Masjid adalah bangunan atau rumah  tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Yang bentuk bangunannya dirancang khusus dengan berbagai atribut masjid seperti menara yang cukup megah, kubah dan lain-lain.

Bangunannya cukup besar, Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid juga tempat sebagai Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an atau mengaji yang sering dilaksanakan di Masjid.

namun kali ini kita akan membahas tentang Masjid Kuno

  1. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal adalah masjid yang terletak di Desa  Cikakak Kecamatan WangonKabupaten Banyumas,  Jawa Tengah.

Masjid ini adalah sebuah peninggalan dari wali songo. Masjid Saka Tunggal ini dibangun ada tahun 1228. Pada Tahun pembuatan Masjid ini jelas tertulis kitab – kitab yang ditinggalkan oleh pendiri masjid ini, yaitu yang bernama Kyai Mustolih. Akan tetapi, kitab – kitab tersebut hilang dan dari tahun lalu.

Masjid saka ini memiliki keunikan yang berbeda dari masjid yang lain, yaitu masjid ini memiliki 4 helai sayap di dalam saka yang melambangkan “papat kiblat lima pancer” ( empat mata serta satu pusat ).

2. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel adalah Masjid kuno yang berada di daerah Kelurahan Ampel Kecamatan  Semampir,kota  SurabayaJawa Timur. Masjid ini dikenal sebagai Masjid Sunan Ampel.

Dan Masjid kuno ini dibangun dengan gaya Arsitektur Jawa kuno dengan nuansa Arab. Masjid ini mempunyai bangunan seluas sekitar 120 x 180 meter dan didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel, maka dari itu mengapa masjid kuno ini sering dinamakan dengan Masjid Sunan Ampel.

Disebelah Masjid ini terdapat komplek makam Sunan Ampel. 

3. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe adalah Masjid yang tertua di Maluku. Masjid ini dibangun pada tahun 1414 Masehi. Umur pada Masjid ini sekitar 7 abad.

Masjid yang sangat sederhana yang terbuat dari gaba – gaba atau pelapah sagu. Dan konon masjid ini terdapat Mushaf Al-Qur’an yang tertua di Indonesia.

4. Masjid Agung Sang Ciptarasa

Masjid Agung Sang Ciptarasa atau yang biasa dikenal dengan Masjid Agung Kasepuhan dan Masjid Agung Cirebon, adalah masjid yang berada di Kompleks Keraton Kasepuhan.  Masjid ini adalah masjid peninggalan Kerajaan Cirebon dan didirikan pada tahun 1948.

Pada saat pembangunan masjid ini masa pembangunan sunan Gunung Jati di bantu oleh sunan Kalijaga sebagai pemimpin proyek.

Bagian atap yang bentuknya mirip dengan masjid kerjaan islam yang lainnya yakni, yang berbentuk limas dengan susun tiga. Dan juga memiliki ruang utama yang luas sekitar  17,8 x 13,3 meter.

5. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Suriansyah yaitu masjid yang kuno dibangun di masa pemerintahan Sultan Suriansyah tahun 1526 – 1550. Masjid yang bersejarah di kota Banjarmasin yaitu masjid yang tertua di Kalimantan Selatan.

Memiliki atap yang tumpang tindih dan dibagian mihrabnya memiliki atap yang terpisah dari bangunannya.   

6. Masjid Menara Kudus

Masjid Agung Kudus adalah Masjid yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. Masjid Agung Kudus ini dibangun pada tahun 1549 Masehi / 956 Hijriah. dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina. Masjid ini dibangun ketika Sunan Kudus menyebarkan agama islam di daerah Kudus.

Masjid Agung Kudus dinamakan Masjid Alun – Alun, karena realitas perpindahan Masjid Kriya yang berada di selatan Alun-Alun yang sudah lama rusak. 

Masjid Agung Kudus ini memiliki 2 bagian, yaitu bagian utama yaitu menara Masjid dan luas tanahnya 2.403 m², luas bangunan 1.409 m², dan tinggi menara 30 meter dan bisa menampung kurang lebih 1700 jama’ah.

7. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten adalah masjid tertua di Banten, bangunan pada masjid ini bertumpuk lima layaknya pagoda dan masjid ini dibangun pada saat pemerintahan Sultan Maulana Hasanudin. Sultan Maulana Hasanudin adalah putra pertama dari sunan gunung jati.      

8. Masjid Raya Medan

Bangunan Masjid yang bersejarah ini terbesar nomor satu yang terletak di Jl. Sisingamangaraja No.61 Mesjid, Medan Kota, Medan atau Tanah Deli. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesainya pada tahun 1906. Masjid Raya Medan ini belum pernah direnovasi, pemerintah Sumatera Utara pernah merencanakan renovasi bagian – bagian Masjid ini yang telah rusak dan sudah bertahun – tahun, serta perluasan agar dapat menampung para Jama’ah lebih banyak. Namun, Karena dari berbagai pihak yang khawatir tentang seni atau arsitektur yang ada di dalam Masjid ini akan hilang.  Dan akhirnya pemerintah daerah hanya menambah sarana penambahan seperti, penambahan tempat wudhu wanita pada tahun 1980.

9. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan adalah masjid kuno yang berada di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan , Jepara – Jawa tengah. Masjid ini diirikan pada tahun 1559 oleh Kesultanan Demak.

Di dalam masjid ini terdapat makam  Sultan Hadlirin, suami dari Kanjeng Ratu Kalinyamat.

Model pada bangunan masjid ini memiliki arsitektur china, seperti ubin lantai tinggi. Dan pada dinding luar dan dalam dihiasi dengan persegi bergambar margasatwa. 

10. Masjid Al-Hilal

Masjid Hilal ini dibangun pada tahun 1603 masehi pada saat pemerintahan Taja Gowa – 24. Masjid Hilal yang  berukuran 14,1 x dan struktur 14,4 meter dan bangunan tambahan 4,1 x 14,4 meter. bangunan masjid yang memiliki tinggi sekitar 11,9 meter.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.