Bergantung berapa besar lubangnya, gigi Anda dapat berasa sedikit berdenyut-denyut atau ngilu bukan main. Gigi berlubang yang tetap didiamkan juga membuat Anda rawan alami infeksi gigi dan gigi tanggal. Nach saat sebelum minum obat sakit gigi, menyikat gigi gunakan opsi pasta gigi yang pas bisa menahan gigi berlubang semakin kronis. Lalu, bagaimanakah cara pilih odol untuk gigi berlubang?

Mengapa gigi berlubang?

Istilah klinis untuk gigi berlubang ialah plak atau cavities. Pemicu khusus timbulnya lubang ialah penimbunan karies pada gigi karena tidak jaga kebersihan mulut secara baik.

Karies ialah susunan yang tercipta dari beberapa sisa makanan, air liur, dan juta-an bakteri. Saat Anda jarang-jarang bersihkan gigi, karies akan menimbun di atas dan antara gigi.

Bakteri yang hidup dalam karies selanjutnya akan berkembang biak dan hasilkan asam yang mengurangi enamel (susunan paling luar gigi). Enamel yang terus menerus tergerus pada akhirannya akan lapuk dan membuat lubang.

Makin banyak karies yang menimbun di atas gigi, karena itu lubang yang tercipta condong semakin besar. Anda kemungkinan tidak berasa apapun saat lubang yang tercipta masih memiliki ukuran kecil. Tetapi, jika lubang telah jadi membesar, Anda semakin lebih rawan alami sakit gigi.

Langkah pilih odol untuk gigi berlubang

Salah satunya langkah menangani gigi berlubang paling simpel ialah menyikat dengan odol yang akurat. Sayang, ada beberapa produk odol di pasar dengan beragam merk, warna, dan rasa.

Anda sekarang ini kemungkinan kebingungan pilih mana odol yang terbaik untuk gigi berlubang. Nach, berikut sejumlah hal yang penting Anda lihat saat ingin beli odol untuk gigi berlubang.

  • Tentukan odol yang memiliki kandungan fluoride

Odol memiliki kandungan banyak bahan aktif untuk menolong mempertahankan kesehatan mulut. Nach, salah satunya bahan paling penting yang perlu dicari saat pilih odol untuk gigi berlubang ialah fluoride.

Beragam riset sudah mendapati jika fluoride efisien dalam menahan plak dan penimbunan karies pada gigi. Ini karena fluoride menolong membuat perlindungan dan perkuat susunan enamel gigi. Disamping itu, fluoride dapat menolong proses remineralisasi gigi yang mulai membusuk. Dengan demikian, pembusukan tidak makin kronis dan pembangunan lubang pada gigi juga bisa dijauhi.

Anda tidak perlu sangsi untuk memakai odol yang memiliki kandungan fluoride. Pemakaian fluoride dalam odol telah dipastikan aman oleh Tubuh Kesehatan Dunia (WHO). Dokter gigi di penjuru dunia, tidak kecuali di Indonesia juga banyak memakai bahan ini untuk produk perawatan gigi. Bahkan juga, American Dental Association (ADA) menjelaskan jika semua odol yang diterima mereka harus memiliki kandungan fluoride.

Ada beberapa wujud fluoride yang sering ada pada cap paket odol. Tetapi, beberapa wujud yang umum salah satunya natrium monofluorofosfat, natrium fluorida, dan stannous fluoride.

  • Check bahan aktif yang lain

Selainnya fluoride, juga penting ketahui beragam bahan aktif yang lain terdapat dalam odol Anda. Berikut beberapa bahan aktif yang umum dalam odol untuk gigi berlubang.

Odol untuk gigi berlubang ada juga yang memiliki kandungan perasa bikinan dari konsentrat buah-buahan. Umumnya tambahan perasa bikinan ini diutamakan untuk produk odol anak-anak. Maksudnya pasti untuk memancing ketertarikan anak-anak agar ingin lebih rajin menggosok gigi. Konsentrat buah-buahan yang tersering dipertambah dalam produk odol anak ialah strobery, jeruk, nanas, apel, dan anggur.

Demikian juga lewat produk odol untuk orang dewasa. Ada juga yang dipertambah perasa bikinan dari konsentrat minyak fundamental seperti peppermint, lemon, kayu manis, dan yang lain. Beragam bahan tambahan itu efisien memberinya kesan beri kesegaran setelah menggosok gigi.

Sayang, tidak seluruh orang pas memakai odol yang memiliki kandungan beberapa bahan herbal. Untuk beberapa orang yang peka, tambahan beberapa bahan herbal malah bisa mengakibatkan reaksi alergi atau iritasi di mulut.

  • Jauhi odol yang memiliki kandungan zat iritan

Saat sedang pilih odol, coba periksa satu-persatu daftar formasi bahan aktif yang tercantum di buntel masing-masing produk.

Harus tahu jika beberapa beberapa bahan aktif dalam odol sudah disampaikan sebagai alergen atau zat iritan.

Pertanda paling ciri khas jika Anda alami alergi odol ialah ada cedera atau sariawan di mulut. Entahlah itu dalam pipi, lidah, gusi, bibir, sampai langit-langit mulut. Bibir jadi warna kemerahan, gatal, dan berasa sakit.

Itu penyebabnya selalu check dengan cermat beberapa bahan yang terdapat dalam produk odol yang hendak Anda membeli. Yakinkan produk odol yang Anda tentukan tidak memiliki kandungan beberapa bahan beresiko atau yang bisa memacu reaksi alergi.