Dalam pidato resmi kata bangsa dan negara sering diucapkan secara berdampingan. Sehingga tidak jarang banyak yang menganggap kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Berikut ini pengertian dan 4 perbedaan bangsa dan negara yang segi pemahaman istilah yang perlu diketahui. Mari kita simak ulasannya.

Dari Segi Definisi Bangsa Dan Negara

Perbedaan bangsa dan negara adalah dari makna bahasa atau definisinya itu sendiri. Bangsa adalah sekelompok dari manusia yang berjumlah sangat banyak dan besar yang menempati wilayah tertentu. Setiap anggota persekutuan atau kelompok tersebut memiliki ikatan dan kesatuan dari segi bahasa, ras, agama, maupun adat istiadat.

Sementara negara adalah sebuah organisasi yang cakupannya terdiri dari sekelompok orang di suatu wilayah. Negara memiliki fungsi untuk memiliki dan mengatur kekuasaan terhadap suatu wilayah. Suatu pemerintahan dan hukum yang mengatur tata tertib bertujuan untuk menjaga kesejahteraan dan keselamatan anggota negaranya.

Perbedaan Bangsa Dan Negara Dari Beberapa Pemahaman

Selain dari definisi diatas, suatu bangsa dan negara juga masih memiliki perbedaan dari segi pemahaman yang sederhana. Berikut ini 4 perbedaan bangsa dan negara yang sangat signifikan dan jelas, sehingga masyarakat bisa membedakan kedua istilah tersebut, diantaranya:

  • Perbedaan wujud : negara merupakan organisasi yang teratur, didalamnya terdapat pimpinan, lembaga dan masyarakat yang termasuk warga negara. Sedangkan bangsa tidak memiliki organisasi yang jelas. Kehidupan diatur oleh adat istiadat yang tidak tertulis. jual bedug
  • Perbedaan legitimasi : negara memiliki legitimasi untuk mengatur dan memaksa masyarakat secara mutlak. Namun suatu bangsa tidak memiliki kekuasaan legitimasi tersebut. Anggota akan mengikuti legitimasi dari suatu negara yang ditinggali.
  • Perbedaan ikatan dan ciri : suatu bangsa akan terikat pada suatu kesatuan yang mencirikan jati diri baik dalam bentuk bahasa, ras, dll. Sedangkan negara tidak memiliki ikatan khusus kecuali dalam bentuk kecintaan anggota pada negaranya.
  • Kepemilikan wilayah : negara berkuasa atas suatu luasan wilayah yang diakui oleh hukum internasional. Sedangkan suatu bangsa tidak memiliki hak atas wilayah kecuali ia hanya tinggal dan menghuni wilayah yang dikuasai suatu negara.

Nah itulah perbedaan bangsa dan negara baik dari segi definisi maupun pemahaman istilah. Contoh dari perbedaan bangsa dan negara yang paling mudah untuk diidentifikasi misalnya bangsa Melayu dan negara Indonesia. Bangsa melayu adalah suatu bangsa dengan berciri kulit sawo matang, berbahasa melayu dan memiliki adat istiadat khas melayu. Sedangkan negara Indonesia terdiri dari beberapa bangsa termasuk bangsa melayu, bangsa negroid, dll yang hidup berdampingan dalam satu negara yaitu Indonesia.

Jual Kulit Sapi