Cara Mudah Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid pada Oppo – Memiliki smartphone android sudah merupakan hal yang wajar. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat yang satu ini. Itu sebabnya ketika mengalami kendala akibat kode MMI yang tidak valid, Anda tentu merasa cemas. Hal ini kerap muncul di hampir setiap merk ponsel saat akan melakukan cek kuota, cek pulsa, atau informasi lainnya.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan / Kode MMI Tidak Valid Oppo

Setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Diantaranya adalah sistemnya yang sedang bermasalah, salah mengatur jaringan pada ponsel, dan operator sedang mengalami gangguan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara mudah berikut ini.

Restart Smartphone

Cara paling sederhana mengatasi masalah sambungan pada smartphone adalah dengan cara melakukan restart. Tujuannya adalah agar sistem pada smartphone Anda kembali normal seperti semula.

Hapus Cache Aplikasi Telepon

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah menghapus data atau cache pada aplikasi telepon. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik pengaturan
  • Klik menu aplikasi
  • Pilih menu aplikasi telepon
  • Buka pengaturan telepon
  • Klik menu “hapus data” atau “clear cache”

Aktifkan Mode Pesawat

Untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid pada oppo atau smartphone merk lainnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Lakukan cara ini selama beberapa saat atau sekitar 10-15 detik, setelah itu Anda bisa non-aktifkan kembali.

Ubah Jaringan ke 3G

Ada kalanya ketika smartphone Anda berada di jaringan LTE menyebabkan kode MMI menjadi tidak valid. Untuk mengatasinya Anda bisa memindahkannya ke jaringan 3G terlebih dahulu, yaitu dengan cara:

  • Klik pengaturan
  • Klik jaringan seluler
  • Ubah ke jaringan ke 3G
  • Simpan

Reset Smartphone

Ini merupakan cara terakhir jika semua cara di atas tidak berhasil. Dengan melakukan reset, semua error atau kesalahan konfigurasi yang terjadi menjadi hilang dan kondisi smartphone bisa kembali normal seperti sedia kala. Satu hal yang harus diingat adalah, pindahkan data penting yang ada di smartphone sebelum melakukan cara ini.

Ketika terjadi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid pada oppo atau merk smartphone lainnya. Anda bisa melakukan restart, clear cache aplikasi telepon, aktifkan mode pesawat, atau pindahkan jaringan telepon ke 3G. Selain itu, pastikan untuk melakukan backup data jika Anda memilih untuk melakukan reset pada smartphone android Anda.