Berbagai Jenis Ahli Kunci
Ketika memikirkan Ahli kunci, kebanyakan orang cenderung memikirkan seseorang yang tugasnya hanya membuat dan memperbaiki kunci. Ini karena untuk menjadi Ahli kunci tidak memerlukan pendidikan formal. Tetapi dengan diperkenalkannya teknologi dan gadget, hadir beragam kunci, yang juga mengarah pada lingkup pekerjaan yang lebih luas bagi para Ahli kunci. Artikel ini membahas berbagai jenis Ahli kunci dan layanan yang mereka sediakan.

Ahli Kunci Perumahan
Ini adalah bentuk Ahli kunci yang paling umum yang dapat dijangkau di lingkungan sekitar. Mereka secara efisien menyediakan layanan yang menangani kasus-kasus di mana pemilik rumah lupa kuncinya di rumah atau entah bagaimana kehilangan kuncinya. Klien biasa dari jenis ini adalah mereka yang tinggal di apartemen, rumah pribadi, atau kondominium. Tugas mereka biasanya terdiri dari memodifikasi sistem penguncian pintu utama rumah dan satu set kunci baru untuk pergi dengannya. Ahli kunci ini juga dapat memberikan bantuan dalam merekomendasikan sistem penguncian keamanan rumah kepada pelanggan.

Ahli Kunci Komersial
Dalam situasi bisnis, kantor, atau sekolah, Ahli kunci komersiallah yang tepat untuk pekerjaan itu. Mereka membantu perusahaan dalam membangun keamanan tempat dan menyediakan akses resmi kepada karyawan mereka. Salah satu contoh yang baik adalah biometrik yang saat ini digunakan di sebagian besar kantor hari ini.

Ahli Kunci Institusional
Meskipun ini mungkin mirip dengan Ahli kunci komersial, mereka tidak sama. Ahli kunci komersial sering disewa untuk melakukan pekerjaan berdasarkan kontrak atau juga dapat disewa dengan tarif per jam. Di sisi lain, Ahli kunci institusional disewa untuk menjadi bagian dari jaringan karyawan. Sebagian besar lembaga yang memerlukan ini adalah perguruan tinggi, universitas, rumah sakit, dan fasilitas pemerintah. Tidak hanya makan mereka diberi pekerjaan khas Ahli kunci tetapi mereka juga diharapkan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab lain sebagai karyawan.

Ahli Kunci Forensik
Ini adalah bidang yang paling menarik dan menantang bagi Ahli kunci. Ini menggabungkan kepribadian penyelidik dan keterampilan Ahli kunci. Ahli kunci forensik membantu dalam investigasi kriminal dengan menggunakan seperangkat alat khusus. Alat-alat ini membantu mereka dalam menentukan bagaimana kunci, sistem keamanan atau sistem kunci diretas. Mereka memiliki kemampuan untuk memberikan bukti tempat kejadian perkara, serta fakta-fakta yang dapat dikumpulkan yang dapat membantu mengidentifikasi tersangka.

Ahli Kunci Otomatis
Para Ahli kunci mobil atau juga dikenal sebagai Ahli kunci mobil, adalah penyelamat dari mereka yang lupa kunci mereka di dalam mobil mereka. Dalam situasi seperti ini, Ahli kunci otomatis secara efisien membuka kendaraan tanpa harus membahayakan kunci pintu mobil atau bahkan jendelanya. Mereka juga menggunakan seperangkat alat khusus untuk melakukan layanan ini.