Munculnya sakit gigi memang bisa membuat penderitanya tersiksa. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasa tidak nyaman terutama saat beraktivitas. Lalu apa hubungan minyak cengkeh dan sakit gigi.

Berkumur dengan air garam hangat mungkin menjadi obat rumahan umum untuk sakit gigi. Namun ada cara lain yang tidak kalah efektif adalah dengan menggunakan minyak cengkeh.

Sebenarnya, apa manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi? Seberapa efektifkah itu? Yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Manfaat Minyak Cengkeh untuk Sakit Gigi

Bukan rahasia lagi bahwa kandungan cengkeh dapat meredakan sakit gigi. Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasal dari pohon myrtaceae keluarga dan mengandung eugenol bahan aktif.

Bahan ini dapat bertindak sebagai anestesi alami dengan mematikan sinyal saraf yang memicu rasa sakit. Nyeri juga dapat dikurangi, termasuk sakit gigi. Tidak hanya itu, eugenol memiliki sifat anti-inflamasi alami yang mampu mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit akibat peradangan.

Dalam Journal of Dentistry, dilaporkan bahwa minyak cengkeh dapat menggantikan obat benzokain untuk menghilangkan rasa sakit. Benzocaine sendiri adalah anestesi lokal yang berfungsi untuk memblokir sinyal saraf dalam tubuh.

Fungsi ini bisa didapatkan dengan menggunakan minyak cengkeh yang berkualitas. Untuk mempertahankan kualitas cengkeh, gunakanlah mesin perontok cengkeh.

Minyak Cengkeh, Perawatan Sakit Gigi Sementara

Sakit gigi umumnya muncul sebagai gejala penyakit dalam tubuh, bisa di mulut, mulut dan gigi atau bagian tubuh lainnya, seperti jantung.

Namun, sakit gigi yang disebabkan oleh masalah kesehatan pada mulut dan gigi umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti gigi berlubang, gigi baru yang tumbuh, gigi patah, infeksi gigi dan gusi, masalah dengan kawat gigi, dan kebiasaan buruk seperti gigi.

Beberapa cara sederhana dapat mencegah sakit gigi, seperti berkumur dengan air hangat atau air garam dan menggunakan minyak cengkeh.

Namun, apakah penggunaan minyak cengkeh efektif untuk mengatasi sakit gigi? Minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengobati masalah sakit gigi, tetapi hanya sementara dan meredakan gejala.

Cengkeh adalah bumbu yang biasa digunakan untuk menambah rasa atau aroma pada makanan. Namun, satu cengkeh mengandung senyawa aktif yang disebut eugenol.

Dilansir dari Medical News Today, senyawa eugenol memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan infeksi pada gigi. Cengkeh juga memiliki khasiat aAntibacterial, antijamur, dan antioksidan yang cukup efektif dalam mengatasi masalah gigi yang disebabkan oleh bakteri.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai perawatan sementara, Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh pada kapas atau kapas bersih. Kemudian, oleskan minyak cengkeh selama beberapa detik pada bagian yang sakit atau sakit.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS mengatakan efektivitas minyak cengkeh sebagai pengobatan untuk sakit gigi masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, yang terbaik adalah melakukan perawatan medis jika sakit gigi Anda tidak sembuh.

Periksa dengan rumah sakit terdekat jika sakit gigi berlangsung selama beberapa hari. Sekarang Anda dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit tertentu melalui aplikasi Halodoc. Faktanya, sakit gigi yang menyebabkan Anda kesulitan makan, kesulitan sakit, sakit telinga, dan kesulitan membuka mulut harus segera diobati.

Cara Menggunakan Cengkeh Sebagai Obat Sakit Gigi

Ada tiga cara utama untuk mengobati sakit gigi menggunakan cengkeh:

Menggunakan Cengkeh  untuk Mengobati Sakit Gigi

Jika sakit gigi tidak terlalu parah dan Anda masih bisa mengunyah cengkeh secara utuh, cobalah dengan cara ini.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berkumur dengan air garam hangat.
  2. Masukkan dua atau tiga cengkeh ke mulut, dekat area yang sakit dan tunggu beberapa menit sampai cengkeh melunak dari air liur.
  3. Ketika cengkeh empuk, kunyah denganlembut (selama sakit gigi memungkinkan mereka mengunyah).
  4. Minyak pada cengkeh tidak akan keluar ketika cengkeh dikunyah.
  5. Setelah itu kita bisa memuntahkan cengkeh dan membilasnya dengan  air hangat.

Efek analgesik akan berlangsung selama beberapa jam dan rasa pahit akan mereda dalam waktu kurang dari sepuluh menit.

Menggunakan Bubuk Cengkeh  untuk Mengobati Sakit Gigi

  1. Berkumur dengan air garam hangat (untuk membantu air liur).
  2. Ambil sejumput bubuk cengkeh dan gosokkan di antara gigi dan pipi yang sakit.
  3. Tunggu sebentar. Bubuk cengkeh akan bercampur dengan air liur dan mulut akan mati rasa.
  4. Jika itu terjadi, lepaskan campuran dan bilas mulut Anda dengan air hangat.

Menggunakan Minyak Cengkeh  untuk Sakit Gigi

  1. Tuangkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam piring.
  2. Rendam gulungan kapas steril kecil dengan minyak.
  3. Peras kapas untuk menghilangkan minyak berlebih.
  4. Gosok dengan lembut di area yang sakit atau tempatkan bola kapas di area tersebut untuk sementara waktu.
  5. Ulangi lagi langkah-langkah di atas jika sakit gigi berulang.

Minyak cengkeh telah menjadi solusi utama untuk sakit gigi. Minyak ini hanya menekan saraf tertentu sehingga rasa sakit menghilang sementara. Oleh karena itu, Anda masih harus pergi ke dokter gigi untuk mengobati gigi masalah sepenuhnya.

Umumnya seseorang yang sakit gigi merasakan kondisi yang tidak nyaman. Tingkat rasa sakit yang dirasakan oleh setiap orang dapat bervariasi. Anda dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter gigi untuk mengatasi sakit gigi.

Namun, Anda juga bisa memilih bahan alami untuk mengatasi gejala sakit gigi yang anda rasakan,salah satunya dengan menggunakan minyak cengkeh.