Konsentrat Untuk Sapi

Konsentrat Babi Untuk Sapi

Konsentrat babi untuk sapi – Biaya tertinggi dalam bisnis peternakan adalah pakan, bisa mencapai 70%, terutama di bisnis komersial.

Salah satu kondisi nyata pada peternakan kecil adalah kemampuan ekonomi peternak yang masih relatif rendah.

Sehingga sering terjadi sebagian besar ternak yang didomestikasi tidak mendapatkan pakan konsentrat karena harga pakan konsentrat relatif mahal.

Sebelum mengulik konsentrat lebih dalam lagi, jangan lupa untuk menyimak cara membuat kue salju tanpa oven yang super praktis ala homeshamiltoncounty.com.

Konsentrat merupakan bahan pangan dengan nilai gizi yang tinggi. Konsentrat kaya akan protein dan energi, sehingga harganya sangat mahal.

Oleh karena itu, untuk menghemat biaya pakan, konsentrat dapat dibuat dari bahan-bahan lokal yang murah dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Pakan konsentrat sangat penting dalam usaha ternak sapi. Salah satu jenis konsentrat yang sering digunakan untuk pakan ternak adalah konsentrat babi.

Bagaimanakah konsentrat babi yang tepat untuk sapi? Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Konsentrat Babi Untuk Sapi

Konsentrat Babi Untuk Sapi

Sebaiknya sesuaikan komposisi konsentrat babi dengan kebutuhan nutrisi ternak Anda seperti dijelaskan di atas.

Dengan begitu, Anda bisa membuat konsentrat pakan babi sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di lingkungan Anda.

Lalu bagaimana cara membuat konsentrat pakan babi sendiri? Agar tidak sulit, ikuti contoh komposisi pusat daging babi di bawah ini:

  1. Pertama, tentukan berapa persentase kandungan protein dalam konsentrat babi Anda. Misalnya membuat pakan konsentrat dengan kandungan protein 16-17%, dengan protein mudah dicerna 66-68%.
  2. Kedua, tentukan bahan makanan yang ada di sekitar Anda. Untuk lebih jelasnya simak contoh cara membuat konsentrat 214 kg berikut ini:

Bahan-bahan:

  • Dedak padi 47,5 kg.
  • Pollard 46,5 kg.
  • Bungkil kelapa 37,5 kg.
  • Onggok cacahan 15 kg.
  • Kulit kopi cacahan 25 kg.
  • Kulit coklat cacahan 25 kg.
  • Tetes tebu 12,5 kg.
  • Kapur 5 kg.
  • Garam ½ kg.
  • Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan 2,5 liter.

Alat-alat:

  • Timbangan
  • Sekop atau alat pengaduk bahan pakan
  • Terpal
  • Bak atau wadah besar tertutup

Proses Membuat Konsentrat Babi

Komposisi konsentrat babi telah ditunjukkan di atas, yang dapat Anda pilih. Anda juga bisa mengganti bahan-bahan tersebut dengan bahan lain yang ada di sekitar Anda.

Sementara itu, untuk membuat pakan hijau bisa menggunakan mesin pencacah rumput multifungsi. Supaya hasilnya lebih bagus.

Setelah menyiapkan alat dan bahan, langkah selanjutnya adalah mengolah bahan pakan babi agar menjadi konsentrat yang baik dan memiliki umur simpan yang lama sekitar 1-2 bulan.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah membuat konsentrat babi:

  1. Timbang semua bahan di atas agar sesuai dengan ukuran.
  2. Campur dedak padi, bungkil kelapa, pollard, cacahan onggok, cacahan kulit kopi, garam, kapur serta cacahan kulit coklat di atas terpal yang digelar.
  3. Sambil diaduk dengan sekop, tuangkan perlahan Suplemen Organik Cair Spesialis Ternak GDM dan tetes tebu. Hal ini agar bahan-bahan tersebut dapat tercampur secara merata.
  4. Setelah proses pengadukan selama beberapa waktu, Anda dapat memeriksa apakah bahan-bahannya tercampur dengan baik.
  5. Setelah memastikan semua bahan atau wadah besar yang ada penutupnya.
  6. Proses pembuatan konsentrat sederhana selesai. Tempatkan konsentrat yang sudah dibuat di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Dengan cara ini, Anda dapat memberikan pakan harian untuk ternak. Oleh karena itu, tidak perlu repot untuk menyiapkan atau mencampur makanan secara berulang setiap hari.

Bagaimana? Mudah, murah dan praktis bukan? Ya, hanya dengan menambahkan Suplemen Cair Organik Spesialis Hewan GDM, bahan pakan Anda bisa lebih mudah dicerna oleh ternak.

Manfaat Menggunakan Probiotik Babi

Selain lebih mudah dicerna, nutrisi dalam pakan juga lebih mudah diserap oleh babi.

Hal ini karena suplemen organik cair GDM Animal Specialist mengandung multivitamin, mineral esensial dan non esensial, serta bakteri baik yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan babi.

Beberapa jenis bakteri yang terkandung dalam produk ini adalah.

  • Bacillus mycoides
  • Mikrokokus roseus
  • Bacillus pumillus
  • Pseudomonas alcaligenes
  • Bacillus brevis

Kelima jenis bakteri baik ini berperan penting dalam meningkatkan daya cerna ternak, meningkatkan kekebalan ternak, mencegah serangan penyakit pada babi, dan menjadikan babi lebih sehat.

Sehingga babi dapat tumbuh dan berproduksi lebih cepat.

Wah sudah jelas, ya cara membuat konsentrat babi dan bagaimana memilih komposisi konsentrat babi.

Demikianlah ulasan konsentrat babi untuk sapi. Semoga bisa membantu. Cari tahu juga berbagai mesin penunjang kegiatan peternakan Anda di Rumah Mesin.