Sebuah masjid dibangun megah karena berfungsi untuk menampung para jamaah yang memerlukan sebuah bangunan cukup besar. Salah satunya yaitu Masjid Nasir Al-Mulk. Letaknya di wilayah Shiraz, lebih tepatnya di Goade-e-araban.

Masjid Nasir Al-Mulk didirikan pada masa Qajar dan masih digunakan di bawah perlindungan Yayasan Nasir Al-Mulk. Dibangunnya masjid ini pada tahun 1876 atas perintah Mirza Hasan Ali Nasir dan selesai dibangun pada tahun 1888. Masjid ini kental dengan budaya Iran yang dirancang oleh arsitek bernama Muhammad Hasan Al-Mimar dan Muhammad Reza Kashi Paz Al-Shirazi.

Apabila dilihat dari luar, Masjid Nasir Al-Mulk tidak seperti masjid terbuka pada umumnya. Tetapi, eksterior jendelanya yang menggunakan kaca patri fungsinya untuk menyembunyikan pandangan dari luar masjid ke interior bagian dalam masjid yang indah dan berwarna-warni.

Penggunaan bata ekspos dominan terlihat di aula Masjid Nasir Al-Mulk. langit-langit masjid berbentuk kubah khas timur tengah serta dihiasi dengan ornamen warna biru gelap.

Berpindah ke ruang masjid yang digunakan untuk ibadah, semakin membuat decak kagum. Tiang-tiang dibuat sejajar dengan pintu dan jendela. Karena banyaknya jendela kaca patri sehingga mengubah bagian dalam masjid menjadi warna-warni ketika terkena sinar matahari.

Jendela pada masjid ini memang dibangun untuk menangkap sinar matahari pada pagi hari. Melihat matahari pagi bersinar melalui kaca patri yang berwarna-warni, kemudian jatuh di atas persion karpet tenunan yang sudah terpasang, sehingga menyihir seperti datang dari dunia lain.

Di langit-langit interior masjid terdapat cekungan yang disebut Panj Kaseh-i (lima cekungan). Cekungan ini mempunyai filosofi rukun Islam serta menjadi desain yang paling banyak digunakan di masjid-masjid tradisional Iran.

Masjid ekstensif memakai kaca yang berwarna dan ubin yang warnanya merah muda. Masjid ini juga mendapat julukan Masjid Pink. Beberapa jendela kaca patri di dalam masjid berubah menjadi wonderland dengan warna yang sangat menarik. Ditambah dengan ornamen yang indah dicat di langit-langit dengan lengkungan indah dan rumit, secara keseluruhan interior masjid ini sangat jarang dimiliki oleh arsitektur masjid pada umumnya.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubahmasjidindo.com/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.