Seiring perkembangan zaman dan teknologi, banyak sekali muncul inovasi-inovasi terbaru. Salah satu contohnya adalah mesin EDC (Electronic Data Capture). Mesin EDC ini dikeluarkan oleh berbagai bank besar di indonesia dengan segudang manfaat dan kemudahan didalamnya.

Biasanya mesin EDC itu berbentuk seperti box handphone dengan lubang tipis untuk menggesek kartu debit mau credit. Selain itu ada jg lubang tipis dibawah untuk transaksi dengan kartu yang sudah didukung teknologi chip.

Bank BCA yang kini menjadi salah satu Bank terbesar di Indonesia juga mengeluarkan mesin EDC yang dioperasikan untuk toko-toko atau cafe maupun supermart dalam bertransaksi. Karena sering digunakan tentunya ada beberapa problem atau masalah yang akan muncul pada mesin edc bca.

Berikut admin rangkum beberapa masalah yang sering muncul pada mesin edc bca beserta cara menanganinya

1. PLEASE TRY AGAIN > Error 

Jika kode ini muncul saat mesin edc bca kita gunakan janganlah panik. Biasanya eror ini memang sering muncul saat transaksi. Cara penangannya adalah dengan melakukan restart mesin edc bca. Setelah dinyalakan kembali, proses transaksi jual beli bisa dilanjutkan kembali.

2. LINE IDLE > Error

Masalah ini sering terjadi pada mesin edc bca ataupun edc bank lain. Penyebabnya ada beberapa faktor seperti line telpon mati, sinyal lemah ataupun transaksi sebelumnya yang bermasalah.

3. REVERSAL > Error

Masalah reversal error muncul akibat dari beberapa transaksi yang bermasalah. Bisa disebut bahwa tidak semua transaksi berhasil. Sehingga membuat sistem yang ada di mesin edc erorr. Cara menanganinya adalah dengan merestart kembali mesin edc bca. Setelah mesin di restart, erorr akan mengilang dengan sendirinya.

Itu tadi beberapa masalah yang biasa muncul di mesin edc bca ataupun mesin edc bank lain. Jika solusi diatas masih tidak bisa mengatasi masalah yang ada pada mesin edc, sebaiknya anda request ke pihak bank untuk mendapatkan mesin edc yang baru.