Selain mudah untuk disimpan, jahe dalam bentuk kering atau bubuk juga memiliki umur simpan yang lebih lama. Jahe kering merupakan hasil ekstrasi jahe dan ada juga yang berbentuk irisan yang terlah dijemur.  Bubuk jahe dapat dijadikan olahan jahe kering yang nikmat dan berkhasiat. Berikut ini adalah berbagai resep dapat Anda coba sendiri sebagai penganan ringan .

Olahan Jahe Kering
  • Wedang

Anda bisa membuat wedang dengan menggunakan bahan berupa jahe yang telah kering. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa keringan jahe ke dalam air mendidih. Aduk-aduk jahe hingga sarinya keluar. Setelah air berubah menjadi warna agak kuning, wedang bisa langsung disajikan. Tambahkan gula batu atau kremer jika Anda tidak begitu menyukai rasa pedasnya yang kuat.

  • Permen

Bentuk makanan ini yang paling praktis jika Anda ingin menikmati jahe di mana saja. Permen adalah hasil olahan bubuk jahe merah. Biasanya bentuk permen mudah dikunyah dengan butiran gula di bagian luarnya agar rasa pedasnya tidak terlalu kuat. Permen dapat membantu orang yang mudah mengalami mual di perjalanan. Cukup kunyah satu atau dua permen agar mual menghilang.

  • Manisan

Tak hanya berbahan buah, manisan juga bisa berasal dari jahe. Hal tersebut diuatarkan oleh orang yang budidaya jahe merah puluhan tahun. Umumnya, jahe yang digunakan adalah jahe emprit atau gajah. Irisan jahe yang telah kering dimasalah ke dala air mendidih lalu ditambahkan gula pasir. Bahan manisan perlu diaduk secara terus-menerus hingga kental. Irisan jahe yang sudah mengkristal disebut manisan. Manisan jahe sangat segar dan cocok sebagai camilan.

  • Kue

Kue jahe sangat khas karena rasa dan aromanya yang berbeda dari kue umumnya. Kue jahe dapat dibuat seperti bolu maupun cracker. Bahan untuk membuat kue hampir mirip dengan jenis kue yang akan dibuat. Hanya saja perlu ada penambahan bubuk jahe sebagai campurannya. Olahan ini sangat populer di negara subtropis seperti Eropa.

Karena berasal dari tumbuhan, tentunya olahan jahe kering bersifat aman untuk dikonsumsi. Baik jahe biasa maupun yang sudah kering, keduanya memiki rasa dan peran yang sama. Bentuk bubuk lebih mudah ditemukan di pasaran dan praktis ketika memasak. Selain lezat, makanan juga menjadi lebih berkhasiat untuk kesehatan.