Musim mudik menjadi masa di mana mobil melakukan kerja berat apalagi anda yang harus melakoni perjalanan jarak jauh demi berlebaran di kampung halaman dengan di antaranya terjebak dalam kemacetan panjang berjam-jam akibat peningkatan volume kepadatan kendaraan di jalanan.

Oleh karena itu, berikut sejumlah langkah perawatan yang sebaiknya anda lakukan seusai melakukan perjalanan mudik seturut laman Asuransi Astra, Minggu., toyota bus pariwisata pekanbaru

Pertama, segera cuci mobil anda yang tentunya telah menjadi sarang debu terlebih jika musim mudik berbarengan dengan musim penghujan.

Pastikan selama mencuci agar bagian kolong mobil juga dicuci dengan bersih, jika perlu manfaatkan jasa pencucian mobil demi memastikan hal itu tercapai.

Kemudian lakukan pula spooring roda agar kondisi tetap seimbang, mengingat mobil baru saja melalui berbagai macam kondisi jalanan, termasuk mungkin yang berlubang dan penuh bebatuan.

Kedua, lakukan pengecekan kondisi rem secara menyeluruh mulai dari rem depan, belakang hingga rem parkir, jika kondisinya sudah tidak mendukung segera lakukan penggantian kanvas serta minyak rem.

Ketiga, bagi anda yang menggunakan mobil bertransmisi manual, periksalah kondisi kopling dengan cara yang sederhana yakni memasukkan transmisi ke gigi dua atau tiga kemudian secara perlahan menginjak pedal kopling bersamaan dengan menginjak pedal gas dan rem.

Apabila mesin mati saat pegal gas dan rem diinjak, maka kondisi kopling baik, sementara jika mesin tetap menyala berarti kanvas kopling mengalami slip dan sebaiknya segera lakukan penggantian.

Sementara bagi anda yang mengendarai mobil bertransmisi otomatis, periksalah kondisi oli transmisi otomatis mobil anda.

Keempat, periksalah kapasitas oli mesin lewat tongkat pengukur dan sebaiknya lakukan penggantian meskipun baru menempuh jarak 2.000 km, sebab, oli tersebut baru saja bekerja keras menempuh putaran tinggi dan kemacenan selama berjam-jam serta ada kemungkinan kotor akibat karbon, asam dan zat kotoran lain dari proses pembakaran.

Kelima, periksalah saringan oli, busi, saringan udara dan saringan bahan bakar dan pastiakan anda membersihkan segala kotoran yang menempel pada elemen-elemen tersebut agar kerjanya kembali maksimal.

Keenam, lakukan pemeriksaan terhadap kaki-kaki mobil terutama jika anda sepanjang perjalanan mudik kerap melalui jalanan rusak atau mengangkut beban yang berat.

Sebaiknya anda membawa mobil anda ke bengkel spesialis kaki-kaki dan segera lakukan perbaikan ataupun penggantian jika diperlukan.

Ketujuh, periksalah bantalan roda dan laher, apabila timbul suara mendengung yang kian lama kian keras saat mobil dikemudikan, berarti bantalan roda sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

Terakhir, periksalah ketinggian air dalam radiator, mengingat air radiator biasanya akan berkurang setelah mesin bekerja keras, dan jika perlu tambahkan coolant apabila ketinggian air radiator tidak mencapai level maksimal bahkan apabila terpaksa gunakan air minum kemasan.