Manfaat Membaca Surah Ar-Rahman – Surah Ar-Rahman merupakan salah satu surah dari Al-Qur’an yang memiliki bacaan indah dan khas. Dengan pengulangan fabi ayyi aalaa’irabbikumaa tukadzibaan sebanyak 23 kali, membuat surah ini berbeda dari yang lainnya. Surah Ar-Rahman juga berisi tentang penjelasan Allah tentang segala nikmat yang diberikan kepada makhluknya namun tidak pernah disyukuri. Kita dianjurkan untuk membaca surah Ar-Rahman setiap hari tepatnya di waktu pagi. Selengkapnya, berikut manfaat membaca surah Ar-Rahman setiap hari,

manfaat membaca surat ar rahman

Manfaat Membaca Ar-Rahman Setiap Hari Yang Harus Kita Tahu

1. Memperbanyak Pahala Memuji Allah

Ar-rahman, adalah salah satu asmaul husna untuk memuji kebesaran Allah SWT, nama ini juga terdapat di surah Ar-Rahman tepatnya pada ayat pertama. Ar-rahman memiliki arti Allah Maha Pemurah. Kita patut membaca surah Ar-Rahman dengan penuh ketulusan serta berserah diri untuk meminta ampunan karena selama ini selalu kufur akan nikmat yang sudah didapat. Dengan kesungguhan dalam membaca surah Ar-Rahman, maka insya Allah kita mendapatkan pengampunan dan pahala dari Allah SWT.

Baca Juga: Hukum Bacaan Tajwid

2. Selalu Bersyukur

Sering kita hidup tidak merasakan apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Mulai dari umur, nafas, makan dan kesehatan, sebagian kecil nikmat yang Allah itu diberikan setiap detiknya. Namun kita sering menghiraukannya, bahkan kita mengeluh karena keinginan kita tidak kunjung terpenuhi. Hal inilah yang menyebabkan kita bertambah dosa akibat kufur terhadap nikmat yang telah diberikan. Dengan memperbanyak membaca surah Ar-Rahman di waktu pagi, insya Allah kita semakin semangat menjalani hari dan selalu bersyukur akan segala nikmat yang telah Allah berikan setiap hari.

3. Mendapatkan Ilmu

Banyak penjelasan Allah di Surah Ar-Rahman mengenai segala hal di alam semesta. Mulai dari penciptaan alam semesta, makhluk ciptaan Allah, serta surga dan negara. Meski bacaannya singkat, namun banyak isi bacaan yang perlu kita ketahui dan amalkan. Bukan hanya surah Ar-Rahman, hal ini juga merupakan keutamaan membaca setiap surah di Al-quran.

Itulah beberapa manfaat membaca surah Ar-Rahman yang dapat memotivasi kita untuk terus membacanya. Membaca Al-quran memang perlu mengetahui bagaimana caranya memikirkan serta merenungkan surah yang kita baca. Begitupun pada saat kita mendengar bacaan surah Al-quran, kita diwajibkan untuk tenang dan memperhatikan setiap bacaannya dan merenungi isi bacaannya. Dengan begitu kita bisa meraih berkah pahala dari Allah SWT. Kunjungi elrajab.com untuk refrensi agama dan ilmu pengetahuan lainnya.