Untuk Anda yang memiliki komputer mungkin sudah pernah mengalami kondisi di mana terjadi keadaan not responding. Kondisi dimana aplikasi atau program yang dijalankan bermasalah. Ini bisa saja terjadi saat pertama kali kita ingin membuka aplikasi tersebut atau ketika sudah menjalankan beberapa lama.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Komputer Yang Not Responding

Mengapa bisa begitu? Yuk ketahui penyebab dan solusi Apa yang harus dilakukan bila mengalami kondisi seperti di atas. Menilik dari website servicekomputerpanggilantangerang.com ada beberapa apa hal yang mendasari dan bisa di share di sini: 

Aplikasi terlalu berat 

Sering terjadi adalah menginstal sebuah aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer terlebih melebihi ambang batas dari kemampuan si komputer tersebut. Kondisi ini akan berakibat tidak baik karena dengan kemampuan yang dimiliki batas atas dari perangkat komputer tidak bisa untuk menjalankannya yang akibatnya akan not responding. Contohnya sebuah aplikasi yang bisa dijalankan dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB namun kenyataannya komputer tersebut hanya memiliki RAM 1 GB. 

Bilamana anda bersikeras menjalankan aplikasi tersebut maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menambah atau menaikkan RAM nya menjadi 2 Giga atau lebih dari itu. Di jamin auto bisa di gunakan bila mana spesifikkasi lainnya terpenuhi..

Program yang bermasalah 

Program yang bermasalah atau corup sering mengakibatkan not responding pada komputer ketika dibuka. Penyebab dari masalah ini beragam bisa jadi karena virus, crash dengan aplikasi yang lainnya. 

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus atau menginstal aplikasi yang bermasalah itu lalu menginstal kembali program yang baru dengan jenis yang sama. Atau bila terjadi crash maka cari aplikasi yang menyebabkan crash kemudian dihapus saja. 

Banyak membuka aplikasi 

Membuka terlalu banyak aplikasi ini akan memberatkan kinerja dari perangkat komputer salah satunya RAM. Dengan banyaknya program atau aplikasi yang berjalan maka akan mengakibatkan memori RAM menjadi penuh. Maka dari itu solusi terbaiknya adalah dengan membuka aplikasi seperlunya saja atau bila aplikasi tersebut sudah selesai di gunakan segera untuk di ditutup. 

Komputer terkena virus

Virus menjadi hal yang yang sering menyerang sebuah komputer baik pada komputer pribadi atau di kantor. Datangnya virus ini ada beberapa jalan mulai dengan mendownload aplikasi bajakan di internet yang sumbernya tidak tahu dari mana juga bertukar data yang cara pemindahannya menggunakan flash disk. Kedua hal tersebut sangat riskan sekali terjadi maka dari itu berhati-hatilah. Bila komputer sudah terserang virus pastinya akan merusak sistem operasi bahkan sampai menyerang file tertentu yang akhirnya tidak bisa dibuka. Namun hal yang sering terjadi adalah kejadian not responding ketika membuka sebuah aplikasi. 

Lalu Bagaimana solusi terbaik? Langkah yang bisa diambil adalah dengan men-scan menggunakan antivirus yang sudah di update versi terbaru. Dan bila hal di atas ini sudah dilakukan ternyata tidak hilang juga maka harus mengambil jalan dengan menginstal sistem operasi yang ada. Dijamin akan normal kembali. Ada baiknya setelah ini untuk men-scan virus di tempat penyimpanan yang lainnya. Untuk mencari service komputer di jakarta selatan bisa sekali di lakukan kalau ini terjadi. Karena mereka pastinya punya pengetahuan lebih dari anda.

Hardisk dan RAM rusak 

Kedua komponen komputer ini juga bisa membawa andil ketika terjadi not responding. Ciri yang umum terjadi adalah kinerja komputer menjadi lambat bahkan sering terdengar suara yang aneh-aneh biasanya berbunyi krek krek krek. Contoh lambat disini seperti ketika membuka aplikasi terasa lama terbukanya, bahkan setelah ditunggu dalam waktu yang lama ternyata not responding. 

Langkah terbaik agar bisa kembali normal adalah dengan mengganti kedua perangkat tersebut dengan yang baru. Bila hardisk-nya rusak maka harus menginstal sistem operasi nya terlebih dahulu dan program-program. Namun bila RAM yang rusak bisa ganti dan pasang dengan yang baru.