Pasal Pencemaran Nama Baik Di Medsos ( Aplikasi Hukum Online ) – Akhir-akhir ini kasus hukum yang berkaitan dengan teknologi adalah internet dan media sosial, termasuk kasus pencemaran nama baik melalui media sosial Internet. Setelah Internet mereka kemudian diatur di bawah ACT ITE, yaitu: Pasal 27 ayat (3) dari ACT ITE, yang berbunyi: ” Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak untuk mendistribusikan dan / atau mentransmisikan dan / atau membuat tidak dapat diaksesnya informasi elektronik dan / atau atau dokumen elektronik penghinaan dan / atau pencemaran
nama baik “, Pasal 45 ITE, yang bertuliskan: (1) Setiap orang yang memenuhi elemen-elemen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (3), ayat (3), ATAU ayat (4) dihukum dengan penjara enam (6) tahun dan / atau denda 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Sebelum munculnya media sosial pengaturan pencemaran nama baik diatur dalam ketentuan pasal-
pasal KUHP sebagai berikut:

  1. Pasal 310 KUH Pidana, yang berbunyi : (1) Barangsiapa sengaja merusak kehormatan atau nama baik seseorang dengan jalan menuduh dia melakukan sesuatu perbuatan dengan maksud yang nyata akan tersiarnya tuduhan itu, dihukum karena menista, dengan hukuman penjara selama- lamanya sembilan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 4.500,-“. (2) Kalau hal ini dilakukan dengan tulisan atau gambar yang disiarkan, dipertunjukan pada umum atau ditempelkan, maka yang berbuat itu dihukum karena menista dengan tulisan dengan hukuman penjara selama- lamanya satu tahun empat bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 4.500,-.
  2. Pasal 315 KUHP, yang berbunyi “Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat pencemaran atau pencemaran tertulis yang dilakukan terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan kepadanya, diancam karena penghinaan ringan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”

Konsultasikan segala permasalahan anda melalui aplikasi hukum online yang banyak tersedia. Platform online melalui aplikasi kini sudah banyak dan bisa diakses oleh setiap orang, jadi untuk memperdalam pengatahuan hukum anda mulailah daftar dan berkonsultasi pada aplikasi hukum seperti pocketlegals, hello lawyer dan sebagainya.