Nasi kuning merupakan salah satu kuliner istimewa yang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan pelengkapnya yang beragam. Tidak heran jika saat ini nasi kuning pun sering dijadikan sebagai menu nasi kotak dengan beragam lauk pendamping lainnya.

Lauk yang biasanya dijadikan pendamping nasi kuning adalah mie goreng, tempe kering, perkedel, telur dadar iris, sambal goreng ati, ayam kecap, dan masih banyak lagi ragam menu lainnya.

Kehadiran nasi kuning sangat erat kaitannya dengan sebuah acara perayaan, biasanya acara seperti ulang tahun, peresmian, pesta pernikahan menyajikan nasi kuning untuk sajian tamu undangan.

Tips Mengolah Nasi Kuning

  1. Menggunakan beras yang berkualitas

Nasi kuning pun masih tetap bisa disajikan walaupun tidak ada acara spesial, kamu tetap bisa menyantap nasi kuning di hari biasa. Untuk membuat nasi kuning yang lezat, kamu harus memulainya dengan memilih beras yang berkualitas.

Gunakanlah beras yang berkualitas, hal ini supaya hasil dari nasi kuning saat sudah jadi bisa memuaskan. Pilihlah beras yang pulen supaya hasil nasi kuning lebih legit dan lezat. Sebelum mengolahnya jangan lupa cuci terlebih dahulu nasi kuning dan tiriskan terlebih dahulu ya.

  • Jangan berlebihan dalam menggunakan bumbu dan rempah

Nasi kuning memiliki kekhasan sendiri saat dimasak. Berasnya harus dimasak dengan campuran bumbu dan juga rempah, termasuk didalamnya kunyit yang fungsinya untuk membuat warna nasi menjadi kuning.

Selain kunyit, nasi kuning juga harus dimasak dengan rempah seperti daun salam dan daun jeruk, rasa gurihnya bisa kamu dapatkan dari santan. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan bumbu dan rempah karena jika terlalu banyak, rasanya mungkin akan jadi tidak karuan.

  • Menggunakan rice cooker supaya lebih mudah

Untuk pemasakan nasi kuning memang membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi kalau kamu belum terbiasa memasaknya. Saat ini teknologi sudah sangat canggih dan kamu bisa memanfaatkannya dengan memasak nasi kuning menggunakan rice cooker.

Nasi kuning memang banyak sekali peminatnya, jadi tidak heran jika jasa catering nasi kotak saat ini pun menyediakan menu nasi kuning. Karena memang peminatnya yang cukup banyak.