Daerah Ibukota Jakarta saat ini merupakan daerah yang memiliki kelembapan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan daerah yang terdapat di dataran rendah yang dekat dengan pantai. Selain itu juga suhu yang tinggi menyebabkan kelembapan yang tinggi pula. daerah Jakarta juga terkenal dengan daerah rayap karena hampir 90% bangunan-bangunannya memiliki populasi rayap. Apalagi bangunan-bangunan di wilayah ini bertingkat-tingkat. Ini menyebabkan populasi rayap semakin menggunung. Seiring dengan berkembang biaknya populasi rayap, profesi seperti Jasa anti rayap  juga menjamur.

Untuk menanggulangi penyebaran hama ini perlu dilakukan beberapa tindakan yang serius. Bagaimana tidak, kerugian akibat dari aset-aset perusahaan yang terkena rayap bahkan bisa mencapai triliunan rupiah. Maka dari itu, penanganan mulai dari pencegahan harus dilakukan. Pertama, perlu dilaksanakan perancangan pra-konstruksi dengan baik. Sebelum membangun sebuah gedung, perlu dirancang sistem ventilasi  dan sistem pencahayaan yang baik dalam seluruh lantai.

Kedua, perlu bahan-bahan yang berkualitas dalam pembuatan gedung. Kerusakan seperti pipa air yang bocor dapat mengundang hama seperti rayap untuk berkembang biak, sehingga perlu diadakan bahan yang berkualitas untuk membangun gedung. Selain itu, pengerjaan yang dilakukan untuk membangun gedung juga harus dilaksanakan dengan baik. Gedung yang retak, selain membahayakan manusia, juga menjadi jalan untuk rayap masuk ke dalam gedung.

Selain itu, memberdayakan pembasmi rayap Jakarta juga diperlukan agar pembasmian rayap dapat dilakukan secara menyeluruh dan dikontrol dengan baik. Dengan adanya pembasmian oleh tenaga ahli, selain dapat menanggulangi setelah terjadinya invasi rayap juga dapat mencegah rayap datang kembali dengan melakukan deteksi kemungkinan datangnya rayap dan pemeriksaan terhadap gedung secara berkala.

Terakhir, perlu dilakukan sosialisasi terhadap pengelolaan dan pemeliharaan gedung agar tidak berpotensi rayap. Sosialisasi ini bisa dilakukan oleh pembasmi rayap Jakarta sebagai ahlinya, dengan didasarkan naungan pemerintah. Kerugian akibat rayap tidak dapat dipungkiri besarnya, sehingga dengan adanya sosialisasi bisa mengajak masyarakat terutama perusahaan untuk dapat melakukan pencegahan-pencegahan sederhana yang dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.