Aplikasi sweet home 3D adalah aplikasi perangkat deskop desain arsitektut gratis yang membantu pengguna membuat Desain Rumah Minimalis, dengan menghias desain eksterior dan interior termasuk kemampuan untuk menempatkan mabel dan peralatan rumah. Berikut langkah – langkah membuat Gambar Kerja Bangunan dengan aplikasi sweet home 3d menurut sinan-arsitek.com

  1. Langkah pertama kalian harus membuat tembok dengan cara, kalian bisa clickcreate wallas diatas panel dan kalian bisa membuat sesuai dengan ukuran yang kalian mau.
  2. Buat pola / bentuk ruangan dengan cara seperti kalian membuat tembok tadi yaitu create walls.
  3. Setelah ruangan yang kalian desain terbentuk, kalian bisa mewarnai dindingnya. Caranya yaitu kalian bisa klik select object in plan dan blok seluruh dinding dengan kalian klik mouse kiri.
  4. Jika sudah kalian blok, kalian bisa lepaskan klik kiri tadi dan kalian bisa klik kanan lalu pilih modify walls.
  5. Setelah kalian klik kanan, maka kalian bisa mengganti warna dinding baik warna biasa dan klik persegi panjang ataupun tekstur (bisa pilih persegi). Disini kalian bisa mengganti ukuran dinding sesuai yang kalian inginkan.
  6. Maka muncul seperti ini setelah kalian klik ikon persegi panjang sesuai yang kalian inginkan.
  7. Setelah kalian pilih warnanya maka akan desain dinding yang kalian buat tadi maka akan terlihat memiliki warna yang kalian pilih tadi.
  8. Jika kalian ingin mengganti salah satu desain dinding, maka kalian bisa klik garis dinding yang kalian pilih.
  9. cara mengganti warna sama seperti mewarnai dinding yang tadi, langkah klik kanan dan pilih modify walls dan pilih tekstur yang kalian inginkan.
  10. Ganti wara dinding yang kalian inginkan agar terlihat menawan.
  11. Langkah selanjutnya kalian bisa tambahkan pintu dengan cara klik furniture door and windows di kanan panel, terdapat berbagai macam jenis model pintu yang disediakan. Kalian bisa memilihnya, disini kalian bisa klik door lalu kalian klik kanan dan pilih add to home yang kalian inginkan
  12. Kalian bisa mengisi semua ruangan dengan furniture sesuai dengan kegunaan tempat tersebut. Disini saya menambahkan furniture untuk kamar mandi (mulai dari pojok kiri atas), dapur, ruang para staff bekerja, ruang tidur dan ruang bersantai dikala kalian pulang dari aktivitas dari luar rumah.
  13. jika kalian ingin melihat blok semua desain dengan cara tekan lama kiri mouse dari ujung kiri atas kanan bawah
  14. Tata ulang semua furniture yang dibutuhkan sesuai ruangan dengan cara klik furniture yang diinginkan di daftar kanan lalu klik kanan mouse dan klik add to home.