Pelaku penipuan puluhan pencari kerja (pencaker) dengan modus lowongan kerja di Batam, Kepulauan Riau, kesudahannya diringkus polisi, Kamis (5/4).

Pelaku berinisial DS, 24, warga kompleks Puskopkar, Batuaji, Batam, Kepri. Perempuan tersebut sekarang sudah disangga di Polsek Batuaji.

Dari aksi penipuan tersebut perempuan lowongan kerja terbaru berparas ayu ini memboyong sekitar Rp 30 juta. Para korban dimintai duit Rp 2,5 juta semenjak Januari lalu.

“Total yang mesti mereka kasih ke saya Rp 2,5 juta, namun baru sejuta yang dikasih. Sisanya nanti sesudah kerja dicukur gaji kesatu mereka,” DS.

Uang hasil penipuan itu dinyatakan DS sudah berakhir terpakai guna bayar utang keluarganya, sampai-sampai saat ditemui para korban dia pasrah dan menyatakan siap menjalani proses hukum bila diadukan ke pihak kepolisian.

Kapolsek Batuaji Kompol Syafruddin Dalimunthe mengatakan, penangkapan Dwi ini atas laporan puluhan pencaker yang menyatakan jadi korban penipuan sehari sebelumnya.

“Sudah kami amankan pelaku dan lowongan kerja bumn terdapat enam saksi dari korban yang telah kami periksa. Kasus ini dalam proses investigasi sebab bisa jadi masih terdapat korban-korban lainnya,” kata Dalimunthe