Tantangan era digital mau tak mau memang membuat segala sesuatu harus memiliki kehadiran digital. Tak terkecuali bagi bisnis maupun layanan yang dituntut juga harus ada di internet. Adalah wajar apabila terjadi persaingan merebut hati calon konsumen di ranah online. Untuk itu, para pemilik perlu menyesuaikan situs kehadiran digitalnya dengan cara optimasi.

Mengenal Cara dalam Optimasi Website

Agar Anda memiliki gambaran tentang bagaimana cara mengoptimasi, utamanya untuk situs toko online, berikut ini beberapa langkah utama yang biasanya dilakukan

Kata Kunci

Kata kunci menjadi hal utama yang harus ditentukan dengan tepat sebelum melakukan berbagai teknik optimasi. Untuk bisa menemukannya, Anda harus melakukan riset kata kunci. Mencari kata kunci yang paling sesuai dengan toko online Anda menggunakan tools dan teknik tertentu.

Anda bisa saja menemukan begitu banyak kata kunci  yang masih ada hubungannya dengan toko online. Namun diantara sekian banyak keyowrd, pilih satu saja yang dijadikan sebagai kata kunci utama (untuk Homepage) dan beberapa lainnya sebagai kata kunci pendukung (untuk konten).

Setting Kata Kunci

Selajutnya, Anda akan menempatkan kata kunci tadi di beberapa bagian toko online antara lain di nama toko, di meta title dan di meta description.

Konten

Berikutnya, Anda bisa menambahkan konten sesuai kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya (riset) entah itu sebagai halaman produk atau lainnya.

Indeks

Mesin pencari seperti Google akan secara otomatis mengenali website Anda lalu mengindeksnya, meskipun hal ini bisa memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk menyingkatnya, Anda bisa mendaftarkan situs ke Google Webmaster Tools. Tujuan dari mendapatkan indeks ini adalah agar situs Anda bisa segera muncul di halaman hasil pencarian (SERP).

Backlink

Langkah optimasi aneka website ataupun toko online berikutnya adalah menerapkan teknik backlink. Teknik ini terdiri atas berbagai macam cara yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk menerapkan teknik backlink ini, seorang webmaster harus bijak dan berhati-hati untuk menghindari penalty atau bahkan kena banned  dari mesin pencari.

Apakah menurut Anda gambaran langkah sederhana di atas rumit untuk dilakukan? Meskipun terkesan berat, nyatanya hasil yang bisa Anda dapatkan bisa sangat signifikan dalam meningkatkan penjualan maupun subscribers.

Sayangnya, Anda adalah pengusaha, dan bukan seorang ahli di bidang ini. Sebaiknya Anda pun tetap pada spesialisasi Anda dan mencari jasa SEO murah dan terpercaya sesuai kebutuhan untuk optimasi website.