Rumah Klasik Adat Maluku – Indonesia ialah negara kepulaun yang mempunyai banyak kebudayaan yang berbagai macam. Dari Sabang sampai Merauke sangat banyak kebudayan di setiap-tiap daerah. Diantaranya yakni unsur kebudayaan berupa material yang masih tetap sedikit didapati oleh penduduk umum ialah Rumah Adat.


Di Indonesia kehadiran rumah adat menjadi bentuk material kebudayaan yang mempunyai makna terpenting dalam pemikiran sejarah, warisan serta perkembangan penduduk dalam satu peradaban. Di daerah -daerah spesifik, rumah adat jadi representasi kebudayaan yang tertinggi dalam suatu komunitas penduduk Indonesia.


Satu diantara jumlahnya rumah adat yang mempunyai arti riwayat, representasi satu komunitas pada jamannya serta satu peradaban yang maju salah satunya ialah rumah adat Maluku yang bernama rumah adat Balio. Rumah adat Baileo adalah menjadi representasi kebudayan penduduk Maluku yang mempunyai manfaat terpenting dalam kehidupan penduduk Maluku dan memiliki konsep rumah klasik yang terdapat pada bangunan tersebut.


Rumah Klasik Adat Maluku

rumah klasik


Maluku adalah salah satunya propinsi di Indonesia yang memang cukup sudah populer dalam dunia. Tidak hanya karena menjadi penghasil lada paling besar, Maluku dikenal juga menjadi eksotika budayanya yang tersusun dari bermacam suku, ras serta agama. Salah satunya bukti eksotisnya yakni penduduk Maluku terpadu pada rancangan rumah klasik adatnya yang sekarang lebih diketahui menjadi rumah adat Maluku.
Sketsa Rumah Klasik Adat Maluku


Rumah adat Maluku adalah satu simbol budaya juga sekaligus gambaran sikap serta jati diri dari penduduk Maluku pada umumnya, dan mempunyai nlai-nilai filosofi yang begitu unik membuat rumah adat ini jadi begitu disukai banyak orang, terpenting untuk beberapa wisatawan.


Rumah Baileo


Di Maluku rumah adat Bailio jadi reperesentasi kebudayaan penduduk Maluku yang mempunyai manfaat terpenting dalam kehidupan penduduk di sekitar.
Salah satunya manfaat rumah adat Baileo yakni tempat untuk berkumpulnya beberapa penduduk untuk membahas permasalahan-permasalahan yang tengah dihadapai oleh penduduk setempat.
Tidak hanya tempat untuk bergabung Baileo pun tempat untuk menaruh beberapa benda keramat, serta tempat untuk merayakan upacara adat.