Sampah adalah bagian yang tidak pernah terlepaskan dari siklus hidup manusia. Yang namanya sampah pasti akan selalu ada selama manusia masih melakukan aktifitas di dunia ini.

Sampah seharusnya memang bukan menjadi masalah bisa dikelola dengan benar. Namun saat ini yang terjadi adalah, banyak sampah yang tidak di kelola dengan benar sehingga banyak mengakibatkan hal negatif salah satunya adalah kerusakan lingkungan akibat tidak dibuang pada tempatnya seperti tempat sampah stainless steel.

Padahal sampah pun bukan barang yang tidak ada nilainya, banyak sekali orang – orang yang bisa kaya karena hanya memanfaatkan sampah . Dan memang orang – orang seperti ini tidak banyak jumlahnya.

Nah agar sampah bisa digunakan dengan maksimal dan tidak merusak lingkungan, sebaiknya sampah bisa dimanfaatkan seperti di bawah ini :

  1. Jadikan sampah sebagai bahan dasar pupuk organik

Nah ini adalah yang paling sering diajarkan di sekolah – sekolah sejak kita masih kecil. Bahwa sampah organik itu bisa dijadikan sebagai pupuk kompos atau pupuk organik. Biasanya yang paling sering secara kontinyu menghasilkan yang namanya sampah organik adalah dapur rumah tangga.

Sehingga, selain kita tidak begitu saja mencemari lingkungan karena membuang sampah ke lingkungan, kita juga bisa mendapatkan nilai ekonomi karena telah menjual sampah organik kita ke tempat pembuatan pupuk kompos.

  • Sampah organik sebagai pakan ternak.

Sampah organik juga banyak yang dijadikan sebagai pakan ternak. Seperti halnya yang tadi, bahwa sampah – sampah dapur rumah tangga sangat bisa digunakan sebagai pakan ternaknya.

Tentu walaupun sampah organik apabila tidak disukai oleh hewan ternak anda, pasti ujung – ujungnya tidak akan dimakan.

  • Jadikan sebagai kerajinan tangan

Kerajinan tangan juga bisa dibuat dengan memanfaatkan sampah yang ada. Biasanya yang paling banyak bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan adalah sampah anorganik. Ya, sampah – sampah botol plastik, kemasan makanan, sampah kertas , atau sampah anorganik lainya , tentu sangatlah bisa untuk digunakan sebagai kerajinan tangan.

Sampah – sampah plastik bisa kamu sulap menjadi tas cantik atau dompet, atau juga bahkan taplak cantik juga bisa. Nah nantinya, kerajinan ini bisa kamu gunakan sendiri atau bahkan bisa juga kamu jual lagi.

Nah itu adalah  contoh pemanfaatan sampah yang bisa kamu praktikkan di rumahmu atau dimanapun kamu berada.