Kalibiru ialah pilihan dari tujuan wisata Puncak Suroloyo, yang semakin membuat Yogyakarta ialah tempat menyenangkan untuk nikmati situasi alam. Tempatnya juga masih tetap ada di Perbukitan Menoreh, yang masih tetap ada di daerah Kulon Progo. Pegunungan Menoreh ialah tempat yang ramah buat siapa saja, cuma berjarak satu jam berkendara dari Yogyakarta, udara dinginnnya akan tetap membuat siapa saja kangen untuk kembali ketempat ini.

Kalibiru
Kalibiru

Tidak lagi ada perasaaan yang terburu – buru oleh hiruk pikuk jalanan kota, semua pasti mendadak tenang serta tidak diduga tenteram di sini. Tidak keriuhan sepeda motor berseliweran, cuma jalanan lengang halaman asri di rumah-rumah masyarakat desa selama jalan ke arah Kalibiru.

Berwisata ke Kalibiru adalah pilihan tepat ketika lagi berwisata di Jogja. Banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi ketika kamu menggunakan jasa Paket Liburan Jogja dari TripJogja.co.id.

Kalibiru salah satu obyek wisata yang mempunyai tujuan wisata alam di Yogyakarta yang tengah menghangat akhir-akhir ini. – ialah sebab kehadiran media sosial. Ditambah lagi tempat Kalibiru ini tidak jauh. Tempatnya terdapat di samping barat Kota Yogyakarta, 40 Km.. Persisnya ada di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Siapa saja tidak menduga jika ada tempat yang menyenangkan seperti Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo. Walau sebenarnya awalnya tempat ini seringkali dilihat mata sebelah. Dengan kehadiran hutan Wisata Kalibiru, mengukuhkan jika Kabupaten Kulonprogo mempunyai pesona alam yang tidak kalah menarik dengan lokasi lainnya di Yogyakarta.

Baca juga : Mencari Souvenir Malioboro Yang Menarik

Tujuan yang semakin popular, si Kalibiru ini adalah hutan wisata yang diurus dengan baik oleh warga ditempat. Hidangan penting dari tempat ini ialah jalan treking yang cukuplah melawan, homestay yang nyaman, gardu pandang dengan view yang mengagumkan, camping ground, dan sarana outbond. Sesaat yang paling populer dari Kalibiru ialah panorama landsekap Perbukitan Menoreh yang menghijau dan pemandangan Waduk Sermo yang cantik.

Juga ada pada ketinggian seputar 450 mdpl, Kalibiru telah diperlengkapi dengan area parkir yang cukuplah luas, kios makanan, sarana mck yang bersih. Dijelaskan jika dari sana juga ada homestay atau pondok wisata yang sejumlah 6 buah. Masing – masing dari homestay sendiri dapat menyimpan 10 – 15 orang. Harga yang di tawarkan juga cukuplah bersaing, dari mulai IDR 120.000 per malam untuk satu homestay. Karenanya Kalibiru ini ialah tempat yang menyenangkan untuk gathering, atau bahkan juga satu wekend getaway retreat.

Seperti yang dijelaskan awalnya Kalibiru jadi begitu popular saat photo tempat ini tampil di satu account instagram. Yakni photo seorang tengah ada diatas menara pandang, satu pohon yang berada di Kalibiru dengan latar belakang Waduk Sermo serta lokasi Menoreh pada saat sunset. Nah, sebab photo itu Kalibiru juga jadi obyek wisata yang ngehits di Yogyakarta.