baju APD dengan bahan ini. Sehingga para tenaga medis dapat memakainya tanpa harus menunggu lama.

  • Baju Nyaman

Alasan selanjutnya adalah baju dengan bahan spunbond nyaman dipakai. Di dalamnya terdapat bahan katun yang membuat pemakainya tidak gerah ketika beraktivitas. Atas dasar tersebut maka banyak paramedis yang memilih memakai baju dengan bahan ini.

  • Aman

Baju APD bahan spundbond aman dipakai oleh tenaga medis. Bahan ini mampu menahan percikan air yang keluar dari pasien seperti bersin atau liur. Baju ini sudah sesuai dengan standar keamanan dari kemenkes.

Demikian informasi singkat mengenai alasan mengapa baju APD spundbond disukai oleh banyak orang khususnya tenaga medis.