Kegunaan Minyak Cengkeh :

Kegunaan Minyak Cengkeh

Cengkih banyak dikenal sebagai bumbu masakan dan sebagai obat herbal berbagai penyakit. Cengkeh adalah kuncup bunga kering dari pohon cengkeh, juga dikenal sebagai Syzygium aromaticum.

Selain memiliki wangi yang khas, rempah-rempah tersebut bahkan dapat menghasilkan minyak yang memiliki beragam manfaat. Minyak cengkeh memiliki sifat anti-mikroba, antijamur, antivirus, antiseptik dan stimulasi yang tinggi, menjadikannya obat rumahan yang populer untuk berbagai penyakit.

Minyak cengkeh merupakan minyak esensial yang berasal dari pohon cengkeh. Minyak cengkeh diproduksi dengan menyaring kuncup bunga kering yang dikumpulkan dari pohon cengkeh. Selain itu, bagian pohon lainnya, seperti batang dan daun, juga dapat dimanfaatkan.

Minyak cengkeh, yang warnanya bervariasi dari tidak berwarna hingga kuning muda, memiliki aroma yang kuat dan seperti kacang. Minyak ini telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai tujuan.

Manfaat pertama minyak cengkeh untuk kesehatan gigi. Karena sifat disinfektan yang kuat dan senyawa yang disebut eugenol, minyak cengkih dapat digunakan untuk melawan sakit gigi, penyakit gusi dan sariawan dengan sangat efektif.

Karena sifat aromatiknya yang kuat, berkumur dengan minyak cengkih dan air hangat dapat membantu Anda melawan bau mulut. Cukup tambahkan empat tetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan kumur setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Memperkuat Imunitas

Manfaat kedua minyak cengkeh bisa memperkuat kekebalan tubuh. Minyak cengkeh bisa bekerja sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat antioksidan yang ada pada minyak ini dapat berperan melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Kuncup bunga cengkeh kering mengandung senyawa yang membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga meningkatkan hipersensitivitas tipe tertunda.

Melawan Infeksi

Manfaat ketiga minyak cengkih bisa digunakan untuk melawan infeksi. Diberkati dengan berbagai khasiat antiseptik, minyak cengkih dapat digunakan untuk mengobati luka, infeksi jamur, gigitan serangga, bahkan sengatan.

Namun, menggunakan minyak cengkih secara langsung bisa berbahaya. Jika lukanya terlalu perih, disarankan untuk mengencerkan minyak cengkih dengan menambahkan minyak almond atau minyak kelapa. Minyak tambahan ini akan mencegah kulit Anda dari luka bakar yang bisa disebabkan oleh penggunaan langsung minyak cengkih.

Manfaat keempat minyak cengkih adalah untuk mengobati radang tenggorokan, batuk dan masuk angin. Karena sifat anti-inflamasi yang tinggi, minyak cengkih dapat berguna saat Anda mengalami sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan sinusitis.

Mengkonsumsi minyak cengkih ekspektoran yang sangat baik tidak hanya dapat membersihkan saluran hidung dan membantu Anda meredakan masalah pernapasan, tetapi juga memiliki efek pendinginan pada rongga hidung dan tenggorokan.

Merawat Kulit

Manfaat kelima minyak cengkeh bisa digunakan untuk merawat kulit. Minyak cengkih mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang dikenal dengan sifat antibakterinya. Bahan ini telah terbukti efektif dalam menyembuhkan jerawat, mengurangi pembengkakan, dan membunuh bakteri penyebab infeksi pada saat yang bersamaan.

Campurkan 2 hingga 3 tetes minyak cengkih murni dengan krim kulit dan oleskan dengan lembut. Minyak cengkih juga dapat membantu melawan tanda-tanda anti penuaan. Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak cengkih ke bola kapas dan mengoleskannya ke wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Sifat merangsang minyak cengkih akan membantu mengelupas kulit mati dan meningkatkan aliran darah yang membantu menghidupkan kembali kulit awet muda Anda.

Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat minyak cengkeh lebih jauh lagi untuk mengobati gangguan pencernaan. Minyak cengkeh adalah salah satu pengobatan tertua untuk mengatasi gangguan pencernaan dan masalah perut.

Eugenol dalam minyak cengkih telah terbukti efektif dalam mengatasi masalah lambung seperti gangguan pencernaan dan perut kembung. Ini juga dapat berguna untuk mengobati cegukan dan mabuk perjalanan.

Manfaat minyak cengkeh selanjutnya adalah untuk merawat rambut. Menerapkan minyak cengkih pada kulit kepala Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengurangi rambut rontok dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minyak ini juga memberikan kilau pada rambut kering dan kusam. Sedikit minyak cengkih yang dicampur dengan minyak zaitun juga bisa berfungsi sebagai pelembab yang bagus.

Untuk hasil terbaik, oleskan campuran tersebut ke rambut basah, dan bungkus dengan handuk hangat. Biarkan selama dua puluh menit dan bilas dengan air dingin.

Menghilangkan Racun

Minyak cengkeh bisa berfungsi sebagai pembersih darah dan juga memperlancar peredaran darah. Ini membantu mengeluarkan racun dari darah. Ekstrak wangi dapat menurunkan kadar racun dalam darah Anda dan meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh yang selanjutnya akan memurnikan trombosit dan meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Mual

Minyak cengkeh bisa sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena bisa mengurangi efek morning sickness. Karena baunya yang menyengat, minyak cengkeh juga dapat digunakan sebagai bagian dari aromaterapi. Anda bisa mengoleskan minyak ini ke bantal Anda di malam hari sebelum menggunakannya untuk tidur.