Pemilik rumah yang berbelanja untuk jenis lantai baru tidak mungkin melihat banyak perubahan dari satu tahun ke tahun berikutnya. Perusahaan memang memperkenalkan gaya dan warna baru setiap tahun, tetapi dari sudut pandang material, inovasi telah melambat menjadi merangkak selain dari ceruk MLF. Varian adalah pengecualian dari area ini, dan lantai SPC adalah salah satu jenis lantai multilayer paling populer saat ini dalam produksi saat ini.

Penjelasan Lantai SPC
Meskipun tidak ada V dalam namanya, lantai SPC sebenarnya adalah bentuk vinil. SPC berarti Stone Plastic Composite, dan namanya ada hubungannya dengan komposisi inti. Sederhananya, lantai kelas ini memiliki inti yang kaku, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk area lalu lintas tinggi di rumah Anda.

SPC mirip dengan lantai vinil mewah dalam cara membangunnya, tetapi ada beberapa perbedaan penting yang perlu Anda ketahui sebelum Anda dapat membandingkan merek SPC secara komprehensif. Berikut adalah lapisan yang biasanya ditemukan di lantai SPC dari atas ke bawah.

UV Topcoat – Sinar UV dapat menyebabkan masalah signifikan dengan lantai kayu alami, tetapi juga tidak ideal untuk permukaan seperti papan linoleum atau SPC. Papan di kelas premium biasanya datang dengan beberapa perlindungan ekstra dalam bentuk mantel UV, yang membantu memerangi perubahan warna dari matahari.


Wear Layer – Meskipun Anda mungkin tidak menemukan perlindungan UV pada setiap merek lantai SPC, semua papan atau ubin akan memiliki lapisan keausan. Ini adalah lapisan yang paling penting dalam hal perlindungan, dan lapisan keausan tebal yang baik dapat menjaga lantai Anda terlihat seperti tahun-tahun baru setelah dipasang.

Lapisan Gambar – Lantai SPC mungkin memiliki inti yang unik, tetapi masih memiliki lapisan gambar vinil. Ini memberi lantai Anda penampilan kayu atau batu, dan merek yang lebih mahal cenderung memiliki produk yang lebih realistis. Dalam beberapa kasus, lapisan desain atau gambar langsung diterapkan ke opsi kami berikutnya.

Inti – Inilah yang membuat lantai SPC unik, dan memberikan stabilitas ekstra di bawah kaki. Inti lantai SPC terbuat dari campuran batu kapur dan stabilisator, yang meningkatkan kekakuannya. Papan padat ini dapat menahan dampak yang akan membuat LVP reguler penyok, yang menjadikannya pilihan sempurna untuk area di rumah Anda dengan lalu lintas yang padat atau bahkan dalam pengaturan komersial.

Backing Layer – Di bagian bawah setiap papan adalah lapisan latar. Biasanya terbuat dari gabus, meskipun busa masih menjadi pilihan populer dalam kisaran yang ramah anggaran. Lapisan backing yang tebal dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan harga, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan dan isolasi yang lebih tinggi.

Bagaimana dengan Lantai WPC?
WPC adalah singkatan dari Wood Plastic Composite, dan memiliki konstruksi yang mirip dengan SPC, dengan perbedaan utama adalah intinya. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang bagaimana perbandingannya dengan SPC dalam perbandingan kami. Hal yang penting untuk diingat adalah sedangkan lantai SPC kaku, lantai WPC sedikit lebih lembut dan lebih tenang di bawah kaki Anda.

Bagaimana Cara Pengaplikasian Lantai SPC?
Jika Anda merasa nyaman menggunakan alat-alat listrik seperti gergaji melingkar dan tidak memiliki masalah punggung, Anda mungkin dapat menginstal lantai SPC tanpa mendatangkan seorang profesional. Papan kaku ini memiliki tepi klik-kunci yang membuat instalasi mudah. Itu turun seperti lantai vinil mewah atau papan kayu keras rekayasa, meskipun lebih berat dari LVP karena intinya.

Biaya instalasi lantai SPC profesional bisa mahal tetapi sebagian besar turun ke berapa banyak lantai yang perlu dibaringkan oleh pemasang. Harga biasanya dibebankan oleh kaki persegi dan harus sejalan dengan biaya untuk menginstal lantai LVP. Perlu diingat biaya tambahan juga, yang dapat mencakup memindahkan furnitur atau pekerjaan persiapan.

Pro dan Kontra Lantai SPC
Ketika Anda menyukai tampilan lantai vinil, tetapi menginginkan sesuatu yang sama kakunya dengan papan rekayasa, lantai SPC adalah pilihan yang bagus. Meskipun tidak ada banyak kelemahan dengan menggunakan gaya lantai ini, pertimbangkan pro dan kontra ini sebelum memutuskan apakah SPC tepat untuk Anda.

Pro Lantai SPC
Daya tahan – Seperti yang disebutkan, daya tahan adalah salah satu manfaat paling signifikan dari memilih lantai SPC untuk rumah Anda. Cangkir kopi yang dijatuhkan tidak akan membuat penyok, meskipun lantai dapat menghancurkan cangkir. Jika Anda memiliki banyak lalu lintas kaki di rumah Anda, SPC adalah alternatif yang lebih baik untuk LVP tradisional juga.

Tahan air – Meskipun kami belum melakukan penghitungan keras, aman untuk mengatakan lebih dari 90% lantai SPC tahan air. Inti dan konstruksi memainkan peran besar dalam hal itu, tetapi Anda masih ingin membaca cetakan halus dengan hati-hati ketika menggunakan lantai ini di dapur, kamar mandi, atau kamar di bawah kelas di rumah Anda.

Kemudahan Instalasi – Bagian yang paling menantang dari pemasangan lantai SPC adalah memindahkan kotak itu sendiri, yang bisa cukup rumit. Kekakuan bahan memungkinkan untuk mati bersih dengan gergaji listrik, dan sebagian besar konsumen yang cakap dapat dengan mudah menangani ruangan berukuran sedang dalam waktu kurang dari sehari.

Pemeliharaan – Jika Anda benci menjalankan penyedot debu, Anda akan senang memiliki lantai SPC yang dipasang di rumah Anda. Permukaannya yang halus mudah dibersihkan, dan sifatnya yang tahan air memungkinkan Anda menggunakan pel semprot dan pembersih cairan lainnya tanpa rasa takut.

Pilihan – Meskipun Anda tidak dapat berjalan ke toko perangkat keras tanpa menemukan tampilan besar LVP dan laminasi, Anda mungkin tidak beruntung dengan SPC. Karena lebih baru, itu tidak sepopuler saudara vinil dulu, yang dapat membuatnya sedikit lebih sulit untuk dilacak secara lokal. Namun, Anda tidak akan kesulitan menemukannya secara online di spcflooring.co.id