Tips Menata Ruang Kamar Asrama atau Kos Agar Tidak Sumpek – Anda dapat dengan bebas mendesain ruang kamar Anda dalam berbagai gaya, menghiasnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara membuat desain ruang kamar yang rapi dengan biaya rendah. Belum lagi kamar asrama juga harus mengakomodasi semua jenis barang yang biasanya disimpan di ruangan yang berbeda, seperti persediaan makanan, peralatan makan, perlengkapan mandi, dan pembersihan. Oleh karena itu, diperlukan trik khusus untuk dapat membuat desain ruang kamar yang baik dengan biaya rendah

Berikut adalah 5 cara mudah untuk desain kamar asrama yang baik dengan biaya rendah!

  • Ubah bagian bawah tempat tidur menjadi ruang penyimpanan baru

Kamar asrama umumnya terlihat sumpek dan sesak karena terlalu penuh dengan furnitur ruang, seperti tempat tidur jati, lemari, dan rak. Sekarang ada banyak produk furnitur multifungsi untuk ruang penyimpanan alternatif, tetapi harganya masih terlalu mahal untuk kantong anak-anak asrama.

Untuk desain kamar asrama yang nyaman dengan biaya rendah, Saya menyarankan Anda memiliki ranjang susun yang tinggi, bahkan jika ranjang Anda tidak setinggi itu, Anda bisa mengolok-oloknya menggunakan angkat kaki. Kemudian, Anda dapat menempatkan laci pakaian atau rak pendek dan kotak penyimpanan.

Sisa ruangan dari konsep desain kamar kos dengan biaya murah ini yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan furnitur lainnya. Selain itu, Anda dapat menggunakan caddy bedside di samping tempat tidur untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

  • Gunakan furnitur portabel

Jika area kost tidak memungkinkan untuk meletakkan meja, kini Anda dapat menggunakan berbagai produk portabel. Misalnya, menggunakan meja lipat. Untuk desain ruang kost yang nyaman dengan biaya rendah, gunakan semua furnitur jati jepara yang dapat dilipat, meja lipat untuk laptop, kursi lipat dan meja makan lipat yang dapat dilipat di atas meja besi atau meja TV. Setelah digunakan, Anda bisa menyimpannya di sisi ruangan. Selain menghemat ruang, harga produk portabel juga cenderung terjangkau.

  • Sejajarkan area penyimpanan dengan rak.

Beberapa pemilik pelayaran tidak mengizinkan Anda memasang rak di bagian dinding, pada kenyataannya rak di dinding adalah solusi praktis untuk menggantikan fungsi rak. Untuk desain kamar kost yang rapi dengan biaya rendah, alternatif lain untuk menyimpan buku adalah dengan meletakkan rak di atas meja atau menggunakan rak kain yang bisa digantung.

Anda juga dapat menggunakan bagian belakang pintu untuk membuat desain kamar asrama yang baik dengan biaya rendah. Selain menggantung pakaian, Anda bisa memasang rak plastik untuk kebutuhan lain, seperti rak dan alat tulis. Menggunakan rak yang diatur, area di belakang pintu akan terlihat lebih rapi.

  • Gunakan barang bekas

Sebagai anak kos, Anda harus sangat bergantung pada makanan instan, termasuk sereal. Cara kreatif yang bisa menjadi solusi untuk desain kamar kos murah adalah mendaur ulang kotak sereal dalam wadah untuk menyimpan barang-barang di laci. Anda bisa membungkusnya dengan kertas kado agar terlihat lebih manis dan cantik.

Perangkat kabel yang saling memelintir dan tersebar di tanah dapat membuat ruang asrama kacau. Untuk desain kamar asrama yang rapi dengan biaya rendah, Anda dapat mengaturnya dengan memasang klip kertas di sebelah meja Anda.

  • Rak tahan air untuk area dapur kecil

Hal lain yang tidak boleh Anda abaikan untuk desain kamar kos yang rapi dengan biaya rendah adalah menyediakan tempat untuk menyimpan koleksi peralatan makan dan makanan. Pilih rak yang tahan air, salah satunya adalah rak dorong besi yang juga bisa digunakan untuk menyimpan alat rias dan perlengkapan mandi. Karena rak ini dapat didorong, Anda dapat dengan mudah menyimpannya di bawah tempat tidur dan membawanya keluar saat Anda membutuhkannya.

Ada 5 trik efektif untuk membuat desain kamar asrama/kost yang bagus dengan biaya rendah, yang memastikan bahwa Anda merasa semakin nyaman dan betah.