Gazebo atau kolam ikan? Ingin keduanya hadir di halaman, tetapi belum bisa memutuskan karena mereka mempertimbangkan luas tanah? Mengapa tidak membangun keduanya?

Sebagai konstruksi di luar bangunan utama, gazebo kayu dapat digunakan sebagai tempat berkumpul dan kegiatan yang terlindung dari cuaca. Selain itu, gazebo dapat memberikan nilai lebih bagi Anda yang ingin menciptakan lanskap elegan di halaman. Apalagi dengan penambahan kolam ikan untuk melengkapi halaman hunian Anda. Ikuti panduan sederhana berikut jika Anda ingin menyajikan gazebo dan kolam di halaman.

Atur Renang dan Pilih Bahan Gazebo

Mulailah dengan membangun dan merapikan kolam, diikuti dengan menempatkan gazebo, baik di tengah atau di tepi kolam. Untuk membangun gazebo yang indah dan tahan lama, pilih kayu yang bagus. Pemilihan kayu yang berkualitas dan tahan lama adalah penting agar gazebo mampu menahan berat gazebo itu sendiri dan berat orang yang akan menempatinya. Anda juga harus mengukur dan menghitung dengan presisi setiap potongan kayu. Kami merekomendasikan bahwa selama proses gazebo Anda berkonsultasi atau tunduk kepada para ahli karena risiko dan perhitungannya cukup rumit.

Pengukuran yang tepat

Jika Anda cukup percaya diri untuk membangun sendiri, atau jika Anda ingin mengawasi proses konstruksi, mulailah proses mengerjakan kolam dan gazebo dengan pengukuran setepat dan serinci mungkin. Tempatkan tanda pada gambar rencana perumahan Anda dan cetak biru gazebo pada skala yang sama. Ukur area aktual di lapangan, dan pastikan kolam dan gazebo berada di posisi yang baik sehingga mereka menambah nilai estetika dari lanskap yang ada atau apa yang ingin Anda terapkan.

Bangun Tambak Ikan

Langkah selanjutnya adalah mulai menggali untuk membangun kolam. Gali tanah sedalam 40 sampai 50 sentimeter dan tutupi dengan beton. Tujuan dari proses ini adalah untuk memudahkan perawatan dan menjaga air tetap jernih. Gunakan semen berkualitas dalam campuran beton untuk melapisi dinding kolam karena berat air yang dikumpulkan dan karena sifat air yang selalu mencari celah untuk mengalir. Pastikan Anda melapisi dinding dengan baik untuk mencegah kebocoran yang dapat mengalirkan air dari kolam.

Mulai Konstruksi Gazebo

Setelah kolam terbentuk dengan semua ornamen, jangan mengisinya dengan air terlebih dahulu. Mulailah pembangunan gazebo sambil menunggu lapisan kedap air di dinding dan bagian bawah kolam mengering sepenuhnya. Setelah menyiapkan potongan-potongan gazebo untuk dibangun, langkah pertama untuk membangun gazebo di kolam adalah dengan meletakkan fondasi gazebo dan memasang lantai. Fondasi gazebo juga bisa diperkuat dengan tiang beton sehingga kaki gazebo yang terbuat dari kayu tidak terendam air kolam.

Ada dua pendekatan untuk membangun gazebo. Yang pertama adalah membangun langsung di atas fondasi dan yang kedua adalah membangun gazebo terlebih dahulu dan kemudian memindahkannya ke fondasi di kolam. Untuk mengurangi risiko kerusakan tambak dan limbah konstruksi yang menumpuk, disarankan agar konstruksi tiang gazebo dan atap dilakukan secara terpisah di tanah terdekat dari posisi kolam.

Pemasangan Atap

Setelah fondasi, lantai dan tiang gazebo dipasang, langkah selanjutnya adalah memasang atap. Setelah selesai, pasang railing di gazebo sebagai pemanis sekaligus keamanan gazebo. Jika posisi gazebo berada di tengah kolam, susuran tangga harus dipasang di sekitar gazebo dengan satu bukaan diberikan sebagai ‘pintu’. Tetapi jika posisi gazebo berada di tepi kolam, cukup pasang pagar di sisi yang menghadap ke kolam. baca juga artikel tentang Gebyok jati