Kotagede merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kota Yogyakarta. Kawasan ini terkenal dengan sejarah masa lampaunya yang luar biasa karena merupakan bekas ibu kota dari Kesultanan Mataram Islam dari tahun 1588-1613 sebelum pindah ke Karta dan kemudian pindah lagi Pleret. Sebagai kota tua bekas Ibukota kerajaan, Kota Kotagede merupakan kota warisan (heritage) yang memiliki berbagai macam objek wisata. Objek wisata yang ada di kawasan ini tidak hanya wisata sejarah dan arsitektur tetapi wisata pendidikan dan juga budaya. Berikut objek-objek wisata budaya Jogja yang ada di Kotagede:

Wisata Budaya Kotagede

Yang pertama adalah, Kompleks Makam Pasarean Mataram dan Masjid Besar Mataram. Kedua objek wisata tersebut merupakan sisa peninggalan dari kerajaan Mataram Islam. Setelah mengalami beberapa kali renovasi Masjid Besar Mataram saat ini masih berdiri dengan megah dan menjadi kebangaan bagi warga Kotagede. Selain itu didekat masjid terdapat makam pendiri sekaligus raja pertama dari keseultanan ini yaitu Panembahan Senopati bersama dengan keluarganya. Di kawasan ini wisatawan dapat melihat kemegahan dari peninggalan kesultanan Mataram yang masih tersisa berupa gapura dan tembok-tembok besar yang masih bertahan walau telah mengalami bencana gempa bumi berkali-kali yang menyebabkan sebagian besar bangunan hancur dan tidak tersisa.

Objek wisata selanjutnya adalah, Kebun Binatang Gembiraloka. Kebun bintang moderen ini masih berada di kawasawan Kotagede. Objek wisata ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung khususnya keluarga dan pelajar di hari libur. Dengan koleksinya yang sangat lengkap membuat objek wisata ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berada di kawasan Kotagede. Koleksi yang ada di kebun binatang ini antara lain: gajah, harimau, monyet, orangutan, tapir, kuda nil, berbagai aneka reptil dan burung, onta, dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Selain itu terdapat wahana permainan yang bisa disewa oleh para prnggunjung yang datang ke kebun binatang ini.

Selain kedua objek wisata tersebut wisatawan jaga bisa melakukan city tour atau keliling kota melihat kawasan Kotagede yang masih tradisonal. Masih banyak bangunan tempo dulu dengan tempok-tembok yang tinggi bisa dijumpai di tempat ini. Selain itu wisatawan bisa juga melihat koleksi perhiasan yang terbuat dari perak karena Kotagede terkenal kerajinan perak dan terkenal dengan sebutan Kota Perak.