Semua rasa sakit memang cukup menyiksa tak terkecuali sakit gigi yang bahkan bisa menjalar hingga kepala. Bengkak pada gusi, kesulitan membuka mulut dan rasa nyeri pada pipi dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan dan tidak fokus beraktifitas. Tidak melulu dengan obat, terdapat bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan sakitnya. Apa saja?

Beberapa Bahan Alami yang Ampuh Obati Sakit Gigi

Jahe

Sakit pada gigi dapat disebabkan oleh bakteri dan kuman yang menginfeksi bagian tertentu pada gigi. Oleh sebab itu, sumbernya harus diberantas menggunakan bahan yang mengandung antibiotik yakni jahe. Caranya, tumbuk satu siung jahe tidak perlu sampai halus untuk kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat.

Daun jambu biji

Pohon jambu biji ternyata memiliki daun yang kaya akan kandungan baik seperti anti inflamasi, analgesik, dan anti mikroba. Ketiga kandungan tersebut dapat secara ampuh mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara memanfaatkannya adalah dengan merebus daun jambu biji dalam air secukupnya. Setelah mendidih kemudian diamkan hingga dingin lalu gunakan untuk berkumur.

Cuka apel

Kandungan anti mikroba dan anti bakteri dapat juga ditemukan pada bahan lain seperti cuka apel. Tidak mengherankan apabila cuka apel kerap digunakan untuk meredakan rasa sakit pada gigi terlebih lagi akibat gigi berlubang. Terdapat dua cara pemanfaatannya yaitu dicampurkan dengan air sebagai obat kumur, dan diteteskan langsung pada bagian gigi yang sakit.

Bawang putih

Bumbu dapur ini dapat Anda gunakan untuk membantu melawan bakteri penyebab sakit pada gigi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya minyak alami dalam bawang putih yang memiliki kandungan antiseptik. Cara memanfaatkannya dengan menempelkan langsung bawang putih yang sudah dikupas ke bagian gigi atau mengunyah secara langsung apabila Anda sanggup dan tidak terganggu dengan baunya.

Bawang merah

Tidak hanya bawang putih, ternyata bawang merah juga memiliki kandungan antiseptik yang ampuh melawan bakteri penyebab sakit pada gigi. Alternatif bagus bagi Anda yang kurang menyukai rasa dan bau dari bawang putih. Terdapat dua cara untuk memanfaatkannya yaitu menempelkan bawang merah halus pada gigi dan mengunyah secara langsung apabila Anda sanggup.

Garam

Bahan alami terakhir yang bisa dimanfaatkan adalah garam. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi dalam garam dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan melawan bakteri penyebab sakit. Anda hanya cukup melarutkan setengah sendok makan garam ke dalam air hangat untuk kemudian digunakan sebagai air kumur sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Banyaknya bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan sakit pada gigi merupakan kabar baik bagi Anda yang tidak terlalu suka mengonsumsi obat. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa bahan tersebut mungkin hanya mampu mengurangi intensitas sakitnya saja, sehingga untuk benar-benar menyembuhkan tetap harus memeriksakannya ke dokter sebagai penanganan yang lebih profesional.