Mengaplikasikan hidup sehat, satu diantaranya dengan jaga kebersihan badan selama seharian. Jaga kebersihan badan tidak cuma dengan mandi lho, tetapi juga dengan pastikan tangan selalu bersih, begitupun dengan gigi. Menjaga gigi masih tetap sehat dan bersih tidak cuma penting untukmu sendiri, tetapi juga akan menolong menahan penyakit dan penebaran infeksi ke orang lain.

Nach, ingat keutamaan menjaga gigi semenjak kecil, Moni akan kasih kamu beberapa panduan yang dapat dilaksanakan untuk jaga gigimu selalu sehat dan bersih selama melakukan aktivitas tips work from home.

  1. Lihat Tipe Makananmu, Awasi Makanan dan Minuman yang Manis
    Batasi minuman dan makanan yang manis berpengaruh pada menyusutnya kandungan gula yang masuk. Gula yang berada di mulut nanti akan diganti jadi asam, yang selanjutnya akan mengurangi perlahan-lahan e-mail gigi (susunan gigi yang keras). Makin banyak kandungan gula yang dimakan, karena itu makin tinggi asam yang bakal berkenaan gigi.

Tersisa makanan jadi pemicu lubang pada gigi (caries) gampang terjadi. Ini karena tersisa makanan yang melekat pada gigi selanjutnya diganti oleh bakteri normal yang berada di mulut jadi asam. Asam bisa meleburkan mineral pembentuk gigi dikit demi sedikit yang pada akhirnya terjadi lubang. Pasti, kamu tidak disuruh untuk tidak bisa konsumsi makanan yang memiliki kandungan gula sama sekalipun. Tetapi, awasi konsumsi seperlunya.

  1. Tidak boleh Lupa Sikat Gigi Saat sebelum Tidur
    Disarankan sikat gigi 2x satu hari, tiap pagi sesudah makan pagi dan saat sebelum tidur. Tetapi, beberapa orang sering lupa bahkan juga malas menggosok gigi saat sebelum tidur. Mengapa penting menggosok gigi saat sebelum tidur?

Karena beberapa sisa makanan yang berada di gigi (dan sering kamu tidak sadar mengenai itu) tetap tinggal pada gigi sepanjang malam bila tidak dibikin bersih. Mengakibatkan, beberapa sisa makanan itu bisa membusuk dan ikut-ikutan menghancurkan gigimu. Salah satunya penyakit yang dapat diakibatkan karena itu ialah gingivitis atau infeksi yang terjadi pada gigi dan disebabkan karena bakteri. Jika didiamkan terus-terusan, dia akan jadi lebih serius dan mengakibatkan berlangsungnya periodontitis.

  1. Pakai Pasta Gigi yang Memiliki kandungan Fluoride
    Tidak boleh cuman pilih odol yang bisa membuat gigi jadi putih, tetapi yakinkan jika dia memiliki kandungan fluoride. Mengapa? Masalahnya fluoride akan bekerja membuat perlindungan gigi dari risiko hancur dan busuk. Dia akan menantang bakteri dan sediakan pelindungan yang aman untuk gigi. Tiap orang pasti punyai sensitivitas giginya semasing. Oleh karena itu, pakailah odol yang sesuai gigimu sendiri ya.
  2. Tukar Sikat Gigi Secara Teratur
    Menukar sikat gigi dengan teratur ialah hal yang seringkali dilalaikan. Karena sangat repot atau malasnya, jangan-jangan kamu jarang-jarang menukar sikat gigimu sampai bulu-bulu sikatnya telah hancur tidak teratur. Walau sebenarnya, bulu-bulu sikat yang hancur dan masih dipakai malah akan menghancurkan gigimu, bukannya bersihkan kotoran yang berada di antara gigi. Oleh karena itu, rutinlah menukar sikat gigi yang kamu pakai setiap harinya.
  3. Check Gigi ke Dokter Secara Teratur
    Permasalahan paling besar ialah jika beberapa orang tidak periksakan gigi mereka dengan teratur ke dokter gigi, bahkan juga ada yang tak pernah memeriksakan. Walau sebenarnya, disarankan untuk periksakan gigi teratur ke dokter sekurang-kurangnya 2x dalam satu tahun. Saat check, dokter gigi punyai kekuatan untuk menganalisis gigimu dan memberinya anjuran yang pas untuk perawatan gigi di depan. Atau, sekurang-kurangnya, saat tiba ke dokter gigi, mereka bisa bersihkan karang-karang gigi yang berada di gigimu. Kalkulus gigi ini lho yang kerap mengakibatkan berbau mulut yang tidak nikmat.

Nach, itu ia 5 panduan menjaga gigi yang dapat kamu kerjakan supaya selalu sehat dan bersih. Kalau ada yang telah bolong-bolong giginya, tidak boleh cemas. Tidak ada kata telat. Masih tetap coba saja panduan di atas agar nantinya, gigimu masih tetap dapat dirawat dan dijaga kesehatannya.