Persiapan Menghadapi Arus Perkembangan Jaman – Berkembangnya teknologi merupakan dampak dari semakin majunya peradaban manusia. Hal ini dibuktikan dengan berbagai menemuan mutakhir yang semakin sering. Sebut saja robot sophia ciptaan perusahaan robotik asal hongkong yang saat ini sedang viral. Secara intelijen sophia tidak kalah dengan manusia pada umumnya, bahkan ia sekarang sudah memiliki kewarganegaraan sendiri di saudi arabia.

Robot ini dibekali dengan artificial intelligence sehingga ia mampu berperilaku layaknya manusia. Percepatan arus teknologi memang tidak bisa diprediksi siapa tau 35 tahun mendatang akan terdapat penemuan baru yang lebih segar. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai persiapan menghadapi tantangan perkembangan jaman.

Persiapan Menghadapi Arus Perkembangan Jaman

Persiapan memang perlu dilakukan guna menghadapi arus perkembangan teknologi yang terus melesat maju. Namun kebanyakan orang justru terlena dengan segala kenyamanan yang diciptakan teknologi itu sendiri. Sehingga mereka terkesan termakan oleh jaman dan bergantung pada apa yang sudah ada. Padahal ini semua adalah salah karena cepat atau lambat jaman serta teknologi akan berubah.

Lantas apa saja yang perlu kita siapkan untuk menghadapi perubahan tersebut? tenang saja. Asalkan kita bisa mengikuti trend maka kita masih berada di zona selamat. Kita perlu mengembangkan beberapa skill (keahlian) baik secara umum maupun khusus. tentunya skill tersebut juga berkaitan dengan apa saja yang dibutuhkan di masa mendatang.

Soft-skill

Untuk menjawab contoh teks tantangan perkembangan jaman tersebut diperlukan adanya soft skill yang mumpuni. Kita tidak boleh terlena dengan kenyamanan yang diberikan oleh teknologi sekitar kita. Justru kita harus mempelajari hal hal baru agar bisa beradaptasi dan menghadapi persaingan yang ada. Disinilah soft skill bekerja, banyak sekali kemampuan yang akan tergusur oleh perkembangan teknologi serta jaman.

Leadership atau sifat kepemimpinan menjadi soft skill yang benar benar harus dimiliki oleh kaum milenial. Sifat leadership bisa mengantarkan pemiliknya menuju jalan kesuksesan karena dimanapun pekerjaan selalu memerlukan yang namanya pemimpin ambisius. Tidak mudah mengembangkan soft skill yang satu ini. Hal tersebut disebabkan karena leadership merupakan sifat yang tumbuh dari dalam diri dan dikembangkan melalui serangkaian praktek.

Cretivity

Salah satu pendukung sifat leadership adalah kreatifitas kuat yang dimiliki seseorang. Tingkat kreatifitas yang tinggi juga mampu mengantarkan kita menghadapi tantangan yang ada. Menciptakan sesuatu yang baru, fresh, dan selalu dibutuhkan merupakan dampak dari kreatifitas itu sendiri. sama halnya seperti leadership, creativity tidak bisa dikembangkan begitu saja karena ia merupakan aspek dalam diri seseorang. Oleh karena itu tingkat kreatifitas masing masing orang berbeda satu sama lain.

Orang yang memiliki tingkat kreasi tinggi tentunya juga memiliki kemampuan critical thinking. Maksudnya adalah ia mampu berpikir kritis menghadapi segala macam kondisi. Menganalisa berbagai masalah untuk menemukan jalan keluar yang tepat dan membalikkan keadaan menjadi menguntungkan.

Memahami teknologi

Tidak mudah untuk mengikuti arus perkembangan teknologi, namun hal ini mutlak harus kita pelajari. Setiap harinya teknologi selalu berevolusi menjadi lebih canggih di segala bidang. Tugas generasi milenial adalah mempelajari serta memahami fungsi, penggunaan, dan manfaat dari teknologi tersebut. Ada yang bilang jika tidak bisa menyesuaikan diri maka ia akan tersingkir, pesan ini adalah benar adanya.

Jika kita tidak bisa bersaing dalam memahami serta memanfaatkan teknologi maka kitalah yang akan dimanfaatkan. Pekerjaan manusia lama kelamaan akan digantikan oleh robot pekerja. Nah itulah sedikit contoh teks tantangan yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Untuk terus mendapatkan update informasi silahkan dukung saya. Ajukan pertanyaan melalui kolom komentar jika masih ada yang dibingungkan.