Cara membuat terang bulan teflon – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Naso goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Bukan guys, jadi hari ini saya mau bikin semacam roti ya bukan nasi lagi. Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas cara membuat terang bulan teflon super lembut

Emang bisa pakai teflon? Woiya jelas bisa dong guys. Trus kalau terang bulannya sudah dingin tinggal dimasukin ke alat penghangat makanan agar tetap hangat.

Tapi saya diriku masih bingung nih guys…. sebenernya itu sebutannya terang bulan atau martabak manis sih? Kalian pasti ikut bingung hahahaha.

Dari pada bingung sebelum ke resep cara membuat terang bulan teflon super lembut, gimana kalau kita bahas dulu asal usul terang bulan? Yuk langsung saja Asal Usul Terang Bulan

Asal Usul Terang Bulan

Perang klaim terang bulan yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia beberapa waktu lalu membuat beberapa orang bertanya-tanya bagaimana sebenarnya asal mula terang bulan ini? dan siapa yang pertama kali mempopulerkan sajian kuliner ini?
Warga Indonesia mengklaim bahwa terang bulan adalah makanan asli Indonesia. Sebaliknya, orang Malaysia menyatakan bahwa itu bukan makanan Indonesia, melainkan makanan Malaysia yang disebut apam balik.
Ada dua jenis martabak di Indonesia: terang bulan dan martabak telur. Martabak telur juga dikenal sebagai Lebaksiu martabak atau Tegal martabak, dan terangbulan juga dikenal sebagai martabak moonlight atau martabak Bangka. Dalam perkembangannya, terang bulan dikenal juga dengan martabak Bandung.
Seiring berjalannya waktu, penyebaran kue ini sampai ke pulau Jawa. Di Semarang, terang bulan ini dikenal dengan nama kue Bandung atau martabak. Terang bulan ini awalnya bernama Hok Lo Pan yang artinya kue Hawk Lo (suku). Seperti namanya, martabak manis ditemukan oleh masyarakat Hakka dari Bangka.
Berdasarkan data yang dikutip dari berbagai sumber, terang bulan yang dibuat dengan bahan utama tepung terigu, telur dan ragi ini hanya diberi taburan biji wijen goreng dan gula pasir.
Ada versi berbeda tentang peredaran dan popularitas terang bulan ini. Tapi pastinya gurih, lembut dan renyah di kulitnya membuat martabaca ini tersebar di luar Bangka.
Tidak hanya peredaran kuenya saja, nama Hok Lo Pan pun berubah seiring berjalannya waktu. Setiap daerah memiliki namanya sendiri-sendiri, termasuk kue bulannya. Martabaka manis ini disebut kue moonlight karena bentuknya yang bulat besar dan berwarna kuning di bagian tengahnya, seperti bulan purnama.
Di Semarang kue ini dibuat oleh keluarga Bangka yang berdomisili di Semarang yaitu keluarga Tsen. Mereka berbelanja di sebelah toko Mi Bandung terlaris. Hal inilah yang kemudian mereka sebut sebagai kue Bandung Pie atau Martabak. Di Pontianak kue ini dikenal dengan nama apam penang.
Kue ini populer tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara tetangga Malaysia. Di Malaysia, martabak ini dikenal dengan nama apam balik atau moonlight.
Nah, kue terang bulan ini juga hadir dengan beragam topping yang unik. Perkembangan sinar bulan menjadi lebih variatif. Anak muda saat ini juga tidak mau ketinggalan inovasi. Mereka digunakan untuk membuat tambalan premium untuk tambalan sinar bulan.

Cara Membuat Terang Bulan Teflon Super Lembut

Bahan Bahan Cara Membuat Terang Bulan Teflon

Bahan A :

  • 200 gram tepung segitiga
  • Gula 4 sendok makan.
  • 2 sendok makan tepung maizena / tapioka / pati
  • 1/2 sdt garam halus
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 // 4 sdt ragi instan / fermipan (i: pengaman instan)
  • 400 ml air hangat (tidak terlalu panas)
  • 1/2 sdt vanilla

Bahan B :

  • 1 telur (kocok)
  • 50 gr margarine / butter (lelehkan)
  • 1/2 sdt baking powder (me 1/4 sdt BPDA)
  • Jumlah gula yang cukup (untuk taburan)
  • 1/4 sdt soda kue / soda kue
  • Pasta pandan dan nangka (opsional)
  • Secukupnya Margarin (untuk olesan)

Topping :

  • Coklat Meises
  • Keju
  • Secukupnya skm

Langkah Langkah Cara Membuat Terang Bulan Teflon

  1. Siapkan bahan yang diperlukan. Campurkan semua bahan A, lalu tambahkan air sedikit sambil diaduk hingga rata.
  2. Terus aduk adonan hingga adonan kalis dan gula larut selama kurang lebih 1 menit. Kemudian tunggu adonan selama + 1 jam. Setelah adonan berdiri, adonan akan sedikit mengembang dan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil. Bau ragi sudah menghilang sedikit.
  3. Kemudian siapkan teflon dan panaskan dengan api sedang hingga rendah. 👉 (di bawah lapisan teflon, ikat, bisa pakai seng / tutup loyang yang tidak terpakai / tutup cetakan kue bekas). Sisihkan campuran soda kue / baking soda panas dengan baking powder.
  4. Masukkan telur ke dalam adonan (saya hanya menggunakan setengahnya karena saya tidak suka ikan) dan aduk rata, lalu tuang ke adonan margarine / ghee. Aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi dua sama rata. Beri masing-masing pasta satu pandan dan nangka. Aduk rata.
  5. Ambil 1 bagian dari tes. Tambahkan setengah dari campuran baking soda dan baking powder (ini akan membagi campuran BP + BS menjadi 2 tandan). Kemudian aduk hingga tercampur rata. Periksa teflonnya, jika sudah panas tuang adonan. (Pastikan teflon benar-benar panas. Ujilah dengan semprotan air, jika air blebek di atas teflon itu panas). Tuang adonan ke Teflon (tidak ada Teflon yang diminyaki). Buat tepi bulan cerah dengan memutarnya.
  6. Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung kecil pada adonan, dan jika sudah ada lubang kecil, taburi dengan gula di atasnya. Kurangi panas di atas kompor. Kemudian tutup Teflon. Tunggu 5 menit hingga ikal matang.
  7. Buka tutup teflon, setelah masak matikan api, angkat. Selagi hangat, olesi bulan dengan margarin. Lalu taburkan di atasnya secukupnya.
  8. Iris bagian tengah dan lipat. Olesi seluruh bagian bawah lubang dengan margarin agar tetap lembut dan beraroma. Menyisihkan. Tunggu hingga dingin.
  9. Panaskan teflon untuk campuran kedua. Kami melakukan hal yang sama dengan tes kedua. Tambahkan campuran BP + BS ke adonan sampai halus. Setelah teflon panas, tuang adonan. Tunggu hingga gelembung dan lubang keluar, taburi dengan gula pasir di atasnya. Tunggu sampai mereka siap. Setelah matang, isi sesuai selera.
  10. Iris terang bulan secukupnya dan sajikan. Rasanya lebih enak saat hangat.

Tips Cara Membuat Terang Bulan Teflon

  1. Pastikan ragi / fermipan instan, BP dan BS masih aktif dan bisa digunakan.
  2. Gunakan air hangat (suam-suam kuku), tidak panas, untuk mencegah jamur membunuh.
  3. Tambahkan campuran baking powder dan baking soda saat Anda ingin memanggang adonan.
  4. Tutupi bagian bawah Teflon dengan sesuatu yang dapat Anda gunakan, seperti seng, tutup panci yang tidak digunakan, atau tutup kaleng bekas, untuk mendistribusikan panas secara merata dan tidak cepat gosong.
  5. Pastikan Teflon benar-benar panas. Karena kalau kurang panas tidak akan membentuk serat.
  6. Terang bulan teflon siap disajikan, jangan lupa ditaruh ke etalase penghangat makanan agar tetap hangat

Cara Membuat Terang Bulan Teflon Super Lembut

Nah itu dia guys resep cara membuat terang bulan teflon super lembut. Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya. Sekian tutorial dari saya, selamat mencoba guys.