Perkembangan teknologi zaman modern semakin canggih, berbagai macam produk elektronik bermunculan dengan mendatangkan teknologi terbarunya. Seperti halnya TV mempunyai merek dan jenis yang banyak dijual di pasaran. Tak heran lagi membuat banyak orang sedikit kebingungan saat memilihnya.

Memang sangat sulit dalam mengambil keputusan mengenai TV mana yang cocok untuk dibeli dan yang akan digunakan selama beberapa tahun mendatang. Banyak sekali orang mengalami kesulitan memahami pemahaman perbedaan mendasar terkait dengan elektronik seperti halnya TV, terutama bagi mereka yang tidak terlalu paham teknologi.

Memahami perbedaan Smart TV dan Android TV sangat membingungkan bagi orang awam terkait teknologi, dan mereka tidak memperdulikan tentang spesifikasi dan perbedaan dari keduanya, yang terpenting bagi orang-orang asalkan TV nya bisa menyajikan gambar tanyangan yang baik dan jernih.

Berikut ini kami ulas perbedaan dari Smart TV dab Android TV agar Anda bisa lebih mempertimbangkan saat mebeli televisi.

Smart TV

Smart TV atau biasa yang disebut TV pintar adalah televisi yang bisa digunakan untuk menonton tayangan seperti halnya jenis tv lainnya, namun ada banyak hal lain yang bisa digunakan pada jenis tv ini, terutama pada hal hiburan dari tontonan. 

Selain dikenal dengan TV pintar, jenis televisi ini juga biasa disebut dengan internet TV yang menyediakan program tambahan melalui koneksi internet. Anda bisa merasakan memiliki komputer yang terpasang pada TV. Karena ada beberapa aplikasi bawaan seperti Browser Internet, Netflix, YouTube bahkan sampai Facebook.

Kelebihan dan Kekurangan Smart TV

Kelebihan

  • Memiliki desain elegan dan antarmuka yang sederhana
  • Ramah pengguna
  • TV menjadi satu, jadi tidak perlu penyiapan.

Kekurangan

  • Aplikasi terbatas
  • Upgrade firmware sangat jarang sekali, jadi sistem menjadi kurang optimal.

Android TV

Android TV mempunyai fitur yang sama halnya dengan Smart TV, jenis tv ini bisa terhubung ke internet dan juga dilengkapi dengan aplikasi bawaan. Android TV launching pertam kali oleh Google pada tahun 2014 dengan dibekali dengan fitur canggih yang bisa menambah penggunanya semakin termanjakan.

Seperti halnya smartphone android, tipe TV ini dapat terhubung dengan aplikasi Google Play Store. Dengan begitu anda bisa mengunduh dan memperbarui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store.

Keistimewaan lainnya banyak TV Android menambahkan mikrofon ke remote tv, jadi pengguna bisa menggunakan fitur Google Assistant, dengan itu menjadi segala kebutuhan lebih mudah dan efisien.

Kelebihan dan Kekurangan Android TV

Kelebihan

  • Kumpulan aplikasi yang banyak
  • Upgrade firmware dan aplikasi berkenjutan
  • Terkoneksikan dengan produk google, seperti Google Music, Play, Movies, Drive, Map dan lain sebagainya.
  • Terdapat Google Assistant.

Kekurangan

  • Pembuat dari TV Android terbatas
  • Antar muka dan fitur lebih rumit, terutama bagi yang tidak terbiasa dengan Android.

Pemilihan TV pada akhirnya akan tergantung dengan kebutuhan yang sesuai dengan kita dan tentunya budget. Anda perlu mempertimbangkan perbedaan dan batasan dari kedua produk tersebut. LED kedua perangkat elektronik tersebut sama-sama baik dikelasnya.