Random Access Memory atau yang biasa di kenal dengan istilah RAM ini menjadi salah satu bagian yang penting dari sebuah perangkat komputer. Fungsi dari RAM sendiri memberi kelmudahan jalur perpindahan atau pertukaran data dari apa saja yang sedang di kerjakan. 

Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin bagus dan lancar jalur perpindahan. Efeknya kinerja komputer menjadi lebih cepat. Dan sebaliknya. Ukuran dari RAm sendiri mulai dari 256 Mb, 500Mb, 1Gb hingga sekarang sudah ada 16Gb.

Agar kinerja RAM ini berjalan maksimal maka melakukan perawatan ini sangat perlu sekali. Tujuannya agar tidak terjadi masalah nantinya.

Di bawah ini ada beberapa tips merawat memory RAM komputer yang di sadur dari website andra7208computer.com, sepertidi bawah ini :

Siapkan terlebih dahulu peralatan seperti penghapus, obeng, kuas, tisu atau kain lembut

Jangan lupa untuk melepas kabel power yang terhubung dengan jaringan listrik agar tidakada aliran listrik yang mengalir meskipun kesil sekalipun karena nisa menyebabkan konseleting

Segera buka kasing laptop agar mudah untuk membersihkannya. Gunakan obeng untuk membukanya. Lakukan perlahan jangan sampai baut yang ada rusak

Setelah terbuka obeng jangan di letakkan dekat dengan motherboard karena bila jatuh ke bagian dalam maka bisa berbahaya

Cari bagian RAMnya. Terlebih dahulu buka penguncinya di bagian samping – samping, Setelah itu bisa tarik RAM nya. lakukan secara berhati – hati sehingga tidak membuat jadi rusak.

Setelah di angkat RAM, bersihkan tempat dudukan nya menggunakan kuas, sehingga debu atau kotoran yang ada di sekitarnya bisa terangkat.

Ambil RAM dan penghapus. Gosokkan penghapus di bagian RAm yang berwarna tembaga. ada di bagian salah satu sisinya. Lakukan hingga bersih. Untuk bagian bodynya jangan lupa untuk membersihkan dengan kuas dan tisu.

Kalau sudah yakin bagian tembaga sudah bersih dari karat. Segera saja pasang kembali di bagian dimana  pertama kali tadi di bongkar. Jangan lupa untuk mengunci pengaitnya. 

Jangan buru – buru menutup casingnya, agar tidak bolak balik. Kita bisa terlebih dahulu untuk mengetes lagi. Dengan mencolokkan kabel ke daya lalu menghidupkan seperti biasa. Bila sudah seperti sedia kalai bisa untuk mematikan lagi, namun bila ada masalah misalkan keluar bunyi bibbbb berulang tandanya pasangnya tidak tepat. Lepas dan pasang kembali hingga normal lagi.

Bila sudah ok, buruan saja tutup casingnya dan jangan lupa untuk mengunci dengan baut yang ada.

Dan jangan lupa untuk menyalakan kembali. 

Gapang bukanm, tips inijuga sering di pakai oleh service laptop jakarta bila laptopnya mengalami permasalahan yang sama.