Mesin bordir yang menggunakan komputer nampaknya telah tren dilakukan, lantaran dianggap lebih cepat menghasilkan banyak pesanan dan lebih efisien. Karena kelebihan bordir menggunakan komputer ini, menjadikan beberapa pengusaha baru untuk ikut menggunakan mesin tersebut. Padahal, mesin bordir komputer dan mesin bordir manual memiliki perbedaan fungsi dan manfaat yang berbeda, berikut ulasannya.

jasa bordir komputer

Perbedaan Mesin Bordir Menggunakan Komputer dan Manual

Bagi kamu yang ingin membeli mesin bordir terbaru, pentingnya untuk mengetahui perbedaan antara jasa bordir komputer yang menggunakan mesin bordir dengan cara manual dan mesin bordir yang menggunakan komputer. Perbedaannya terlihat pada penggunaan alat untuk proses pembordiran. Selain itu, setiap mesin bordir ini memiliki keunggulannya masing masing. Oleh karena itu, pilihlah mesin bordir yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Bordir dengan Cara Manual

Walaupun dikatakan menggunakan mesin bordir manual, bukan berarti segala proses pembordiran dilakukan menggunakan tangan. Hanya saja, mesin dengan cara manual tidak sepenuhnya mengandalkan mesin. Apabila kamu mendapatkan pesanan dengan desain atau dengan model tertentu, tentu  model atau desain ini perlu dicetak terlebih dahulu sebelum ditiru oleh sang pembordir. Hal ini membutuhkan proses lebih panjang daripada menggunakan bordir komputer.

Ketika menggunakan mesin bordir manual, tentu ada kemungkinan untuk terjadi kesalahan. Kesalahan yang paling banyak terjadi, adalah adanya kesalahan pada proses pembordiran. Sebab, manusia memang tidak pernah luput dari kesalahan, walaupun yang mengerjakan bordiran sudah ahli atau cakap di bidang ini. Selain itu, proses pada pembordiran akan membutuhkan waktu yang lebih panjang, terutama ketika pesanan memiliki jumlah banyak.

Dari semua kelemahan tersebut, mesin bordir manual ternyata memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya, mesin manual akan lebih cocok untuk pesanan bordir satuan atau pesanan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Sebab, anda tidak perlu repot unutk mengatur mesin bordir. Anda juga tidak memerlukan desain menggunakan komputer. Dengan pengerjaan bordir secara manual, dapat langsung dikerjakan dengan sigap.

2. Bordir dengan Menggunakan Komputer

Apabila memustukan untuk menggunakan bordir komputer, pastikan anda bisa menggunakan software tertentu seperti Photoshop atau Corel Draw  untuk mengerjakan desain bordiran. Tidak berbeda dengan mesin bordir manual, hanya saja bordir satu ini menggunakan teknologi komputer pada proses desainnya. Mesin satu ini, dianggap sebagai jawaban terhadap kekurangan atau masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh mesin manual.

Walaupun menggunakan komputer, tentu saja tidak akan luput dari kelemahan, sebab komputer sendiri adalah buatan manusia. Kelemahan menggunakan mesin bordir dengan teknologi komputer adalah anda perlu mendesain terlebih dahulu menggunakan software yang ada pada komputer. Pembordiran dapat berjalan apabila anda bisa mengoperasikannya dengan baik dan benar. Selain itu, anda perlu mengatur mesin bordir untuk menyesuaikan pesanan.

Dibalik kelemahannya, bordir komputer memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh bordir manual. Salah satu keunggulannya adalah hasil bodiran yang lebih akurat sebab menggunakan tenaga komputer. Dengan adanya teknologi komputer, hasil bordir dirasa dapat dibuat sesuai dengan desian yang dibuat. Keunggulan lainnya adalah, pengerjaannya yang lebih cepat, sebab mesin dapat berjalan otomatis sesuai dengan perintah yang diberikan melalui komputer.

Pemilihan mesin untuk kegiatan bordir hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan karena alasan agar pengerjaan lebih cepat dan canggih, kemudian anda memilih menggunakan mesin bordir bertenaga komputer. Oleh karena itu, lebih cermat untuk memilih mesin untuk setiap kebutuhan bordir anda.  Dengan memilih mesin bordir tepat, anda akan mendapatkan hasil lebih efisien.