Bagaimana ketika kita belum tahu sama sekali tentang mesin Chiller? Bagaimana pula agar kita mudah memahami komponen, perawatan juga perbaikan ketika terjadi masalah?

Begini cara saya mengetahui apa saja kunci memahami mesin chiller sampai bagaimana cara service mesin chiller dan jasa service AC Jakarta Pusat.

Apa itu mesin chiller?

Mesin chiller adalah alat refrigerasi yang berfungsi untuk mendinginkan suatu bangunan, biasanya bangunan yang besar, seperti mall, hotel, rumah sakit, dll. Chiller berbeda dengan AC, meskipun memiliki fungsi yang sama sebagai pendingin ruangan.

Perbedaannya terletak pada media yang didinginkan, AC akan langsung mendinginkan udara di dalam ruangan yang dikehendaki, sedangkan chiller mendinginkan air, yang kemudian air dingin ini digunakan untuk mendinginkan ruangan.

Bagaimana agar kita memahami Chilller dengan mudah?

Sederhana saja, mesin chiller ini memiliki beberapa komponen dimana ukurannya yang besar dan tata letaknya yang harus strategis, maka perlu kita memahami bagian penting dari mesin chiller ketika kita hendak mengetahui bagaimana perawatan dan servicenya.

Mesin chiller ini termasuk mesin dengan sistem refrigasi, artinya sistem dalam mesin chiller ini memiliki  empat tahapan yaitu evaporasi, kompresi, kondensi dan ekspansi.

Tahapan ini sangat penting untuk kita yang ingin atau sedang mempelajari service mesin chiller, sebaiknya perlu juga untuk terus memahami satu per satu.

Pada tahap awal, proses kompresi ini dimulai ketika refrigerant meninggalkan evaporator, atau proses penguapan air dari evaporator telah mengalir ke kompresor.

Kemudian refrigerant/zat yang akan digunakan dengan temperatur tinggi, dialurkan menuju ke kondensor.

Pada kondensor, refrigerant mengalami fase perubahan zat gas menjadi cair dan memiliki temperatur rendah, tetapi tekanan refrigerant masih tinggi. Dari kondensor,  refrigerant dialirkan menuju ke exvantion valve atau alat ekspansi.

Di dalam exvantion valve ini terjadi penurunan tekanan pada refrigerant, sehingga refrigerant berbentuk cair dan memiliki temperatur rendah tersebut dialirkan menuju ke evaporator.

Nah, di evaporator ini refrigerant dimanfaatkan untuk mendinginkan media air menuju ke ruangan, dan akan kembali lagi tersedot melalui evaporator kemudian kembali diproduksi seperti awal pada kompresor.

Jika kita telah mengetahui komponen utama dan siklusnya, maka kita mengetahui pula problem dan perawatannya, biasanya perawatannya dengan cara checking mulai dari display monitor, pipa-pipa, panel dan tegangan listrik sampai tabung.

Jika dalam penanganan secara serius bisa mengganti komponennya terutama kompresor, pembersihan tabung dan jika kala pemakaiannya sudah 5 tahun, sebaiknya mengganti suku cadang pada komponen utamanya.

Sedikit pembahasan dari saya tentang mesin chiller, meskipun sedikit rumit jika kita mau memahaminya maka tidak ada kemungkinan untuk bisa terjun untuk membenahinya. Terima kasih.