Khasiat Minyak Kelapa untuk Bayi

khasiat minyak kelapa untuk bayi. sekarang kita akan membahas minyak kelapa, bayi di indonesia banyak karena banyak orang yang melahirkan. Nah kalian sudah tau apa belum khasit minyak kelapa untuk bayi.

Minyak kelapa tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, kecantikan, tetapi juga berkhasit untuk bayi. Tentu khasit yang dimiliki minyak kelapa beraneka ragam, untuk itu mari kita bahas satu persatu khasiat minyak kelapa untuk bayi

Khasiat Minyak Kelapa untuk Bayi

Namun ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mendapatkan manfaat dari minyak kelapa murni. Ini juga bisa turut dirasakan oleh bayi, terutama karena minyak kelapa aman digunakan oleh si kecil dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Berikut manfaat penggunaan minyak kelapa murni yang berkhasiat banyak bagi bayi.

1. Berfungsi sebagai baby oil

Seorang bayi sebetulnya tidak memerlukan pelembab, karena kulitnya terlapisi oleh vermix saat lahir. Ada kalanya di beberapa tempat terjadi kulit kering seperti di sekitar leher. Oleskan minyak kelapa murni agar kulit menjadi lembab dan sekaligus dapat mencegah timbulnya jamur.

2. Nutrisi rambut

Beberapa bayi lahir dengan rambut yang tipis. Agar rambut tumbuh subur, setelah mencukur habis rambut lahirnya oleskan minyak kelapa murni pada kulit kepala bayi sambil memijat secara perlahan. Biarkan 30 menit lalu bilas. Lakukan hal secara secara teratur.

3. Mengatasi bintik-bintik merah

Masalah yang kerap ditemui bayi yang menggunakan pampers adalah ruam iritasi bintik-bintik merah di sekitar paha. Minyak kelapa murni dapat menjadi obat alami untuk masalah ini. Kandungan vitamin dan lemak alami akan melembabkan kulit bayi, memberikan nutrisi dan mengobati iritasi.

4. ‘Kerak’ kepala bayi

Istilah asingnya cradle capatau kerak yaitu bercak sisik tebal di kulit kepala. Oleskan minyak kelapa murni pada kulit kepala bayi yang terdapat kerak dan biarkan selama 20 menit. Gunakan sisir yang lembut untuk melepaskan sisik-sisik.

5. Pengobatan eksim

Kandungan vitamin dan antioksidan pada minyak kelapa murni dapat mengatasi kulit kering dan eksim. Oleskan di tempat yang gatal dan biarkan beberapa saat niscaya eksim akan membaik.

6. Minyak pijat

Kita semua sadar manfaat pijatan untuk bayi. Penggunaan minyak kelapa murni yang tidak mengandung bahan kimia sangat tepat untuk kulit bayi yang lembut. Pijitan akan menenangkan sang bayi dan membuatnya tidur pulas.

7. Pengobatan jamur

Minyak kelapa murni merupakan bahan yang sempurna sebagai anti bakteri. Di dalamnya terdapat kandungan asam laurat yang diubah menjadi monolaurin dalam tubuh. Ini merupakan makanan kaya gizi dan berfungsi untuk melindungi bayi dari bakteri, jamur ataupun virus.

8. Makanan tambahan bayi

Kandungan asam laurat yang tinggi juga ditemukan dalam ASI yang meningkatkan daya cerna sehingga mampu sebagai pelindung. Tambahkan minyak ini bersama sayuran yang kaya vitamin, seperti vitamin A, D, E dan K yang mampu membantu penyerapan nutrisi bagi bayi MPASI.

9. Menyembuhkan luka

Kandungan antioksidan minyak kelapa murni merangsang pembentukan kolagen, salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Ketika kulit terluka dan dioleskan minyak kelapa murni, maka kolagen akan terbentuk dan mempercepat penyembuhan luka.

10. Pengobati iritasi pada puting

Seringkali ibu menyusui mengalami lecet iritasi pada puting payudara. Oleskan minyak kelapa murni pada puting dan di bibir bayi, niscaya iritasi akan hilang.

11. Jaga Kelembaban Kulit Bayi dengan Olesan Minyak Kelapa

Kulit bayi memang cenderung lebih sensitif dan mudah kering karena belum mampu menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca dan suhu. Sayangnya, pelembab bayi yang dijual di pasaran terkadang mengandung bahan kimia dan pewangi yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Sebagai alternatifnya, Lemomoms bisa menggunakan minyak kelapa murni sebagai pelembab kulit bayi karena minyak kelapa membantu meningkatkan hidrasi kulit serta kandungan lipid pada kulit.

12. Atasi Masalah Ruam Popok dengan Minyak Kelapa

Ruam popok adalah masalah yang biasa terjadi pada bayi. Atasi masalah ini dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian yang terkena ruam. Khasiat anti bakteri pada minyak kelapa murni akan mengatasi ruam popok dan mencegah ruam popok kambuh kembali.
Minyak kelapa murni juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah masalah kulit. Karena itu, minyak kelapa murni bisa digunakan saat memijat bayi agar kesehatan kulit bayi lebih terjaga.

13. Olesan Minyak Kelapa Bisa Hilangkan Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik atau cradle cap adalah kerak berwarna kuning pada bayi yang sepintas mirip ketombe. Masalah ini disebabkan oleh jamur dan biasanya terjadi di kulit kepala, lipatan kulit, wajah, leher, dan telinga bayi. Khasiat antijamur dari kandungan minyak kelapa murni dapat membantu mengatasi masalah dermatitis seboroik ini.
Cara penggunaannya, bisa dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh bayi yang berkerak. Diamkan selama beberapa saat hingga kerak menjadi lembut. Lalu singkirkan kerak perlahan-lahan dengan sisir atau sikat lembut.

14. Oleskan Minyak Kelapa di Dada Bayi Untuk Redakan Gangguan Hidung Tersumbat

Hidung si kecil tersumbat karena pilek? Lemomoms bisa campurkan minyak kelapa murni dengan minyak esensial seperti minyak eukaliptus atau peppermint yang memiliki aroma segar. Lalu oleskan campuran minyak ini pada dada bayi. Masalah hidung tersumbat yang dialami si kecil pun bisa diatasi tanpa bantuan bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya bagi bayi.

15. Antioksidan Pada Minyak KelapaBisa Bantu Mengatasi Eksim Pada Bayi

Eksim yang menyerang bayi dapat mengakibatkan kulitnyamenjadi sangat kering dan gatal. Minyak kelapa akan membantu melembabkan kulit si kecil. Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak kelapa juga akan membantu mengatasi eksim. Manfaat antimikroba dari minyak kelapa juga membantu menurunkan pertumbuhan kuman.

16. Minyak Kelapa Bantu Sembuhkan Sariawan

Bayi dapat mengalami sariawan sebab sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang sempurna. Bila tidak diatasi dengan baik, bayi jadi sulit menyusu. Mengingat asupan makanan bayi berusia di bawah 6 bulan hanya berasal dari ASI, sariawan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Meskipun bisa diobati dengan obat-obatan antijamur, sariawan juga bisa coba diatasi dengan minyak kelapa murni. Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada puting susu ibu sebelum menyusui. Khasiat antijamur dari minyak kelapa murni bisa membantu mengatasi sariawan yang dialami si kecil.

17. Oleskan Untuk Obati Gigitan Serangga Pada Kulit Bayi

Gigitan serangga tentu terasa panas dan gatal terutama bagi bayi. Untuk mengatasinya bisa dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa murni pada bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan selama beberapa saat. Minyak kelapa murni memiliki manfaat anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

Khasiat Minyak Kelapa untuk Bayi

setelah membahas untuk bayi, maka lebih baiknya kalian tahu untuk kulit bayi. Berikut beberapa yang akan kami jelaskan kepada kalian semua :

1. Minyak kelapa untuk pijat bayi dan perawatan kulit

Sejak dahulu, minyak kelapa sudah dimanfaatkan sebagai minyak pijat bahkan untuk semua umur. Alasanya adalah karena, minyak kelapa tidak menimbulkan iritasi pada kulit, sehingga bisa dijadikan untuk pilihan tepat untuk memijat bayi. Memijat bayi dengan minyak kelapa juga dapat melembabkan kulit bayi, sehingga baik untuk perawatan kulit bayi yang masih sangat sensitif.

2. Sebagai perawatan rambut

Merawat rambut bayi merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi para Moms, bayi yang memiliki rambut sehat dan rapi tentu menjadikan bayi semakin imut dan lucu. Memanfaatkan minyak kelapa untuk perawatan rambut bayi dapat Moms lakukan secara perlahan dan lembut kepada bayi, hal ini juga bisa membuat bayi lebih rileks dan tenang.

3. Mengurangi pengelupasan kulit kepala bayi

Sudah menjadi hal yang umum jika kulit kepala bayi seringkali mengalami Cradle cap. Cradle cap adalah masalah yang sering sekali dialami bayi. Cradle cap merupakan dermatitis yang terjadi di kulit kepala bayi dan terlihat seperti ketombe. Moms bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk membantu mengurangi Cradle cap, caranya usapkan secara merata minyak kelapa pada kepala bayi secara perlahan, kemudian diamkan selama 20 menit, setelah didiamkan selama 20 menit Moms bisa mensisirnya secara perlahan untuk membersihkan Cradle cap.

4. Untuk iritasi popok

Bayi yang mengalami iritasi karena pemakaian popok tentu akan merasa tidak nyaman dan menjadi rewel. Pemakaian minyak kelapa untuk iritasi kulit akibat pemakaian popok tidak boleh dibiarkan karena akan membuat bayi kurang nyaman, Moms bisa mengoleskan minyak kelapa pada bagian iritasi tersebut secara perlahan dan lembut. Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk mengobati ruam atau iritasi popok karena tidak mengandung bahan kimia seperti obat atau gel iritasi lainya.

5. Meredakan Gatal karena gigitan serangga

Gigitan akibat serangga tentu sangat membuat bayi tidak nyaman, sebagai orang tua yang mengalami hal ini tentu menjadi khawatir. Jika bayi tergigit serangga Moms bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai alternatif untuk menangani hal ini. Caranya adalah Moms bisa mengoleskan minyak kelapa pada bayi, penggunaan minyak kelapa dalam hal ini sangat baik karena minyak kelapa mengandung asam lemak yang memiliki sifat anti serangga. Selain itu sifat inflamasi dan emolien yang ada pada minyak kelapa akan mengurangi rasa sakit pada kulit yang disebabkan gigitan serangga.

6. Mengobati luka bakar dan benturan

Pengobatan pada kulit karena luka bakar merupakan hal yang harus segera dilakukan karena jika tidak maka luka bakar akan menimbulkan bekas yang sangat mengganggu pada penampian kulit. Minyak kelapa murni memiliki sifat antimikroba dan beberapa senyawa bioaktif lainnya yang dapat membantu penyembuhan. Namun, disarankan untuk mencari nasihat medis sebelum melanjutkan dengan pengobatan rumahan. Pengobatan luka bakar dengan menggunakan minyak kelapa dapat menyamarkan bekas luka akibat luka bakar.

7. Mengurangi bibir kering dan pecah-pecah

Tidak jarang memang kondisi bayi yang masih sensitif salah satunya pada bagian bibir bayi membuat bibir menjadi pecah-pecah, hal ini dipengaruhi karena bayi masih sangat sensitif terhadap suhu. Kondisi bibir bayi yang mengalami pecah-pecah dan kering bisa menjadi masalah pelik bagi Si Kecil, terutama karena menyulitkan bayi untuk menyusu. Mom bisa menggunakan Minyak kelapa untuk mengoleskannya secara perlahan pada bibir bayi agar tetap lembab pada suhu tertentu.

Untuk Moms Minyak kelapa sangat baik digunakan untuk memasak, Ibu menyusui dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak atau mengkonsumsinya dengan cara lain. Konsumsi minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan aliran ASI.

Kandungan pada asam laurat pada minyak kelapa sangat bermanfaat bagi ibu dan bayinya. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan kekebalan dan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan.

Khasiat Minyak Kelapa untuk Rambut Bayi

Melembutkan rambut

Minyak kelapa bermanfaat juga sebagai bahan pelembap alami yang dapat menghidrasi kulit kepala bayi. Selain itu, juga dapat melembutkan kulit kepala dan rambut sehingga terhindar dari kekeringan dan bersisik.

Merawat rambut

Dalam sebuah esai yang dipublikasikan di The Journal of Cosmetic Science, perawatan dengan menggunakan minyak kelapa dapat mencegah kerusakan rambut, apa pun jenis rambut yang dimiliki si bayi. Itu karena kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa memiliki afinitas tinggi untuk protein agar dapat menembus ke dalam batang rambut dan melindungi rambut dari kerusakan.

Merangsang pertumbuhan rambut

 Minyak kelapa mengandung vitamin E dan K yang dapat diserap dengan baik hingga ke dalam kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, asam lemak yang kaya di dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Kandungan ini membantu menutrisi kulit kepala dan membantu menghilangkan sebum yang menumpuk dari folikel rambut. Dengan begitu, rambut tumbuh dengan sehat dan subur.

Menguatkan rambut

Nutrisi yang terkandung dalam minyak kelapa, seperti asam lemak dan protein, akan membantu merangsang akar dan helaian rambut menjadi lebih kuat. Rambut Si Kecil pun akan terhindar dari kerontokan.

Mencegah rambut kusut dan kasar

Pada awal-awal bayi baru lahir, rambutnya akan terasa lembut. Namun rambutnya yang terkena gesekan dengan permukaan bantal atau tempat tidur, dapat membuat rambut di bagian tertentu menjadi keriting dan kasar.

Jenis-jenis Minyak Kelapa untuk Bayi

Khasiat Minyak Kelapa untuk Bayi

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk berbagai hal, mulai dari memasak, perawatan kecantikan, sampai untuk kulit bayi.

Berikut adalah tiga jenis minyak kelapa yang bisa digunakan pada bayi:

Minyak kelapa murni

Minyak ini diekstrak dari daging buah kelapa yang dikeringkan di bawah sinar matahari.

Caranya adalah dengan menggiling dan menghancurkan daging buah kelapa kering tersebut sampai minyaknya keluar. Minyak kelapa murni tidak mengandung bahan kimia tambahan apa pun.

Virgin coconut oil (VCO)

Perbedaan yang paling terlihat dari Virgin Coconut Oil (VCO) adalah pada proses ekstraksinya. 

VCO diambil dari santan kelapa sehingga tidak mengalami proses pengeringan dan tidak dipanaskan di bawah sinar matahari. 

Maka aroma VCO pun lebih segar dari minyak kelapa murni. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam VCO juga lebih kaya karena tidak melalui pemanasan.

Minyak kelapa organik

Minyak kelapa organik adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) yang diekstrak dari pohon kelapa yang tumbuh secara organik. 

Ini berarti dalam perawatan dan pertumbuhannya, pohon kelapa tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan kimia apa pun seperti pupuk kimia atau pestisida.

Bayi

kita akan memabahas beberapa hal tentang bayi yang wajib calon ibu tahu!

Persiapan untuk Merawat Bayi Baru Lahir

Sebelum bayi lahir ke dunia ini, Moms dan Dads harus mempersiapkan beberapa persiapan terlebih dahulu supaya nantinya ketika si kecil sudah lahir, semua persiapan sudah matang. Cek dulu apa saja persiapan cara merawat bayi yang perlu dilakukan yuk!

• Perlengkapan Baju Bayi

Pertama Moms harus mempersiapkan perlengkapan baju bayi. Pilih baju bayi yang nyaman dan tidak panas. Selalu pilih ukuran baju bayi yang sedikit lebih besar karena bayi baru lahir akan cepat tumbuh besar. Tak hanya itu saja, sebaiknya pilih baju bayi yang memiliki kancing depan supaya memudahkan Moms saat mengganti baju si kecil.

• Perlengkapan Mandi Bayi

Selanjutnya Moms harus menyediakan perlengkapan mandi bayi. Untuk perlengkapan mandi bayi yang Moms perlukan adalah bak mandi bayi, kain washlap, sabun mandi, sampo, body lotion, diaper rash bayi, baby oil, handuk bayi, minyak telon, perlak, dan tisu basah khusus bayi.

• Perlengkapan Tidur Bayi

Selain perlengkapan baju bayi dan perlengkapan mandi bayi, Moms juga harus menyiapkan perlengkapan tidur si kecil seperti kasur atau baby box, seprai berbahan lembut, bantal bayi, selimut, alas bayi, dan kelambu supaya si kecil terhindar dari gigitan nyamuk.

• Perlengkapan Kesehatan Bayi

Perlengkapan kesehatan bayi juga tak boleh ketinggalan dalam daftar persiapan merawat bayi baru lahir karena pada dasarnya bayi sangat rentan terhadap penyakit. Beberapa perlengkapan kesehatan bayi yang diperlukan adalah termometer bayi, kain kasa, alkohol 70%, sisir bayi, kapas steril, sedotan ingus, dan gunting kuku bayi.

• Perlengkapan Menyusui dan Susu Bayi

Bayi yang baru lahir belum bisa menyantap makanan lain selain susu. Oleh karena itu, cara merawat bayi baru lahir adalah dengan menyiapkan perlengkapan menyusui seperti breast pads, gurita, breast pump, dan botol penyimpanan ASI (Air Susu Ibu). Selain perlengkapan menyusui, Moms perlu juga menyediakan susu formula bayi. ASI memang penting, tapi Moms juga harus menambah gizi untuk si kecil dengan tambahan susu formula bayi. Susu formula juga bisa menjadi solusi jika ASI susah keluar.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Jika persiapan untuk merawat bayi baru lahir sudah matang, kini saatnya Moms mengetahui cara merawat bayi baru lahir, yaitu:

• Bayi Harus Menyusui Setiap 1-2 Jam

Cara merawat bayi baru lahir yang pertama adalah perhatikan waktu menyusunya. Bayi baru lahir pada dasarnya memiliki ukuran lambung yang sangat kecil sehingga untuk menjaganya agar tidak sampai kelaparan, maka Moms perlu memberikan susu dalam jumlah sedikit tapi sering. Setidaknya Moms harus menyusui setiap 1-2 jam sekali.

• Bayi Baru Lahir Akan Tidur 16-18 Jam Per Hari

Cara mengurus bayi baru lahir selanjutnya adalah memperhatikan jam tidurnya. Bayi yang baru lahir memiliki durasi tidur yang lebih lama. Rata-rata jam tidurnya bisa berkisar antara 16-18 jam per hari. Sebagian besar bayi baru lahir hanya akan tertidur sebentar di malam hari dan tertidur di pagi dan siang hari.

• Selalu Jaga Kehangatan Tubuh Bayi

Suhu tubuh bayi baru lahir juga perlu diperhatikan karena ini menjadi salah satu cara merawat bayi baru lahir yang benar. Berhubung tubuh bayi masih sedikit mengandung lemak, maka si kecil akan mudah kedinginan. Moms bisa menjaga kehangatan bayi dengan membedongnya atau menggunakan pakaian bayi yang hangat serta memakaikan topi, sarung tangan, hingga kaus kaki.

• Perhatikan Kuku Bayi

Untuk merawat bayi baru lahir, Moms harus memperhatikan kuku bayi. Kuku bayi yang baru lahir memang lembut dan tipis sehingga bisa membuat Moms tidak tega untuk memotongnya. Tapi mau tak mau Moms harus memotong kuku bayi karena jika tidak dipotong, bayi kerap kali memasukkan tangan ke mulut dan menggaruk-garuk wajah sehingga ditakutkan jika kukunya panjang akan melukai bagian tubuhnya yang lain.

• Jaga Kebersihan Badan, Pakaian, dan Tempat Tidur Bayi

Bayi yang baru lahir merupakan makhluk paling sensitif, jadi usahakan untuk terus menjaga kebersihan badan dan ruangan. Inilah salah satu cara merawat bayi baru lahir. Pastikan sirkulasi udara berfungsi dengan sempurna sehingga bayi bisa terus mendapat udara segar. Untuk pakaian, gunakan deterjen cair khusus bayi karena tidak menyisakan residu di pakaian yang bisa menyebabkan iritasi kulit pada bayi. Serta gunakanlah produk-produk yang khusus untuk bayi.

• Rawat Tali Pusar yang Bayi yang Baru Lahir

Tali pusar bayi memang akan putus dengan sendirinya selama beberapa hari setelah dilahirkan. Oleh karena itu, Moms harus ekstra hati-hati dalam memperlakukan tali pusar yang belum putus ini supaya tidak terjadi infeksi. Moms bisa terus memastikan agar tali pusar dan area sekitarnya tetap kering.

• Kenali Penyakit Bayi yang Baru Lahir

Bayi yang baru lahir memang sangat rentan terkena penyakit sehingga Moms harus mengenali apa saja penyakit bayi baru lahir yang seringkali terjadi. Dengan begitu, Moms bisa merawat bayi baru lahir dengan tepat. Beberapa penyakit bayi baru lahir adalah kolik, infeksi mata, lidah berjamur, demam pasca imunisasi, kulit kemerahan karena ruam popok, hingga hidung mampet.

Penutup

Akhir kata dari kami, semoga bisa bermanaat untuk kalian semua!

itulah beberapa khasiat minyak kelapa untuk bayi. semoga kalian bisa paham dan mengerti. terimakasih telah berkungjung diartikel kami

apabila kalian bermasalah terkait mesin kelapa atau mesin produksi lainya bisa kunjungi rumahmesin.com