Mobil dapat terbakar habis dalam waktu singkat. Untuk mencegah hak hal yang demikian terjadi, tiap-tiap pemilik kendaraan Mobil hendaknya membawa alat pemadam api ringan (APAR) di dalam kendaraannya. Kebakaran menjadi tontonan sebab tak dekat dengan sumber air atau tak mempunyai APAR. Karena posisi api kebanyakan dari bawah kap mesin, ruang mesin. Kap mesin kan sulit dibuka, karenanya butuh alat pemadam. Bila tak punya, pemadaman akan susah dikerjakan.

Kini, APAR telah gampang didapatkan, sebab banyak kios online yang memasarkannya. Ada sebagian variasi APAR yang perlu dikenal pemilik kendaraan Mobil sebelum membelinya.

  1. APAR Tipe Air APAR ada yang ragam air, di mana ragam ini memakai air dengan tekanan tinggi. APAR ragam ini dapat dibilang paling ekonomis. Melainkan, penerapannya lebih tepat sasaran untuk memadamkan api yang disebabkan bahan padat non logam, seperti kertas, kain, karet, plastik dan sebagainya (kebakaran kelas A).
  2. APAR Tipe Busa AOAR ragam busa atau foam dapat dibilang lebih tepat sasaran lagi. Metode kerjanya yaitu busa akan menutup bahan yang terbakar, sehingga oksigen tak bisa masuk untuk pelaksanaan kebakaran. APAR ini sesuai untuk kebakaran yang disebabkan cairan seperti minyak, alkohol dan solvent (kebakaran kelas B) dan kebakaran kelas A. Baca juga: Kecuali Korsleting, Bagian Ini Dapat Sebabkan Mobil Terbakar
  3. APAR Tipe Bubuk Kimia APAR ragam ketiga yaitu ragam bubuk kimia kombinasi mono-amonium dan ammoium sulphate. Alat ini sesuai diterapkan untuk kebakaran yang diakibatkan kelistrikan (kebakaran kelas C).
  4. APAR Tipe Karbon Dioksida Terakhir yaitu APAR ragam karbon dioksida (CO2). Berdasarkan kegunaannya, APAR ragam ini lebih tepat sasaran untuk kebakaran kelas B dan kelas C. Lihat Foto Alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di kendaraan Mobil untuk penanganan kebakaran di jalan(Amazon), kebakaran di kendaraan Mobil lazimnya diawali dari kekeliruan pemasangan instalasi modifikasi. Sehingga, terjadi relasi arus pendek atau korsleting listrik.

Seandainya hal yang demikian perlu dipandang untuk membeli APAR-nya yang ragam serbuk atau CO2. Harga APAR di Mobil dibanderol mulai Rp 35.000 (berupa tabung spray kecil), sampai jutaan rupiah.