Sepatu putih kilat kotor, tetapi sepatu gelap pula dapat memudar. Lalu, apa corak sepatu yang wajib Kamu seleksi? Apapun corak sepatunya, sesuatu dikala sepatu tersebut dapat rusak serta rupanya juga hendak memudar. Hendak namun, bila corak sepatu memudar lebih kilat dari yang diperkirakan, Kamu wajib melaksanakan beberapa metode buat mengembalikan corak terang sepatu tersebut, paling utama bila sepatu Kamu bercorak gelap.

Sepatu bercorak gelap memanglah tidak gampang kotor. Tetapi, konsumsi tiap hari serta paparan debu ataupun kotoran bisa membuat corak sepatu gelap jadi memudar. Kamini hendak membagikan 4 metode menghitamkan sepatu supaya rupanya kembali terang semacam baru.

Metode Menghitamkan Sepatu

  • Semir Sepatu

Metode menghitamkan sepatu pula dapat dicoba dengan memakai semir sepatu. Semir bukan cuma buat mengilapkan sepatu, namun dapat pula buat mengembalikan corak sepatu yang sudah memudar. Kamu dapat membeli krim semir sepatu terlebih dulu, kemudian simak langkah- langkah menghitamkan sepatu berikut ini:

Seleksi semir sepatu gelap yang berupa krim ataupun cair.

Bilas sepatu dengan kain terlebih dulu buat melenyapkan debu serta kotoran yang melekat di permukaan sepatu.

Aplikasikan semir ke segala bagian sepatu. Setelah itu, ratakan semir dengan gosok berjenis horsehair brush.

Sehabis itu, poles serta semir pada sepatu dengan memakai kain lembut.

Jemur sepatu sepanjang sebagian jam supaya semirnya kering. Kamu pula boleh meningkatkan semir lagi bila Kamu merasa rupanya masih kurang pekat.

Semir sepatu cuma dapat dipakai buat menghitamkan sepatu kulit saja. Sepatu berbahan kain ataupun beludru tidak bisa dihitamkan dengan semir sepatu sebab semirnya hendak menggumpal pada serat kainnya.

Tata cara menghitamkan sepatu dengan semir ini merupakan metode yang sangat gampang. Kamu bisa langsung mempraktikkannya sendiri di rumah bila terdapat sepatu kulit yang rupanya nampak pudar. Silahkan ikuti 10 merek semir sepatu terbaik buat saran semir yang sesuai buat Kamu.

  • Perona Kain

Satu lagi metode serta panduan menghitamkan sepatu yang dapat Kamu coba di rumah, ialah dengan memakai perona kain. Beli lah satu sachet perona kain yang murah meriah( semacam merek Wantex). Tetapi, bahan yang satu ini cuma dapat dipakai buat menghitamkan sepatu berbahan dasar kain, semacam sepatu kanvas serta sepatu sekolah agar mengajari anak mewarnai lebih mudah bagi anda.

Apabila Kamu telah membeli perona kain tersebut, coba simak panduan menghitamkan sepatu dengan perona kain berikut ini:

Pertama- tama, lepas tali sepatu yang masih melekat pada sepatu yang hendak dihitamkam.

Mencuci sepatu Kamu hingga bersih serta rendam sepatu di dalam bleaching supaya corak hitamnya yang memudar jadi terus menjadi pudar sehingga lebih gampang dihitamkan dengan bahan perona yang lain.

Jemur sepatu hingga betul- betul kering.

Berikutnya, rebus air di dalam suatu panci. Kala airnya telah mulai mendidih, taburkan perona kain yang telah dibeli tadi ke dalam panci.

Bila corak airnya telah nampak menghitam, kecilkan api serta tunggu hingga airnya tidak sangat mendidih.

Masukkan sepatu yang telah kering ke dalam panci yang telah dicampur dengan perona kain. Kami menganjurkan Kamu buat memakai air hangat( tidak sangat panas) supaya tidak mengganggu sepatu.

Sehabis corak sepatu nampak menghitam, angkat sepatu serta jemur hingga betul- betul kering.

Butuh Kamu tahu kalau panduan menghitamkan sepatu ini bisa berisiko mengganggu material sepatu, paling utama bila sepatu tidak tahan terhadap temperatur panas. Tetapi, bila tipe sepatu Kamu merupakan sepatu kanvas, semacam Converse, hingga bahannya tidak gampang rusak walaupun direndam di dalam air panas.

  • Semir Rambut

Bila semir sepatu tidak lumayan jitu buat menghitamkan sepatu, cobalah buat memakai semir rambut. Tidak butuh membeli semir rambut yang mahal, lumayan pakai semir yang biayanya 10– 20 ribu rupiah saja. Tata cara ini dapat dipakai buat menghitamkan sepatu kanvas ataupun sneakers gelap yang rupanya telah pudar. Berikut merupakan triknya menghitamkan sepatu dengan menggunakan semir rambut:

Bila sepatu mempunyai bagian yang bercorak lain, tutup bagian yang mempunyai corak berbeda dengan isolasi ataupun lakban. Hendak namun, bila segala bagian sepatu bercorak gelap hingga Kamu dapat langsung menyemir sepatu tersebut.

Lepaskan tali sepatu( bila terdapat) supaya tidak terserang cat rambut.

Buat pasta dari semir rambut yang yang Kamu beli. Setelah itu, pakai gosok gigi sisa buat mengaplikasikan cat rambut ke sepatu.

Apabila seluruh bagian sepatu telah tertutup dengan corak gelap, lekas jemur sepatu di tempat yang berangin.

Gimana bila rupanya senantiasa pudar usai Kamu menyemirnya dengan cat rambut? Perkenankan saja hingga sepatu betul- betul kering. Alasannya, corak sepatu hendak nampak gelap pekat bila cat rambutnya telah kering.