Hallo Sobat semuanya!

Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi artikel yang ada disitus website ini. Semoga dengan adanya situs website ini dapat membantu apa yang sedang dicari oleh Sobat semua.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis kece mau membagikan mengenai Cara Pembuatan Minyak Esensial Lemon. Iya Minyak Atsiri Lemon. Pasti Sobat sudah tidak asing lagi kan dengan “Apa si itu Minyak Atsiri”.

Minyak Atsiri merupakan salah satu jenis minyak nabati yang di ekstrak menggunakan berbagai jenis tanaman, yang memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Jenis Minyak Atsiri pun juga beragam. Ada sekitar 140 Jenis Minyak Atsiri yang diperdagangkan di pasar Internasional, dan juga ada sekitar 40 Jenis Minyak Atsiri yang di produksi oleh Indonesia sendiri, tetapi hanya 12 jenis saja yang mendapatkan standar ekspor, yaitu ada Minyak Atsiri Kayu Manis, Kayu Putih, Pala, Cendana, Cengkeh, Akar Wangi, dan lain sebagainya.

Jenis Minyak Atsiri lainnya ada Minyak Atsiri Lemon yang memang akan dibahan pada artikel kali ini. Yuk simak terus!

Minyak Esensial Lemon

Hasil gambar untuk minyak atsiri lemon
Minyak Esensial Lemon

Minyak Lemon atau juga disebut dengan Citrus Lemon merupakan Minyak Atsiri yang bermanfaat dalam bisang aromaterapi. Minyak jenis ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stress dan juga menyegarkan pikiran dengan menghirup uapnya.

Minyak Atsiri juga rentan terhadap suhu tinggi, kemudian oksidasi, sinar UV, dan juga kelembapan sehingga dapat meyebabkan kerusakan pada oksidatif.

Minyak Lemon juga salah satu bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan dan perawatan kesehatan secara tradisional. Memang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan juga beberapa gejala penyakit.

Cara Pembuatannya

Hasil gambar untuk cara membuat minyak lemon
Proses Pembuatan Minyak Esensial Lemon

Cara Pembuatan Minyak Esensial Lemon pun bervariasi, tetapi umumnya membuat Minyak Atsiri itu menggunakan metode Penyulingan atau Destilasi. Nah, metode ini menggunakan alat destilasi minyak atsiri.

Dan berikut ini 3 cara yang bisa dilakukan membuat Minyak Esensial Lemon untuk bisa merasakan manfaat Minyak Lemon :

Menggunakan Minyak Zaitun

Alat dan Bahan :

  • Lemon segar, usahakan organik.
  • Wadah yang tertutup rapat, bisa mangkuk atau toples kaca.
  • Wadah kaca atau botol kaca warna gelap
  • Minyak zaitun murni
  • Parutan

Langkah-Langkah :

  1. Cuci bersih buah lemon, setelah dicuci keringkan.
  2. Kemudian, kupas kulit lemon jangan sampai terkena bagian putihnya.
  3. Setelah dikupas, parut kulit lemon sebanyak beberapa sendok makan.
  4. Selanjutnya masukkan kulit yang telah diparut kedalam sebuah wadah.
  5. Jika Sobat menggunakan Lemon Peel Powder, pastikan bahan yang digunakan lemon kering.
  6. Masukkan minyak zaitun kedalam wadah hingga benar-benar parutan kulit terendam sempurna.
  7. Kemudian tutup rapat mangkok tersebut, dan diamkan minimal 2 minggu.
  8. Setelah itu, saringlah menggunakan penyaring yang halus, dan jangan sampaikan residu ikut tersaring.
  9. Selanjutnya, tuangkan minyak yang telah disaring kedalam botol kaca yang gelap. Dan Minyak Lemon telah siap untuk digunakan sehari-hari.

Dengan Minyak Kelapa

Alat & Bahan :

  • 3-4 buah lemon, usahakan organik juga.
  • Minyak Kelapa.
  • Wadah
  • Panci kecil
  • Botol untuk menyimpan berwarna gelap.

Langkah-Langkah :

  1. Cuci bersih buah lemon, kemudian keringkan.
  2. Kupas lemon jangan sampai terkena bagian putihnya.
  3. Letakkan kulit lemon dalam panci yang kecil. Kemudian tuangkan minyak kelapa, hinga kulit benar-benar terendam.
  4. Kemudian nyalakan api, dari kedil ke sedang. Didihkan selama 5 menit.
  5. Jika sudah, angkat panci dan diamkan selama berapa jam supaya lemon terserap dalam minyak.
  6. Jika sudah, saring dan masukkan dalam botol yang kedap udara untuk disimpan.
  7. Penyimpanan cukup simpan di kulkas.

Tanpa Direbus

Alat & Bahan :

  • 3-4 buah lemon matang, usahakan organik. Kemudian cuci hingga bersih dan keringkan.
  • Siapkan minyak kelapa atau juga bisa dengan minyak almond.
  • Wadah kedap udara
  • Botol gelap untuk menyimpan

Langkah-Langkah :

  1. Kupas kulit lemon, jangan sampai terkena bagian putihnya.
  2. Masukkan kulit kedalam wadah yang kedap udara, kemudia tuangkan minyak sampai kulit benar-benar terendam.
  3. Letakkan campuran minyak tersebut didekat jendela yang terkena sinar matahari di pagi dan siang, dan kocoklah setiap hari.
  4. Diamkan selama kurang lebih 1-2 minggu.
  5. Jika sudah, saringlah minyak dan masukkan dalam botol gelap yang sudah disiapkan.
  6. Minyak Esensial siap digunakan setiap hari.

Kandungan Esensial Lemon

Hasil gambar untuk cara membuat minyak lemon
Kandungan Minyak Esensial Lemon

Minyak Atsiri Lemon memang sudah lama dimanfaatkan sebagai baha lama untuk aromterapi dan juga penyembuhan beberapa gejala penyakit lainnya secara tradisional. Hal ini dipercayya karena memang lemon sendiri mengandung berbagai kandungan dan juga nutrisi alami.

Berdasarkan dari penelitian dan juga data anekdotal, berikut ini kandungan yang ada didalam Minyak Esensial Lemon:

  • Antibakteri
  • Agen pelembap alami
  • Antijamur
  • Detoksifikasi
  • Agen pembersih alami
  • Antiseptik
  • Desinfektan
  • Aromaterap
  • Astringen
  • Hiperpigmentas

Karena memang memiliki efek natural seperti yang diatas, Minyak Lemon juga dimanfaatkan sebagai salah satu pengobatan yang dinamakan Ayurvedic selama kurang lebih dari seribu tahun untuk mengatasi beragam kondisi kesehatan.

Manfaat Esensial Lemon

Hasil gambar untuk cara membuat minyak lemon
Manfaat Minyak Esensial Lemon
  • Mengatasi Stress dan Depresi

Memiliki aroma yang khas dari lemon merupakan zat penenang alami yang dapat membuat Sobat merasa lebih rileks saat menghirupnya dan juga secara otomatis meredakan perasaan cemas, kemudian stress dan lelah yang sedang dialami oleh Sobat.

Kemudian berdasarkan dari studi pada tahun 2006, Minyak Lemon ini terbukti dapat meningkatkan suasana hati pada tiga percobaan uji stress dan juga dapat mengurangi kecemasan pada pasien setelah menjalani rangkaian proses operasi ortopedi.

Dalam studi lainnya juga menyimpulkan bahwa Minyak Esensial Lemon ini memiliki indikator positif untuk mengurangi gejala depresi dan penghilang stress yang lebih berjalan efektif, dibandingkan dengan aromaterapi lavender, mawar, atau jenis lainnya. Cara menggunakannya pun mudah, Sobat perlu menghirup wangi dari Minyak Lemon sebagai agen anti stress dan juga antidepresan.

  • Melegakan Pernapasan

Efek yang menenangkan dari aroma yang khas dari Minyak Atsiri Lemon juga dapat membantu melegakan pernapasan disaat Sobat sedang mengalami gejala deman, kemudian pilek, hidung tersumbat, atau juga sakit tenggorokan.

Minyak Esensial Lemon ini memiliki aroma asam dan manis yang tajam dan mampu menenangkan pikiran dan juga otot-otot di tenggorokan Sobat. Kemudian juga belum ada penelitian klinis yang menunjukan manfaat minyak lemon ini, tetapi dengan Vitamin C dipercaya berkerja sebagai antioksidan untuk melancarkan pernapasan dan membuat nyaman.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Pada studi yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukan bahwa siswa yang belajar dalam ruang kelas yang menggunakan aromaterapi Minyak Lemon ini mendapatkan hasil yang lebih baik dalam ujiannya, dibandingan dengan kelas yang tidak menggunakan aromaterapi jenis minyak ini.

Kemudian juga, studi yang dilakukan pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat dari Minyak Esensial Lemon itu dpaat meningkatkan fungsi kognitif dari pasien Alzheimer. Hal ini pun dikaitkan karena Minyak Atsiri Lemon memiliki efek anti stress, sehingga siapapun yang menghirupnya itu akan merasa lebihh tenang, kemudian kalem, dan fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

  • Meredakan Morning Sickness

Morning Sickness itu merupakan sebutan untuk gejala yang mual dan muntah yang terjadi pada ibu hami saat pagi hari. Gejala ini termasuk ciri yang terjadi pada ibu hamil yang paling umum di masa awal kehamilan dan salah satu cara mengatasi adalah dengan menggunakan Minyak Esensial Lemon.

Salah satu studi pada tahun 2014 melakukan sebuah penelitian pengaruh Minyak Lemon pada 100 wanita hamil. Dan hasilnya, ibu hamil yang menggunakan Minyak Lemon mengaku lebih enakan, dan rasa mual berkurang.

  • Melancarkan Pencernaan

Dapat melancarkan pencernaan, termasuk juga masalah sembelit dan juga gastritis. Pada salah satu studi yang dilakukan pada hewan tikus menemukan bahwa Minyak Esensial Lemon itu mengandung sebuah zat pelindung gastro terhadap perut lambung yang dapat mengurangi gejala gastritis pada hewan tikus.

Kemudian, salam studi lainnya juga menyebutkan bahwa Minyak Lemon ini berkerja lebih baik untuk mengatasi sembelit yang terjadi pada orang tua, dibandingkan dengan jenis minyak atsiri lainnya.

  • Menyembuhkan Luka

Memiliki kandungan Vitamin C, kemudian efek mikroba dan juga antioksidan yang berperan untuk menyembuhkan jaringan luka lebih cepat, kemudian mencegah infeksi, dan membersihkan kulit. Sebagian dari banyaknya orang juga menyimpan Minyak Esensial Lemon ini kedalam kotak P3K untuk membersihkan luka.

  • Pembersih Wajah

Nah, beberapa produk kecantikan juga memasukkan ekstrak lemon didalam produk pembersih wajah. Sobat juga dapat menambahkan cukup satu tetes Minyak Lemon di air pembersih yang Sobat gunakan.

Walaupun memang terdapat beberapa manfaat Minyak Lemon untuk kulit, Sobat juga harus tetap memperhatika efek samping dan berhati-hati agar tidak terjadinya kulit kering, kemudian merah dan mengelupas apabila diigunakan setiap harinya.

  • Mengatasi Jerawat

Terdapat dua kandungan alami dari Minyak Esensial Lemon yaitu astringen atau pembersih dan juga antimikroba yang dipercaya dapat mengatasi masalah jerawat secara efektif. Kemudian, kandungan astringen tersebut berperan untuk membersihkan sel-sel kulit mati, kemudian membuka pori-pori yang tersumbat, dan juga mencegah dari hiperpigmentasi dari jerawat.

Potensi dan Peluang Usahanya

Permintaan pasar akan Minyak Atsiri itu semakin meningkat dari dalam negeri, bahkan sampai luar negeri. Berbagai dalam bidang industri membutuhkan Minyak Atsiri untuk membuat berbagai keperluan. Dengan ini maka membuat peluang usaha Minyak Atsiri pun menguntungkan untuk dicoba.

Peluang usaha Minyak Atsiri ini bagus dijalankan untuk mendapatkan sebuah pendapatan. Dengan memanfaatkan daun, kemudian bunga, biji, kulit, kayu, dan juga bagian tumbuhan lainnya. Ketika akan memulai bisnis Minyak Atsiri itu tentu perlu mengetahui cara memulainya dengan baik.

Dilihat juga dari peluang potensi usaha Minyak Atsiri ini mempunyai potensial usaha yang sangat luar biasa karena digunakan untuk kebutuhan manusia. Beberapa bidang yang membutuhkan Minyak Atsiri itu dibidang kesehatan, kemudian spa, relaksasi, makanan dan juga minuman, bahkan dibidang rumah tangga.

Kebutuhan akan Minyak Atsiri yang tinggi memang membuat potensi bisnis ini patut dikembangkan.

Itulah mengenai Cara Pembuatan Minyak Esensial Lemon, dan pastinya informasi tambahan lainnya seputar Minyak Esensial Lemon. Untuk artikel lainnya, silahkan Sobat bisa mengunjungi Jenis Minyak Atsiri lainnya.

Sekian dari penulis kece, mohon maaf apabila didalam artikel ini terdapat kekurangan atau kesalahan. Jika ada saran atau kritik yang membangun bagi penulis, silahkan bisa sampaikan melalui laman komentar yang ada dibawah.

Dan jangan lupa juga untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya kepada Sobat yang lainnya agar mereka juga mengetahuinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Yuk saling berbagi ilmu!

Terima Kasih.