Pada artikel ini akan menjelaskan cara membuat lupis ketan gula merah yang lezat dan sederhana untuk disajikan bersama keluarga Anda di rumah. Makanan tradisional yang lembut dengan saus gula merah manis ditambah taburan kelapa parut yang menambah rasa camilan tradisional ini.

Jika Anda kesulitan memproses lupis ketan, Anda dapat menggunakan mesin penanak nasi untuk menghasilkan lupis yang Anda inginkan, Anda juga dapat menggunakan Mesin Panen Padi untuk memanen tanaman padi Anda. .

Lupis adalah makanan tradisional Indonesia, terutama di wilayah Jawa. Ada dua bentuk lupis yang sering kita temui dengan bentuk bulat segitiga atau memanjang seperti lontong. Kue lupis paling baik dimakan dengan gula merah.

Lupis dibuat dari nasi ketan yang dimasak lalu dibungkus dengan daun pisang. Beras ketan adalah jenis beras yang terutama terletak di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Makanan tradisional ini jarang ditemukan. Lupis memiliki rasa khas banyak penggemar kue ini dari anak-anak hingga orang tua. Jananan memiliki tekstur kenyal dan lunak saat dikunyah.

Meski bentuknya berbeda, tetapi rasanya tidak berbeda. Rasa lupis yang manis dan gurih akan membuat semua orang ingin mencicipinya. Kue ini dapat digunakan sebagai kue tradisional yang enak untuk bersantai, biasanya kue ini juga disajikan di acara-acara tertentu seperti arisan, acara perayaan, acara keluarga dan sebagainya

Cara Membuat Lupis Ketan

cara membuat lupis ketan

Bahan Cara Membuat Lupis Ketan :

  •     500 gram beras ketan
  •     gula merah
  •     1 sendok teh tepung
  •     kelapa parut 1/2 butir
  •     100 ml air kapur sirih
  •     1 sendok teh garam
  •     500 ml air untuk merendam ketan

Cara Membuat Lupis Ketan :

  1. Cuci beras ketan lalu rendam setidaknya satu hari setelah tiriskan.
  2. Campur beras ketan menggunakan air kapur sirih dan garam.
  3. Aduk semua sampai merata dan bungkus menggunakan daun pisang.
  4. Panaskan air sampai mendidih setelahnya, kemudian rebus kue lupis sampai matang sekitar satu jam.
  5. Buat saus lupis dengan mengiris gula merah dan menambahkan pati dan 100 ml air.
  6. Rebus bahan saus dengan api sedang sampai mendidih dan matikan api.
  7. Setelah semua siap Anda bisa menyajikannya sesuai dengan selera Anda. Biasanya disajikan oleh lupis yang diolesi gula merah dan saus kelapa.

Manfaat Lupis Ketan untuk Kesehatan

Lupis mengandung manfaat yang berasal dari beras ketan. Manfaat beras ketan diyakini dapat menambah energi dalam jumlah besar. Beras ketan dapat diolah menggunakan berbagai metode, misalnya dengan merebus atau mengukus.

Mengkonsumsi beras ketan atas dasar dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti meningkatkan asupan mineral dan vitamin dalam tubuh. Itu karena ada banyak nutrisi yang terkandung dalam beras ketan.

1. Sistem pencernaan yang sehat

Kandungan serat dalam beras ketan sangat baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Dalam secangkir nasi ketan dimasak yang mampu menghasilkan sekitar 1,7 gram serat atau sekitar 7% dari asupan harian yang disarankan untuk seorang wanita yaitu sekitar 25 gram.

2. Mampu Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan dapat mencegah anemia dengan membantu menghasilkan sel darah merah dalam sistem peredaran darah di tubuh kita. Dalam secangkir beras ketan yang menyajikan sekitar 4% vitamin B6 dari asupan harian yang direkomendasikan untuk tubuh kita.

3. Membantu Kontrol Nafsu Makan

Vitamin B6 yang terkandung dalam beras ketan dapat menghasilkan neurotransmitter serotonin yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan suasana hati. Ketika dosis besar, vitamin B-6 dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi dan mual di pagi hari.

Demikian artikel tentang cara membuat lupis ketan yang lezat dengan cara sederhana dan terbaik untuk Anda sajikan saat bersantai bersama keluarga di rumah. Mungkin Anda juga dapat menggunakan Mesin Panen Padi untuk memanen tanaman padi Anda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat !!!